Doa Husnul Khatimah Dan Amalan Untuk Menggapainya

Doa Husnul Khatimah Dan Amalan Untuk Menggapainya

PeciHitam.org – Keinginan Agar Husnul khatimah tidak hanya diupayakan dengan melakukan kebaikan secara terus menerus, tetapi juga harus selalu dimintakan kepada Allah SWT dengan doa husnul khatimah dan jangan sampai lupa untuk menyelipkan permohonan agar husnul khotimah kepada Allah SWT dalam setiap doa yang dipanjatkan, karena husnul khatimah merupakan puncak dari semua kesuksesan di dunia dan tanpa husnul khatimah maka sia-sia hidup seseorang.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Sesungguhnya untuk menggapai husnul khatimah tidak mudah karena setan bisa saja menemukan kesempatan di saat akhir hayat seseorang dan setan bisa saja berusaha untuk menyesatkan dengan segala cara, bahkan terkadang menjelma dalam rupa orang tuanya.

Di dalam kitab At-Tadzkirah fi Ahwalil Mauta wa Umuril Akhirah, Imam Al-Qurthubi menyatakan berdasarkan sebuah riwayat bahwa Rasulullah SAW bersabda ketika seorang hamba mendekati ajalnya maka duduklah dua setan di sampingnya.

Jadi agar terhindar dari upaya setan untuk menyesatkan maka Rasulullah SAW memberikan tuntunan berupa doa husnul khotimah yang mana memohon kepada Allah SWT agar senantiasa menetapkan iman dan taqwa sampai akhir hayat.

Doa husnul khatimah tersebut sebagaimana termaktub dalam surat Ali Imran ayat 8 yaitu sebagai berikut:

Baca Juga:  Etika Berdoa; Mau Doa Dikabulkan? Lakukan Cara Ini

رَبَّنَا لا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Artinya: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia).”

Syekh Nawawi al-Bantani bin Umar al-Jawi dalam kitab Nashaihul ‘Ibad memberikan saran untuk meraih husnul khatimah dan beliau menjelaskan bahwa di antara sebab mendapatkan husnul khatimah ialah dengan membiasakan untuk membaca doa:

اللّهُمَّ أَكْرِمْ هٰذِهِ الْأُمَّةَ الْمُحَمَّدِيَّةَ بِجَمِيْلِ عَوَائِدِكَ فِى الدَّارَيْنِ إِكْرَامًا لِمَنْ جَعَلْتَهَا مِنْ أُمَّتِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Artinya: “Ya Allah, muliakanlah umat Nabi Muhammad dengan keindahan orang-orang yang kembali kepada-Mu di dunia dan akhirat, sebagai penghormatan-Mu kepada orang yang telah Engkau jadikan bagian dari umatnya.”

Ataupun beristiqomah membaca doa setiap pertengahan antara shalat sunnah sebelum shubuh dan shalat fardlu shubuh yaitu:

 اللّهُمَّ اغْفِرْ لِأُمَّةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ . اللّهُمَّ ارْحَمْ أُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّد . اللّهُمَّ اسْتُرْ أُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّد . اللّهُمَّ اجْبُرْ أُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ . اللّهُمَّ أَصْلِحْ أُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ . اللّهُمَّ عَافِ أُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ . اللّهُمَّ احْفَظْ أُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ . اللّهُمَّ ارْحَمْ أُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّد رَحْمَةً عَآمَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ . اللّهُمَّ اغْفِرْ لِأُمَّةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ مَغْفِرَةً عَآمَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ . اللّهُمَّ فَرِّجْ عَنْ أُمَّةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فَرْجًا عَاجِلًا يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Baca Juga:  Inilah Doa Pengusir Iblis yang Harus Kamu Baca Agar Terhindar dari Godaannya

Artinya: “Ya Allah sayangilah umat baginda kami Muhammad, Ya Allah tamballah (kekurangan) umat baginda kami Muhammad, Ya Allah perbaikilah umat baginda kami Muhammad, Ya Allah sehatkanlah umat baginda kami Muhammad, Ya Allah peliharalah umat baginda kami Muhammad, Ya Allah sayangilah umat baginda kami Muhammad dengan rahmat yang menyeluruh, Wahai Tuhan semesta alam, Ya Allah berilah pengampunan yang menyeluruh, Wahai Tuhan semesta alam, Ya Allah lapangkanlah umat baginda kami Muhammad dengan kelapangan yang segerah, wahai Tuhan semesta alam.”

Atau juga bisa dengan doa di bawah ini:

يَارَبَّ كُلِّ شَيْءٍ بِقُدْرَتِكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ اِغْفِرْلِيْ كُلَّ شَيْءٍ وَلَا تَسْأَلَنِيْ عَنْ كُلِّ شَيْءٍ وَلَا تُحَاسِبْنِيْ فِى كُلِّ شَيْءٍ وَأَعْطِنِيْ كُلَّ شَيْءٍ

Artinya: “Wahai Tuhan segala sesuatu, dengan kekuasaan-Mu atas segala sesuatu, ampunilah seluruh dosaku, janganlah Engkau menanyakan kepadaku tentang segala sesuatu, janganlah Engkau menghisabku mengenai segala sesuatu, dan berilah aku segala sesuatu.”

Baca Juga:  Akhiri Setiap Perkumpulan dengan Selalu Membaca Doa Penutup Majelis, Berikut Faedahnya!

Husnul khatimah merupakan karunia terbesar bagi manusia dari Allah SWT yang tak tertandingi nilainya, dimana setan terus melakukan berbagai cara baik dalam godaan dan penyerupaan menjelang kematian dan hanya Allah SWT lah yang dapat menjaga dan menyelamatkannya.

Ada empat cara menurut Imam Sufyan Al-Tsauri yang bisa dilakukan seseorang untuk meraih husnul khatimah yaitu sebagai berikut:

  • Menjaga iman dan ketakwaaan kepada Allah SWT secara istiqamah.
  • Berusaha sungguh-sungguh memperbaiki diri lahir batin karena Allah SWT.
  • Senantiasa berdoa kepada Allah SWT agar diwafatkan dalam keadaan beriman dan bertaqwa.
  • Senantiasa terjaga untuk berdzikir kepada Allah SWT dalam keadaan apapun.

Demikianlah doa husnul khotimah yang bisa dipanjatkan kepada Allah SWT serta ikhtiar yang bisa dilakukan agar ketika wafat dapat senantiasa beriman dan mencapai husnul khatimah.

Mochamad Ari Irawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *