Hadits Shahih Al-Bukhari No. 40 – Kitab Iman

Pecihitam.org – Hadits Shahih Al-Bukhari No.40 – Kitab Iman ini, menjelaskan bahwa seorang yang memperbaiki keislamannya maka dari setiap kebaikan akan ditulis baginya sepuluh kebaikan yang serupa hingga tujuh ratus tingkatan, dan setiap satu kejelekan yang dikerjakan akan ditulis satu kejelekan saja yang serupa dengannya. Keterangan hadist dikutip dan diterjemahkan dari Kitab Fathul Bari Jilid 1 Kitab Iman. Halaman 182.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ مَنْصُورٍ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ قَالَ أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ عَنْ هَمَّامِ بْنِ مُنَبِّهٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَحْسَنَ أَحَدُكُمْ إِسْلَامَهُ فَكُلُّ حَسَنَةٍ يَعْمَلُهَا تُكْتَبُ لَهُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِ مِائَةِ ضِعْفٍ وَكُلُّ سَيِّئَةٍ يَعْمَلُهَا تُكْتَبُ لَهُ بِمِثْلِهَا

Baca Juga:  Hadits Shahih Al-Bukhari No. 583-585 – Kitab Adzan

Terjemahan: Telah menceritakan kepada kami [Ishaq bin Manshur] berkata, telah menceritakan kepada kami [Abdurrazzaq] berkata, telah mengabarkan kepada kami [Ma’mar] dari [Hamam bin Munabbih] dari [Abu Hurairah] berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Apabila seorang dari kalian memperbaiki keIslamannya maka dari setiap kebaikan akan ditulis baginya sepuluh (kebaikan) yang serupa hingga tujuh ratus tingkatan, dan setiap satu kejelekan yang dikerjakan akan ditulis satu kejelekan saja yang serupa dengannya”.

Keterangan Hadis: إِذَا أَحْسَن أَحَدكُمْ إِسْلَامه (Jika seseorang memperbagus keislamannya). Ini adalah lafazh Imam Bukhari, Muslim dan perawi-perawi lainnya. Sedangkan menurut Ishaq bin Rahawaih dalam musnadnya dari Abd. Razaq, lafazhnya adalah إِذَا حَسُنَ إِسْلَام أَحَدكُمْ (Jika keislaman seseorang menjadi baik), seakan-akan ia meriwayatkan hadits tersebut dengan maknanya saja.

Baca Juga:  Hadits Shahih Al-Bukhari No.417-418 – Kitab Shalat

 Al Ismail meriwayatkan hadits tersebut dari jalur Ibnu Mubarak dari Ma’mar seperti riwayat yang pertama. Hadits ini menggunakan kata jamak dalam kata أَحَدُكُمْ karena hadits tersebut ditujukan kepada para hadirin. Akan tetapi hukumnya tetap berlaku bagi semua orang, yaitu bagi mereka yang hadir pada waktu itu dan yang lainnya, walaupun terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama tentang alasan pemberlakuan hukum itu secara umum, apakah berdasarkan kaidah bahasa, istilah, atau majaz (kiasan).

فَكُلّ حَسَنَة (Maka untuk setiap kebaikan). Dengan demikian, maka “Alif lam ta’rif” pada hadits sebelumnya yang berbunyi الْحَسَنَة بِعَشْرِ أَمْثَالهَا(Setiap kebaikan akan dibalas sepuluh kali lipat…)” adalah menunjukkan arti istighraq (mencakup keseluruhan). بِمِثْلِهَا  (Sepertinya). Imam Muslim, Ishaq dan Al Ismaili menambahkan hadits ini dengan kalimat  حَتَّى يَلْقَى اللَّه عَزَّ وَجَلَّ (hingga ia bertemu dengan Allah SWT).

Baca Juga:  Hadits Shahih Al-Bukhari No. 457 – Kitab Shalat
M Resky S