Ini Dia 5 Hadits Tentang Keutamaan Mendidik Anak

Hadits Tentang Keutamaan Mendidik Anak

Pecihitam.org – Aset paling penting yang dibutuhkan anak-anak untuk menyongsong kehidupannya adalah pendidikan. Hal ini sesuai dengan apa yang tercantum dalam kitab Lubbabul Hadis bab ketiga puluh satu. Imam As-Suyuthi (w. 911) yang menuliskan sepuluh hadis tentang fadhilah atau keutamaan mendidik anak-anak yang perlu kita perhatikan. Berikut adalah lima di antara sepuluh hadits tentang keutamaan mendidik anak:

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Hadits pertama. Rasulullah Saw bersabda bahwa pendidikan dan tata krama yang baik adalah pemberian yang sangat utama saat seorang ayah mendidik anaknya. Hal ini sesuai dengan hadis sebagai berikut:

قَالَ النَّبِيُّ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {مَا نَحَلَ وَالِدٌ وَلَدَهُ أَفْضَلَ مِنْ أَدَبٍ حَسَنٍ}.

Nabi Saw bersabda, “Tidak ada pemberian seorang ayah untuk anaknya yang lebih utama dari pada (pendidikan) tata krama yang baik.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam At-Tirmidzi dan imam Al-Hakim dari sahabat Amr bin Sa’id bin Ash r.a.

Hadits kedua. Rasulullah Saw bersabda bahwa mendidik anak jauh lebih baik ketimbang bersadaqah sebanyak satu sha’ setiap harinya. Artinya, mendidik anak sesuai dengan ajaran Islam Insya Allah akan mendapatkan pahala dari Allah Swt. Hal ini sesuai dengan hadis sebagai berikut:

Baca Juga:  Macam-macam Hadis Dhoif Menurut Para Ulama Hadis, Bagian 1

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {لِأنْ يُؤَدِّبَ الرَّجُلُ وَلَدَهُ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أنْ يَتَصَدَّقَ بِصَاعٍ}.

“Nabi saw. bersabda, “Seseorang mendidik anaknya itu lebih baik baginya dari pada ia menshadaqahkan (setiap hari) satu sha’.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam At-Tirmidzi dari sahabat Jabir bin Samurah r.a.

Hadits ketiga. Mengajari tata krama kepada anak adalah salah satu cara orang tua memuliakan anaknya. Maka, sangat benar jika ada istilah akhlak dulu baru ilmu. Sebab, hal ini sesuai dengan ajaran Islam dalam hadis sebagai berikut:

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {أَكْرِمُوا أَوْلَادَكُمْ وَأَحْسِنُوا آدَابَهُمْ}.

Nabi Saw bersabda, “Muliakanlah anak-anak kalian dan ajarilah mereka tata krama.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam Ibnu Majah dari sahabat Anas bin Malik r.a.

Baca Juga:  Hadits Shahih Al-Bukhari No. 164 – Kitab Wudhu

Hadits keempat. Rasulullah Saw bersabda bahwa ada rumah kebahagiaan bagi mereka yang membahagiakan anak kecil.

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {إِنَّ فِى الْجَنَّةِ دَارًا يُقَالُ لَهَا دَارُ الْفَرَحِ لَا يَدْخُلُهَا إِلاَّ مَنْ فَرَّحَ الصِّبْيَانَ}.

Nabi Saw bersabda, “Sungguh di dalam surga itu ada rumah yang disebut rumah kebahagiaan yang tidak dimasuki kecuali orang yang membahagiakan anak-anak kecil.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam Abu Ya’la dari sayyidah Aisyah r.a.

Hadits kelima. Kandungan hadits ini adalah tentang membahagiakan anak-anak yatim yang mukmin.

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {إِنَّ فِى الْجَنَّةِ دَارًا يُقَالُ لَهَا دَارُ الْفَرَحِ لَا يَدْخُلُهَا إِلاّ مَنْ فَرَّحَ يَتَامَى الْمُؤمِنِيْنَ}.

Artinya: “Nabi Saw bersabda, “Sungguh di dalam surga ada rumah yang disebut rumah kebahagiaan yang tidak dimasuki kecuali orang yang membahagiakan anak-anak yatim yang mukmin.” Imam Hamzah bin Yusuf dan Ibnu Najjar dari Uqbah bin Amir Al-Juhani adalah orang yang meriwayatkan hadis ini.

Baca Juga:  Hadits Shahih Al-Bukhari No. 457 – Kitab Shalat

Islam mengajarkan kebaikan termasuk memuliakan anak-anak. Memuliakan anak bisa dilakukan dengan cara memberikan pendidikan yang terbaik dan mengajarinya tentang akhlak atau tata krama dalam norma sosial dan norma agama. Anak dalam Islam adalah anugerah yang harus dimuliakan, bukan beban hidup kedua orang tuanya.

Apa yang telah disebutkan di atas adalah lima dari sepuluh hadits tentang keutamaan mendidik anak yang telah dijelaskan oleh Imam As-Suyuthi di dalam kitab yang berjudul Lubbabul Hadits.

Di dalam pendahuluan kitabnya, Imam As-Suyuthi menerangkan bahwa hadis nabi, atsar, maupun riwayat yang beliau sampaikan adalah dengan sanad yang shahih. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

Ayu Alfiah