Ikuti Makesta, 160 Mahasiswa Unisma Ditanamkan Memiliki Jiwa Sosial Tinggi

Pecihitam.org, Kota Batu – 160 mahasiswa dari Universitas Islam Malang (Unisma) dibidik menjadi kader Ikatan Pelajar Nahdatul ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdatul Ulama (IPPNU) lewat Makesta atau Masa Kesetiaan Anggota. Mereka juga diarahkan memiliki kepekaan terhadap lingkungan dan sosial.

Kegiatan berlangsung selama dua hari sejak Sabtu hingga Ahad (5-6/10) di Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Pesantren Rakyat Darul Ulum Kota Batu, Jawa Timur.

Ketua pelaksana kegiatan Yoga Klody Arianto mengatakan peserta makesta dicetak agar memiliki karakter Ahlussunnah wal Jamaah.

“Kaderisasi ini untuk membentuk penerus yang berkarakter Ahlussunnah wal Jamaah atau Aswaja an-Nahdliyah,” kata Yoga Klody Arianto, Ahad (6/10/2019) dikutip Nu Online

Baca Juga:  Plt Camat Pagerbarang Tegal: IPNU dan IPPNU Solusi Kenakalan Remaja

Yoga Klody Arianto menjelaskan bahwa para peserta pada periode sebelumnya tergabung dalam Pengurus Komisariat Perguruan Tinggi atau PKPT IPNU-IPPNU dan perkaderan ini merupakan yang pertama.

“Kali ini adalah pendidikan dan pelatihan perdana untuk tingkat Pengurus Anak Komisariat Perguruan Tinggi atau PAKPT,” ujarnya.

Keberadaan PAKPT, imbuh Yoga Klody Arianto, sangat dibutuhkan untuk kemudahan konsolidasi.

“Kita bentuk PAKPT ini bertujuan untuk memudahkan pengawasan. Karena kami merasa PKPT terlalu banyak dan susah untuk mengondisikan anggota,” imbuhnya. 

Makesta yang digelar ini tidak hanya membahas tentang persoalan NU dan materi kaderisasi seperti biasanya, para peserta juga diberikan kegiatan yang berbeda dari diklat yang sudah ada. 

Baca Juga:  Dijuluki 'Profesor', Ini Sosok Pendiri dan Pemimpin Baru ISIS

“Kami agendakan indoor dan outdoor agar mereka tidak bosan digempur materi terus menerus,” ungkapnya. Karena itu, kegiatan sengaja dipusatkan di Batu, sehingga peserta sekaligus bisa lebih fresh karena hawanya yang lumayan dingin, lanjutnya. 

Selain dengan kegiatan indoor dan outdoor, kader IPNU-IPPNU yang mengikuti Makesta juga ditanamkan jiwa bermasyarakat. 

“Kami ada kegiatan semacam pengabdian masyarakat. Kegiatan labelling tanaman dan outbond. Jadi Makesta kali ini berbasis lingkungan dan sosial,” jelasnya.

Untuk diketahui, hadir pada kesempatan kali ini, Haikal Atiq Zamzami selaku Ketua Pengurus Wilayah (PW) IPNU masa khidmah 2015-2018. Selain itu ada anggota Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Malang, Ketua Pengurus Cabang Ikatan Pelajar Putri Nahdatul Ulama (PCIPPNU) Batu, dan alumni PKPT IPNU-IPPNU Unisma. 

Baca Juga:  Dewan Pengawas KPK Resmi Dilantik, PBNU: Kedepankan Pencegahan Korupsi

Adi Riyadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *