Inilah Empat Orang yang Takut Kepada Allah Menurut Al-Quran

orang yang takut kepada allah

Pecihitam.org – Bicara tentang iman, maka akan meliputi beberapa hal yaitu tentang keyakinan dan takutnya kita kepada Allah Swt. Takut yang di maksud bukanlah perasaan orang yang takut dalam konotasi buruk, melainkan takut sebab di dasari oleh iman kepada Allah Swt.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Ada istilah lain dari takut yaitu, Al-Khasyah atau al-Khauf, “Takut pada sesuatu yang di sertai mengagungkan dan pengaruh kewibawaan,” (Mu’jamul Ma’any)

Adapun dalil tentang rasa takut kepada Allah Swt ini tercantum dalam beberapa ayat di dalam Al-Qur’an salah satunya adalah di dalam Surat Al-Mukminun ayat 57,

إِنَّ الَّذِينَ هُمْ مِنْ خَشْيَةِ رَبِّهِمْ مُشْفِقُونَ

“Sungguh, orang-orang yang karena takut (azab) Tuhannya, mereka sangat berhati-hati,” (QS.Al-Mukminun; 57)

Perasaan takut orang yang beriman itu bersandar kepada Allah Swt, sehingga rasa takut tersebut akan di sertai dengan ketaatan serta kepatuhan untuk melaksanakan segala perintah dan takut untuk membangkang sekalipun.

Adapun rasa takut seseorang terhadap Allah Swt tentu tidak dapat kita ukur dengan akal karena itu urusannya dengan hati dan keimanan. Bicara tentang takut, telah di sebutkan dalam Al-Qur’an tentang karakteristik orang-orang yang takut kepada Allah Swt, sebagai berikut:

Baca Juga:  Karakter Muslim yang Hijrah: Shaleh Personal dan Sosial

Pertama, Para utusan yang membawa serta menyampaikan risalah dari Allah Swt. Seperti para Nabi dan Rasul mereka hanya merasa takut kepada Allah Swt saja, mereka tidak takut dengan apapun yang di katakan oleh manusia terkait dalam mengerjakan sesuatu yang telah di halalkan dan di anjurkan oleh Allah Swt. Sebagaimana yang di sebutkan dalam Surat Al-Ahzab ayat 39,

الذين يبلغون رسالات الله ويخشونه ولا يخشون أحدا الا الله وكفى بالله حسيبا

Artinya: “ (yaitu) orang-orang yang menyampaikan risalah-risalah Allah, mereka takut kepada-Nya dan mereka tiada merasa takut kepada seorang (pun) selain kepada Allah. Dan cukuplah Allah sebagai pembuat perhitungan,” (QS. Al-Ahzab: 39)

Kedua, Orang-orang yang selalu mengikuti peringatan dari Allah Swt, di sebutkan dalam Surat Yasin ayat 11,

انما تنذر من اتبع الذكر وخشي الرحمن بالغيب فبشره بمغفرة وأجركريم

Artinya: “Sesungguhnya kamau hanya memberi peringatan kepada orang-orang yang mau mengikuti peringatan dan yang takut kepada Tuhan Yang Maha Pemurah walaupun dia tidak melihatnya. Maka berilah mereka kabar gembira dengan ampunan dan pahala yang mulia.” (QS. Yasin : 11)

Di dalam Tafsir Jalalin menyebutkan bahwa ayat ini menjelaskan bahwa seseorang yang mau mengikuti peringatan Allah Swt dengan petunjuk Al-Qur’an, dan dia tetap takut meskipun tidak melihat Allah Swt secara langsung, maka orang-orang yang termasuk golongan tersebut akan mendapatkan kabar gembira berupa surga-Nya Allah Swt.

Baca Juga:  Gus Baha: Ngaji Al Hikam, Penghilang Nafsu dan Syahwat

Ketiga, Para Ulama’, di sebutkan dalam Surat Fathir ayat 28, berikt:

ومن الناس والدواب ولأنعام مختلف الوانه كذلك انما يخشى الله من عبا ده العلماء ان الله عزيز غفور

“Dan demikian (pula) di antara manusia, binatang-binatang melata dan binatang-binatang ternak ada yang bermacam-macam warnanya (dan jenisnya). Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama, Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Pengampun,”. (QS. Fathir: 28)

Keempat, Orang-orang beriman yang mendapatkan ridho Allah Swt, dan dirinya juga ridha kepada Allah Swt, di sebutkan dalam Surat Al-Bayyinah ayat 8 berikut,

جزاؤهم عند ربهم جنات عدن تجري من تحتها الانهار خالدين فيهاأبدا رضي الله عنهم ورضوا عنه ذلك لمن خشي ربه

Baca Juga:  Waktu Mustajab Berdoa Bagi Seorang Muslim

Artinya: “ Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah syurga “Adn yang mengalir di bawahnya sungaai-sungaai, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Llah ridha terhadap mereka, dan mereka pun ridha kepada-Nya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang-orang yang takut kepada Tuhannya.” (QS. Al-Bayyinah: 8)

Demikianlah, penjelasan tentang empat orang yang takut kepada Allah Swt dalam Al-Qur’an, yaitu para utusan Allah (Nabi dan Rasul), orang-orang yang mengikuti peringatan Allah Swt, para Ulama’ dan orang-orang yang mendapat ridha Allah Swt serta dia ridha kepada-Nya. Wallahua’lam bisshawab.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik