Inilah yang Harus Dilakukan Orang Tua dalam Mendidik Anak Perempuan

Inilah yang Harus Dilakukan Orang Tua dalam Mendidik Anak Perempuan

Pecihitam.org – Seorang ibu muslimah memiliki tugas utama melahirkan dan merawat anak. Ia akan mencurahkan sebagian besar waktunya untuk anak-anaknya, terutama pada masa-masa awal pertumbuhannya. Dan yang harus dilakukan ibu dalam mendidik anak perempuan supaya menjadi ibu masa depan yang cerdas.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

 Para pakar berpendapat bahwa pada masa ini anak memasuki fase terpenting dalam hidupnya, yaitu pembentukan jati diri sang anak. Kewajiban utama seorang ibu adalah mengarahkan anak-anaknya, khususnya anak perempuan untuk mempersiapkan menjadi wanita yang shalihah yang melahirkan generasi-generasi Islami.

Syaikh Muhammad Said Mursi merumuskan cara khusus dalam mendidik anak perempuan yang harus dipraktekkan setiap orang tua. Diantaranya:

  1. Anak perempuan ketika berada di hadapan teman-temannya dilarang meninggikan suaranya.
  2. Anak perempuan harus dibiasakan duduk dengan sopan, tidak boleh jigang (meletakkan satu kakinya di atas kakinya yang lain), dilarang menyingkap bajunya, dan dilarang membuka paha ketika duduk atau berdiri.
  3. Anak perempuan hendaknya dilarang untuk bermain dengan anak laki-laki yang lebih tua darinya, termasuk saudara sepupunya.
  4. Anak perempuan diajarkan sifat malu, misalnya dengan melarangnya melihat tayangan yang menampilkan perempuan yang berpakaian tidak sopan atau membuka auratnya.
  5. Jika hendak memasuki kamar orang tua hendaknya meminta izin terlebih dahulu.
  6. Orang tua harus membiasakan anak supaya memakai baju waktu tidur, kecuali ia tidur dengan saudaranya yang perempuan, atau sesama anak lain yang perempuan, atau tidur sendirian.
  7. Jika anak perempuan hendak melepas pakaian, ia harus yakin bahwa tidak ada orang lain di sekitarnya, ruangan harus  dikunci rapat, dan anak dilarang membuka baju di luar rumah.
  8. Anak perempuan diajarkan mencintai adik-adiknya, yaitu dengan memposisikannya sebagaimana seorang ibu. Misalnya, membersihkan kamar sang adik, mencuci dan menyetrika baju adiknya, mambantu kesulitan di saat belajar, dan tidak menyakiti adiknya.
  9. Anak perempuan dibiasakan mencium tangan ayah dan ibu sebagai tanda bakti kasih sayang kepada mereka.
  10. Jangan biasakan anak-anak perempuan ikut ngerumpi.
  11. Anak perempuan dilarang menggaruk kepalanya di hadapan orang lain.
  12. Ketika makan atau minum anak dilarang mengeluarkan suara yang keras.
  13. Anak perempuan dilarang mengusap tangan yang kotor atau bekas makanan pada bajunya.
  14. Anak perempuan dilarang bermain dengan anak perempuan lain yang kurang baik akhlaknya.
  15. Orang tua harus melarang anak perempuannya keluar rumah sendirian, terutama di malam hari.
  16. Seorang ibu dianjurkan mengajak anaknya membantu menyelesaikan pekerjaan rumah untuk menggapai ridha Allah swt. misalnya mencuci baju, memasak, membersihkan rumah, merawat tanaman, dan sebagainya.
  17. Anak perempuan sejak kecil hendaknya diajarkan supaya tidak mudah marah dan menunjuk-nunjukkan jari kepada orang lain.
  18. Tempat tidur anak perempuan harus dipisahkan dengan tempat tidur anak laki-laki. Hal ini harus dilakukan sebelum anak mencapai usia baligh.
  19. Anak perempuan dilarang meraba-raba auratnya, termasuk orang lain dilarang meraba aurat sang anak.
Baca Juga:  Pembahasan Hukum Nikah Online dan Solusinya di Masyarakat

Ini itu, dalam mendidik anak perempuan, seorang ibu harus memberikan banyak contoh dalam berperilaku, supaya anak dapat bercermin dan meniru perbuatan mulia yang diteladankan oleh ibunya.

Ketika berada di hadapan anak perempuan, ibu harus menghormati ayah, tidak boleh berbohong kepada ayahnya, dan jangan mencela atau marah kepada ayahnya.

Jika ibu rajin mengerjakan shalat lima waktu, berpuasa, memakai hijab, insya Allah anak tidak akan membantah jika ibu menyuruh mereka berbuat demikian. Ketika dewasa nanti anak teringat kepada ibunya yang telah mengajarkan shalat, puasa dan memakai hijab sejak masih kecil.

Jika anak perempuan melakukan kesalahan-kesalahan kecil, maka ibu janganlah bosan untuk membetulkan kesalahannya. Hal ini bertujuan supaya anak perempuan tersebut nanti akan membetulkan kesalahan anaknya juga.

Baca Juga:  Hukum Memperbaharui Nikah, Bagaimanakah Pendapat Ulama? Mari Temukan Jawabannya

Seorang ibu juga harus membekali anak perempuannya dengan banyak keterampilan sesuai kemampuan sang ibu. Misalnya, memasak, membuat roti, menyulam, menjahit, membuat dekorasi, dan sebagainya.

Hal ini bertujuan supaya anak memiliki kemampuan lebih dan nanti berguna bagi masa depannya. Ia bisa menjadi anak perempuan yang mandiri, sekaligus memiliki bekal untuk menambah pendapatan keluarga.

Anak perempuan harus diajari merawat orang yang sedang sakit, seperti membalut luka, mengoleskan obat, mengobati luka bakar, memperhatikan dosis obat, dan sebagainya supaya ia menjadi terbiasa dan bisa membantu saudaranya yang lain ketika membutuhkan pertolongannya.

Seorang ibu hendaknya menghindari perbuatan yang tidak baik yang tidak ada manfaatnya supaya anak perempuan nanti tidak meniru perbuatannya.

Baca Juga:  Ibu Kandung atau Ibu Mertua Yang Wajib Didahulukan? Ini Penjelasannya

Misalnya sering ngerumpi dengan tetangga, duduk dipinggir jalan, atau menghabiskan waktunya di depan televisi. Seorang ibu juga tidak diperkenankan menghabiskan waktunya selama seharian di tempatnya bekerja tanpa memberi perhatian sedikit pun kepada anaknya.

Inilah etika khusus yang harus diajarkan kepada anak-anak perempuan kita supaya nanti menjadi ibu masa depan yang cerdas yang mampu mendidik anak-anaknya dengan baik dan dapat melahirkan generasi-generasi yang Islami.

Demikianlah uraian singkat ini semoga bermanfaat bagi saya dan pembaca semuanya. Amin. Wallahu ‘alam.

Mehri Andani MB