Disebutkan Berulang dalam Al-Qur’an, Inilah Sosok Israel dan Anak Keturunannya

Nabi Israel

Pecihitam.org – Yang kebanyakan orang tahu hari ini, Israel adalah nama bangsa yang selalu bertikai dengan Palestina. Tetapi tahukah kita, dalam sejarah siapakah yang dimaksud dengan Israel itu? Ternyata Israel adalah nama lain dari Nabi Yaqub alaihissalam.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Kata Israel berasal dari dua kata dalam bahasa Ibrani, yakni Isra yang semakna dengan abdun (hamba) da El yang bermakna Tuhan.

Ia diberi nama Ya’qub yang bermakna setelah. Karena ia merupakan yang keluar dari rahim ibunya etelah keluarnya saudara kembarnya yang bernama Ishu.

Nabi Ya’kub aatu Israel adalah leluhur Bani Israel. Maka kita sebagai umat Islam yang hidup di zaman ini tidak boleh serta-merta menghina nama Israel. Karena Israel itu adalah nama lain dari Nabi Yakub.

Dan namanya telah diangkat, diagungkan oleh Allah dalam Al-Qur’an bersamaan dengan nabi-nabi mulia lainnya.

Baca Juga:  Inilah Delapan Keistimewaan Bulan Ramadhan yang Selalu Dirindukan

Allah SWT berfirman dalam Surat Maryam

اُولٰۤىِٕكَ الَّذِيْنَ اَنْعَمَ اللّٰهُ عَلَيْهِمْ مِّنَ النَّبِيّٖنَ مِنْ ذُرِّيَّةِ اٰدَمَ وَمِمَّنْ حَمَلْنَا مَعَ نُوْحٍۖ وَّمِنْ ذُرِّيَّةِ اِبْرٰهِيْمَ وَاِسْرَاۤءِيْلَ ۖوَمِمَّنْ هَدَيْنَا وَاجْتَبَيْنَاۗ اِذَا تُتْلٰى عَلَيْهِمْ اٰيٰتُ الرَّحْمٰنِ خَرُّوْا سُجَّدًا وَّبُكِيًّا

Mereka itulah orang yang telah diberi nikmat oleh Allah, yaitu dari (golongan) para nabi dari keturunan Adam, dan dari orang yang Kami bawa (dalam kapal) bersama Nuh, dan dari keturunan Ibrahim dan Israil (Yakub) dan dari orang yang telah Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih. Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pengasih kepada mereka, maka mereka tunduk sujud dan menangis. (QS. Maryam ayat 58)

Para ulama mengatakan, Nabi Yakub mempunyai dua nama dan salah satunya adalah Israel. Tetapi menurut pendapat yang lain, Israel adalah julukan untuk Nabi Yakub.

Beberapa dali yang menguatkan bahwa Israel adalah nama lain dari Nabi Yakub adalah sebagai berikut:

Baca Juga:  Al Qur'an Tak Pernah Sebut Khilafah, Hizbut Tahrir Jangan Bikin Kacau!

Dalam hadis yang bersumber dari sahabat Abdullah bin Abbas yang kemudian diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Nabi bertanya dalam perkumpulan orang Yahudi

هَلْ تَعْلَمُونَ أَنَّ إِسَرَائِيلَ يَعْقُوب؟ قالوا اللهم نعم فقال النبي اللَّهُمَّ اشْهَدْ

Apakah kalian tahu bahwa Israel itu adalah Ya’kub. Mereka menjawab, “Ya, benar”. Kemudian Nabi bersabda, “Ya Allah, saksikanlah”. (HR. Ahmad)

Juga di dalam tafsir Fathul Qadir, ada penjelasan Imam Asy Syaukani sebagai berikut:


اتفق المفسرون على أنإسرائيل هو يعقوب بن إسحاق بن إبراهيم عليهم السلام، ومعناه عبد الله

Seluruh ahli tafsir sepakat, bahwa Israil adalah Ya’qub bin Ishak bin Ibrahim. Maknanya adalah hamba Allah.

Nabi Ya’kub mempunyai 12 anak keturunan dari emoay istrinya. Lebih lengkapnya sebagai berikut:

Dari istrinya yang bernama Lea atau Lail, punya 6 anak. Mereka adalah Ruben, Simeon, Lewi, Yehuda, Isakhar, dan Zebulon.

Baca Juga:  Lafadz Syafakallah; Apakah Arti dan Bagaimana Penggunaannya? Ini Jawabannya!

Dari iatrinya yang bernama Bilha (gadis pemberian Rahel), punya dua anak masing-masing bernama Dan dan Naftali.

Dari Zilpha (gadis pemberian Lea), punya dua anak bernama Gad dan Asyer. Dari dari isterinya yang bernama Rahel, diakrunia du orang putra bernama Yusuf dan Benyamin.

Faisol Abdurrahman