Keutamaan Shalat Dhuha, Salah Satu Sebab Terbukanya Pintu Rezeki

keutamaan shalat dhuha

Pecihitam.org – Shalat Dhuha adalah shalat yang dikerjakan pada waktu dhuha, yaitu waktu setelah matahari terbit sekitar pukul 7 hingga sebelum tengah hari (dhuhur) atau sekitar pukul 11 siang. Shalat dhuha merupakan salah satu shalat sunah yang dianjurkan. Salat Dhuha sendiri memiliki banyak keutamaan yang luar biasa diantara keutamaan shalat dhuha tersebut ialah sebagi berikut:

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

1. Salah satu sebab dibukanya pintu rezeki

Jika di baca dan dihayati lebih seksama, dalam doa shalat dhuha terdapat kalimat,

“Allahumma Innkaana Rizqii Fissamaa-I Fa Annzilhu, Wa Inkaana Fil Ardhi Fa-Akhrijhu, Wa Innkaana Mu’sironn Fayassirhu, Wainnkaana Haroomann Fa Thohhirhu, Wa Inkaana Ba’idan Fa Qoribhu”.

Doa salat dhuha tersebut bermakna sebuah permintaan kepada Allah subhanahu wa ta’ala yang mana jika rezeki yang akan kita terima masih berada di langit, terpendam di bumi atau sulit untuk mendapatkannya, masih berupa rezeki yang haram atau rezeki yang akan kita terima masih berada di tempat yang jauh, agar segera diturunkan, mendekatkan dan Allah memberikan rezeki yang halal lagi baik kepada kita.

Namun perlu diingat berdoa saja tanpa adanya usaha adalah sesuatu yang tidak dibenarkan. Jika kita menginginkan sesuatu terlebih agar dilapangkan rezeki perlu adanya usaha yang keras untuk mendapatkan rezeki tersebut. Selain itu juga diiringi dengan doa kepada Allah.

Baca Juga:  Pandangan Islam tentang Berita Hoax, Dosanya sampai Hari Kiamat

Setelah bekerja dan berusaha, selanjutnya baru kita pasrahkan semua semuanya kepada Allah subhanahuwata’ala. Besar kecilnya hasil yang kita dapat harus kita syukuri.

2. Pahalanya seperti bersedekah

Shalat Dhuha yang dilakukan dengan Istiqomah serta atas dasar keikhlasan, memiliki nilai yang sama dengan keutamaan bersedekah. Sedekah yang dimaksud adalah sedekah yang diperuntukkan oleh 360 persendian tubuh kita.

Saat persendian kita tidak bisa digunakan atau mengalami rapuh sebagian anggota tubuh kita akan mengalami rasa sakit. Shalat dhuha selain bisa menentramkan batin bagi orang yang mengerjakannya juga menyehatkan sendi di dalam tubuh kita.

Hal itu sebagaimana penjelasan sabda Nabi Muhammad SAW yang menyatakan bahwa setiap kalimat tasbih yang terucap pada saat melakukan shalat dhuha bernilai sedekah, kalimat tahmid bernilai sedekah, kalimat tahlil bernilai sedekah, pun demikian juga dengan kalimat takbir yang terucap semua merupakan sedekah bagi persendian kita.

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى

Baca Juga:  Siapakah Ahli Ibadah yang Rugi? Berikut Penjelasannya

Artinya: “Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar ma’ruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan shalat Dhuha sebanyak dua raka’at.”

3. Menentramkan batin dan pelebur dosa

Mungkin bagi siapa saja yang sedang tertimpa masalah ataupun problematika hidup seperti masalah ekonomi, masalah keluarga dan lain sebagainya, maka adukanlah setiap permasalahan yang kita alami kepada Allah dengan melaksanakan shalat Dhuha.

Sebab Allah SWT akan membantu untuk memberikan solusi dan membukakan jalan agar kita dapat menyelesaikan masalah-masalah tersebut. Hal ini dengan cara melaksanakan salat Dhuha secara Istiqomah dan berdoa dengan tulus dan ikhlas

Tidak hanya itu shalat Dhuha juga bisa menjadikan dihapuskannya dosa-dosa yang pernah kita lakukan sebagai mana yang dijelaskan dalam hadits Nabi Muhammad SAW., yang diriwayatkan oleh Imam At Tirmidzi.

Dalam hadis tersebut dijelaskan bahwa Allah akan menghapuskan dosa-dosa yang pernah dilakukan hambanya walaupun dosa tersebut seluas lautan. Caranya dengan melakukan usaha agar Allah mengampuni dosa-dosa kita, yaitu dengan bertaubat dan juga niat untuk tidak melakukan dosa-dosa tersebut di lain waktu.

Baca Juga:  3 Tingkatan Kenikmatan Alam Kubur yang Wajib Kita Ketahui

4. Dibuatkan pintu khusus di surga

Keutamaan lain dari salat Dhuha adalah, Allah menjanjikan bagi siapa saja yang tekun dan istiqomah dalam mengerjakan shalat Dhuha akan dibuatkan pintu khusus di surga kelak, yakni pintu yang dinamakan dengan pintu Dhuha.

Hal ini menandakan bahwa orang yang rajin dan istiqomah mengerjakan shalat Dhuha memiliki kedudukan yang tinggi di mata Allah hingga ia dibuatkan pintu tersendiri untuk memasuki surga. Rasulullah SAW bersabda;

Dari Abu Hurairah ra, Nabi Muhammad saw bersabda; “Sesungguhnya disurga ada slaah satu pintu yang dinamakan pintu Dhuha, bila datang hari kiamat malaikat menjaga surga memangil; mana ia yang melazimkan shalat Dhuha? Inilah pintu kalian maka masukilah dengan kasih sayang Allah” (HR.Thabrani).

Demikian semoga bermanfaat. Wallahua’lam bisshawab.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik

Leave a Reply

Your email address will not be published.