Keutamaan Shalat Rawatib, Salah Satunya Dibangunkan Rumah di Surga

keutamaan shalat rawatib

Pecihitam.org – Shalat rawatib adalah sholat sunnah yang mengiringi shalat fardhu baik dilaksanakan sebelum atau sesudahnya. Ada banyak keutamaan yang ada dalam shalat rawatib, oleh karena itu sholat rawatib sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Lalu apa saja keutamaan shalat rawatib?

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Dalam periwayatan Ummu Habibah, beliau mengatakan bahwa Rasulullah saw. bersabda: “seorang muslim yang mengerjakan sholat sunnah 12 rakaat dengan niat hanya karna Allah di setiap harinya, maka Allah akan membangun untuknya tempat di surga”.

Bahkan setelah mendengar perkataan Nabi, dalam periwayatan ini disebutkan bahwa Ummu Habibah (istri Nabi) tidak pernah meninggalkan sholat rawatib tersebut.

Imam an-Nawawi menyebutkan dalam kitabnya Riyadhus Sholihin bahwa hadis ini dicantumkan di bagian pertama dalam pembahasan keutamaan shalat sunah rowatib karena besarnya keutamaan yang ada pada shalat tersebut.

Dijelaskan dalam hadis lain riwayat Aisyah ra, bahwa rasul merinci 12 rakaat tersebut, yakni: 4 rokaat sebelum sholat dhuhur dan 2 rokaat setelahnya, 2 rokaat sesudah sholat maghrib, 2 rokaat setelah sholat isya dan 2 rokaat sebelum sholat subuh.

Baca Juga:  Pertimbangan Diperbolehkannya Hukum Mengebiri Kucing

Hadist ini menandakan bahwa sholat rawatib mempunyai pengaruh dan keutamaan yang besar bagi umat islam, maka dari itu sangat dianjurkan untuk melaksanakannya.

Banyak hadis yang menyebutkan seorang yang melaksanakan 2 rokaat sebelum sholat subuh akan mendapatkan pahala yang lebih besar dari pada dunia beserta isinya.

Sedangkan sholat rawatib 4 rokaat sebelum dan sesudah sholat dhuhur akan terhindar dari api neraka, seperti terdapat dalam hadis yang diriwayatkan Bukhori dalam kitab Shohih nya bahwa “sipapun yang merutinkan 4 rokaat sebelum dan sesudah dhuhur, maka baginya akan diselamatkan dari siksa neraka”.

Disunahkan pula sholat sunah 2 rokaat setelah maghrib karena ada anjuran dalam hadis nabi bahwa Rasul mengerjakan sholat sunnah 2 rokaat sebelum Dhuhur dan setelahnya, juga 2 rokaat sesudah Maghrib dan 2 rokaat sesudah Isya.

Keutamaan yang lain juga seperti:

  1. Sholat rawatib dapat menutupi kekurangan sholat fardhu yang pernah ditinggalkan, sebagaimana riwayat Abu Daud, bahwa Rosul bersabda: “sungguh, amal yang pertma yang akan dipertanggumg jawabkan adalah sholat. Lalu Allah berkata pada Malaikatnya “perhatikanlah, sholat yang dikerjakan hamba-Ku, apakah terdapat kekurangan? apabila terdapat kekurangan maka perhatikanlah, apakah dia memiliki amalan sholat sunah? Apabila dia mempunyai amalan sholat sunah maka tutupilah kekurangan itu dengan menyempurnkan pahala dari sholat sunnah tersebut.
  2. Akan mendapat imbalan yang besar dari Allah, seperti halnya hadis diatas yang diriwayatkan oleh Ummu Habibah bahwa balasan pahala bagi orang yang mengerjakan sholat sunnah rawatib adalah akan dibangunkan baginya rumah di surga.
  3. Allah akan mengangkat derajatnya, dalam hadis yang diriwayatkan Imam Muslim, bahwa Tsauban (budak Rasulullah) tentang amalan apa yang dapat menjadikan sesorang masuk surga, kemudian beliau menjawab, “Aku pernah bertanya pada Rasulullah saw, lalu Nabi menjawab perbanyaklah bersujud pada Allah, karena dengan satu kali sujud, Allah akan mengangkat satu derajatmu dan mengapus satu kesalahanmu.” Dapat disimpulkan jika dengan satu sujud saja maka Allah akan mengangkat derajat, lalu bagaimana dengan banyak sholat yang dikerjakan?!
  4. Terhindar dari sifat sombong dan riya, ini sebabnya mengapa sholat rawatib dianjurkan untuk dilakukan dirumah, seperti yang ada dalam kitab al-Istidzkar karya Ibnu Abdi al-Bar bahwa beliau mengatakan sholat sunnah yang dilakukan dirumah lebih baik dari yang dilaksnakan di masjid, berdasarkan riwayat Abu Daud, bahwa Rasul berkata: “sholat yang dikerjakan di rumah lebih utama daripada sholat yang dikerjakan di masjidku, selain sholat fardhu
Baca Juga:  Niat Puasa Tarwiyah 8 Dzulhijjah

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai keutamaan shalat rawatib. Sudah sangat jelas bahwa sholat sunnah ini memilikik banyak keutamaan, maka tidak perlu ragu untuk melaksanankannya. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam

Nur Faricha

Leave a Reply

Your email address will not be published.