Meneladani Rasulullah dengan Meraih Keutamaan Membaca Surat Al-Waqiah

keutamaan membaca surat al waqiah

Pecihitam.org – Surat Al-Waqiah merupakan surat yang populer di masyarakat karena keutamaannya. Surat ini terdiri atas 96 ayat dan menempati urutan ke-56 di dalam mushaf. Surat ini tergolong dalam surat Makkiyah dinamakan Al-Waqiah karena diawali dengan firman Allah SWT ”Idza waqa’atil waaqi’ah” yang berarti hari kiamat pasti akan terjadi. Berikut penjelasan tentang keutamaan membaca surat Al-Waqiah:

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Dalam kitabnya At Tafsir Al-Munir, Syekh Wahbah Az-Zuhaili menjelaskan beberapa hadis tentang keutamaan membaca surat Al-Waqiah sebagai berikut:

Pertama, kita tidak akan ditimpa kefakiran.

Hal ini berlaku bagi yang mau membacanya setiap malam hari. Cara mendapatkan keutamaan yang pertama ini adalah dengan mewiridkan Surat Al-Waqiah sebagai bacaan yang rutin setiap hari dan juga malam, maka Allah akan menjauhkan segala kefakiran untuk selama-lamanya. Berikut haditsnya:

عن عبد اللّه بن مسعود رضي اللّه عنه أن رسول اللّه صلى اللّه عليه وسلم قال: «مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْوَاقِعَةِ كُلَّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةً أَبَدًا» أخرج الحافظ أبو يعلى وابن عساكر.

Baca Juga:  Surah At-Taubah Ayat 23-24; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Artinya: “Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang membaca surat Al-Waqiah setiap malam, maka ia tidak akan ditimpa kefakiran atau kemelaratan selamanya.” (HR. Abu Ya’la dan Ibnu Asakir).

عن أبي ظبية قال: مرض عبد اللّه مرضه الذي توفي فيه فعاده عثمان بن عفان فقال :ما تشتكي؟ قال: ذنوبي. قال:

Kedua, surat kekayaan.

Surat Al-Waqiah ini merupakan surat kekayaan Oleh karena itu, bacalah surat Al-Waqiah setiap hari insya Allah dapat memudahkan kita mendapatkan rezeki yang halal, pun nikmat Allah yang terus mengalir. Keutamaan yang kedua berdasarkan hadits sebagai berikut:

عن أنس عن رسول اللّه صلى اللّه عليه وسلم قال: «سُوْرَةُ الْوَاقِعَةِ سُوْرَةُ الْغِنَى فَاقْرَؤُوْهَا وَعَلِّمُوْهَا أَوْلَادَكُمْ» أخرج ابن مردويه

Artinya: “Diriwayatkan dari Anas, dari Rasulullah SAW, beliau bersabda, “surat Al-Waqiah adalah surat kekayaan, maka bacalah, dan ajarkanlah pada anak-anak kalian.” (HR. Ibnu Mardawaih)

Baca Juga:  Surah Asy-Syura Ayat 47-48; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Ketiga, surat Al-Waqi’ah adalah surat yang dibaca Rasulullah SAW di pagi hari.

عن جابر بن سمرة يقول: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّيٍ الصَّلّوَاتِ كَنَحْوِ مِنْ صَلاَتِكُمُ الَّتِيْ تُصَلُّوْنَ الْيَوْمَ وَلَكِنَّهُ كَانَ يُخَفِّفُ كَانَتْ صَلَاتُهُ أَخَفُّ مِنْ صَلاَتِكُمْ وَكاَنَ يَقْرَأُ فِى الْفَجْرِ الْوَاقِعَةَ وَنَحْوَهَا مِنَ السُّوَرِ. أخرج الإمام أحمد

Artinya: “Dari Jabir bin Samurah, ia berkata, “Rasulullah SAW selalu shalat seperti shalat yang kalian laksanakan hari ini, tetapi beliau meringankannya, shalat beliau lebih ringan dari pada shalat kalian, dan beliau selalu membaca di waktu fajar (Subuh) surat Al-Waqiah dan surat-surat semisalnya.” (HR. Ahmad)

Hadits di atas menjelaskan bahwa Rasulullah SAW membaca surat Al-Waqiah saat fajar atau pagi hari. Sebagai umat Islam, sudah selayaknya kita sebagai seorang muslim untuk meneladani beliau dengan turut serta membaca surat Al-Waqiah di pagi hari.

Ada banyak keutamaan membaca surat Al-Waqiah namun karena keterbatasan maka penulis hanya menjelaskan tiga diantaranya yakni tidak ditimpa kefakiran, surat kekayaan dan surat yang dibaca Nabi Muhammad SAW di pagi hari.

Baca Juga:  Hukum Mempelajari Ilmu Tajwid bagi Kaum Muslimin

Demikianlah tiga keutamaan yang bisa kita dapatkan dari membaca Surat Al Waqiah. Sudah selayaknya kita sebagai kaum muslim yang beriman untuk mengamalkan sebagai bentuk wasilah memohon rezeki pada Allah. Gunakan cara ini supaya memungkinkan kita untuk mendapatkan istiqomah dalam mengamalkannya dan semoga rezeki bisa kita dapatkan dengan diberi kemudahan oleh Allah SWT, Amin.

Semoga bermanfaat. Wallahu A’lam.

Ayu Alfiah

Leave a Reply

Your email address will not be published.