Mengajarkan Shalat kepada Anak dan Mengajaknya Berjamaah di Masjid

Mengajarkan Shalat kepada Anak dan Mengajaknya Berjamaah di Masjid

Pecihitam.org – Sebagai orang tua, ayah dan ibu harus mengajarkan shalat kepada anak, baik laki-laki maupun perempuan ketika masih kecil, agar nanti mereka terbiasa ketika sudah besar. Rasulullah saw. bersabda:

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

“Ajarkanlah shalat kepada anak-anakmu jika sudah sampai umur tujuh tahun, pukullah karena meninggalkannya jika sudah sampai umur sepuluh tahun dan pisahkan tempat tidur mereka.” (HR. Ahmad)

Terlebih dahulu kita harus memberi contoh berwudhu di depan mereka. Berikan buku tata cara shalat. Meski guru di sekolah telah mengajarkannya, alangkah baiknya jika kita ikut mengajari atau mengecek mereka shalat.

Anak-anak juga dianjurkan agar ketika shalat tidak boleh berbicara, bergurau, makan, bergerak, atau mengganggu temannya yang sedang shalat.

Jika kita mengajarkan shalat, maka kita pun akan mendapatkan pahala shalatnya sebesar pahala yang ia terima. Suatu saat jika anak kita sudah berkeluarga, ia pun akan mengajarkan shalat kepada anak-anak mereka sebagaimana kita pernah mengajarkannya.

Sehubungan dengan itu, kita pun harus mengajarkan Al-Quran dimulai dari surat Al-Fatihah dan surat-surat pendek serta menghafal tahiyat untuk shalat. Jika di sekolah belum diajarkan, kita harus mencari guru yang akan mengajarkannya tajwid, hafalan Al-Quran dan hadits.

Baca Juga:  Sakinah Mawaddah Warahmah, Ukuran Keluarga Ideal

Kita juga harus mendorong anak-anak melakukan shalat berjamaah di masjid dan menunaikan shalat jumat untuk anak laki-laki. Masjid merupakan rumah Allah di muka bumi ini. Masjid memiliki fungsi sebagai tempat ibadah sekaligus tempat belajar bagi anak-anak muslim.

Selain untuk melaksanakan shalat, masjid juga dapat digunakan untuk belajar shalat, membaca Al-Quran dan lainya yang bermanfaat bagi agama. Setiap orang tua hendaknya mengajarkan kepada anak-anak untuk mencintai rumah Allah, salah satunya dengan mengajak mereka untuk shalat berjamaah di masjid.

Kita tentu mengetahui bahwa shalat berjamaah sangat dianjurkan, sebab Allah swt. akan menaikkan pahala sebanyak dua puluh tujuh derajat. Kita pun dianjurkan mengajak anak-anak pergi ke masjid untuk menunaikan shalat berjamaah. Rasulullah saw. memberikan contoh, yaitu sering mengajak anak-anak untuk shalat berjamaah di masjid.

Apabila anak-anak melakukan kesalahan ketika sedang melakukan shalat, tegurlah dengan lemah lembut sebagaimana Rasulullah pernah memberikan teladan kepada kita. Rasulullah saw. membariskan anak-anak dalam shaf paling belakang dan memerintahkan kepada mereka untuk meluruskan shafnya.

Baca Juga:  Inilah 3 Hikmah Disyariatkannya Nikah, Pasutri Wajib Baca!

 Ibnu Mas’ud ra. berkata: “Dahulu Rasulullah saw. mengusap pundak kami sebelum shalatnya dan bersabda:

“Luruskanlah shaf kalian dan janganlah kalian tidak merapikannya, karena nanti hati kalian pun akan bertentangan.” (HR. Muslim)

Rasulullah saw. selalu memperingatkan anak-anak agar tidak menoleh saat sedang mengerjakan shalat. Rasulullah saw. bersabda:

“Hal ini tindakan pencurian yang dilakukan oleh syaitan terhadap shalat seorang hamba.” (HR. Bukhari)

Begitu juga Rasulullah saw. mengajari anak-anak berbagai hal yang diperlukan dalam shalat, sebagaimana yang dikatakan oleh Al-Hasan ra., bahwa Rasulullah saw. telah mengajarinya beberapa kalimat doa yang diucapkan dalam shalat witir.

Supaya hati anak-anak tertambat di masjid, setiap masjid perlu dilengkapi dengan perpustakaan yang menyediakan buku-buku khusus untuk anak-anak.

Sebelum berangkat ke masjid setiap orang tua harus membekali anak-anak adab ketika berada di masjid, seperti berwudhu sebelum ke masjid, jangan berteriak-teriak, jangan mengganggu teman yang sedang membaca Al-Quran, melepaskan alas kaki, masuk dengan kaki kanan terlebih dahulu dan keluar dengan kaki kiri.

Baca Juga:  Sumpah Li’an: Pengertian, Tuduhan–Sanggahan dan Hikmahnya

Alangkah indahnya sebuah keluarga muslim yaitu kedua orang tua mengajarkan shalat kepada anak-anak serta mengajaknya shalat berjamaah di masjid dan berjalan beriringan ke masjid. Langkah menuju masjid akan menambah derajat dan menghapus dosa-dosa.

Bukan saja menambah pundi-pundi pahala seluruh keluarga, melainkan kasih sayang antara orang tua dan anak-anak akan terjalin semakin erat. Dengan demikian orang tua pun telah mengajarkan kepada mereka untuk selalu mengingat Allah swt.

Demikianlah uraian singkat ini. Semoga bermanfaat bagi saya dan pembaca semuanya. Amin. Wallahu ‘alam.  

Mehri Andani MB