Inilah Ragam Bacaan Doa Qunut; Dari yang Sangat Panjang Sampai yang Sangat Pendek

Inilah Ragam Bacaan Doa Qunut; Dari yang Sangat Panjang Sampai yang Sangat Pendek

Pecihitam.org – Qunut pada saat shalat Subuh mutlak hukumnya sunah menurut Madzhab Syafi’i. Qunut merupakan salah satu sunah ab’adh yang jika tidak dikerjakan, maka disunahkan melakukan sujud sahwi. Dan bacaan doa qunut tidaklah terdiri dari satu jenis saja, sebagaimana yang biasa dibaca oleh kebanyakan orang.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Ternyata bacaan doa qunut sangat beragam. Inilah ragam bacaan doa qunut yang perlu diketahui, dari yang sangat panjang sampai yang sangat pendek:

Doa qunut dalam kitab Majmu’ Syarh Muhadzdzab juz 3 halaman 495:

اﻟﻠﻬﻢ اﻫﺪﻧﻲ ﻓﻴﻤﻦ ﻫﺪﻳﺖ ﻭﻋﺎﻓﻨﻲ ﻓﻴﻤﻦ ﻋﺎﻓﻴﺖ ﻭﺗﻮﻟﻨﻲ ﻓﻴﻤﻦ ﺗﻮﻟﻴﺖ ﻭﺑﺎﺭﻙ ﻟﻲ ﻓﻴﻤﺎ ﺃﻋﻄﻴﺖ ﻭﻗﻨﻲ ﺷﺮ ﻣﺎ ﻗﻀﻴﺖ ﻓﺈﻧﻚ ﺗﻘﻀﻲ ﻭﻻ ﻳﻘﻀﻰ ﻋﻠﻴﻚ ﻭﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﺬﻝ ﻣﻦ ﻭاﻟﻴﺖ ﺗﺒﺎﺭﻛﺖ ﺭﺑﻨﺎ ﻭﺗﻌﺎﻟﻴﺖ

Redaksi ini diambil dari hadis riwayat Imam Abu Daud dan Imam Tirmidzi. Menurut Imam Tirmidzi derajat hadisnya hasan, menurutnya juga tidak ada redaksi lain dari Nabi yang ia ketahui kecuali ini.

Baca Juga:  Sholawat Munjiyat: Lafal dan Sejarahnya

Doa qunut dalam kitab al-Adzkar juz 1 halaman 60:

اﻟﻠﻬﻢ ﺇﻧﺎ ﻧﺴﺘﻌﻴﻨﻚ ﻭﻧﺴﺘﻐﻔﺮﻙ ﻭﻻ ﻧﻜﻔﺮﻙ، ﻭﻧﺆﻣﻦ ﺑﻚ ﻭﻧﺨﻠﻊ ﻣﻦ ﻳﻔﺠﺮﻙ، اﻟﻠﻬﻢ ﺇﻳﺎﻙ ﻧﻌﺒﺪ، ﻭﻟﻚ ﻧﺼﻠﻲ ﻭﻧﺴﺠﺪ، ﻭﺇﻟﻴﻚ ﻧﺴﻌﻰ ﻭﻧﺤﻔﺪ، ﻧﺮﺟﻮ ﺭﺣﻤﺘﻚ ﻭﻧﺨﺸﻰ ﻋﺬاﺑﻚ، ﺇﻥ ﻋﺬاﺑﻚ اﻟﺠﺪ ﺑﺎﻟﻜﻔﺎﺭ ﻣﻠﺤﻖ. اﻟﻠﻬﻢ ﻋﺬﺏ اﻟﻜﻔﺮﺓ اﻟﺬﻳﻦ ﻳﺼﺪﻭﻥ ﻋﻦ ﺳﺒﻴﻠﻚ، ﻭﻳﻜﺬﺑﻮﻥ ﺭﺳﻠﻚ، ﻭﻳﻘﺎﺗﻠﻮﻥ ﺃﻭﻟﻴﺎءﻙ. اﻟﻠﻬﻢ اﻏﻔﺮ ﻟﻠﻤﺆﻣﻨﻴﻦ ﻭاﻟﻤﺆﻣﻨﺎﺕ ﻭاﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ﻭاﻟﻤﺴﻠﻤﺎﺕ، ﻭﺃﺻﻠﺢ ﺫاﺕ ﺑﻴﻨﻬﻢ، ﻭﺃﻟﻒ ﺑﻴﻦ ﻗﻠﻮﺑﻬﻢ، ﻭاﺟﻌﻞ ﻓﻲ ﻗﻠﻮﺑﻬﻢ اﻹﻳﻤﺎﻥ ﻭاﻟﺤﻜﻤﺔ، ﻭﺛﺒﺘﻬﻢ ﻋﻠﻰ ﻣﻠﺔ ﺭﺳﻮﻟﻚ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ، ﻭﺃﻭﺯﻋﻬﻢ ﺃﻥ ﻳﻮﻓﻮا ﺑﻌﻬﺪﻙ اﻟﺬﻱ ﻋﺎﻫﺪﺗﻬﻢ ﻋﻠﻴﻪ، ﻭاﻧﺼﺮﻫﻢ ﻋﻠﻰ ﻋﺪﻭﻙ ﻭﻋﺪﻭﻫﻢ ﺇﻟﻪ اﻟﺤﻖ ﻭاﺟﻌﻠﻨﺎ ﻣﻨﻬﻢ

Doa qunut dalam kitab Raudhatut Thaalibin juz 1 halaman 253:


اﻟﻠﻬﻢ اﻫﺪﻧﻲ ﻓﻴﻤﻦ ﻫﺪﻳﺖ، ﻭﻋﺎﻓﻨﻲ ﻓﻴﻤﻦ ﻋﺎﻓﻴﺖ، ﻭﺗﻮﻟﻨﻲ ﻓﻴﻤﻦ ﺗﻮﻟﻴﺖ، ﻭﺑﺎﺭﻙ ﻟﻲ ﻓﻴﻤﺎ ﺃﻋﻄﻴﺖ، ﻭﻗﻨﻲ ﺷﺮ ﻣﺎ ﻗﻀﻴﺖ، ﻓﺈﻧﻚ ﺗﻘﻀﻲ، ﻭﻻ ﻳﻘﻀﻰ ﻋﻠﻴﻚ، ﻭﺇﻧﻪ ﻻ ﻳﺬﻝ ﻣﻦ ﻭاﻟﻴﺖ، ﻭﻻ ﻳﻌﺰ ﻣﻦ ﻋﺎﺩﻳﺖ، ﺗﺒﺎﺭﻛﺖ ﻭﺗﻌﺎﻟﻴﺖ، ﻓﻠﻚ اﻟﺤﻤﺪ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﻗﻀﻴﺖ، ﺃﺳﺘﻐﻔﺮﻙ ﻭﺃﺗﻮﺏ ﺇﻟﻴﻚ، وصلى الله على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

Baca Juga:  Kalimat Hamdalah yang Paling Sempurna untuk Dijadikan Wirid

Redaksi ini yang masyhur di kalangan masyarakat. Ini juga dilengkapi dengan tambahan redaksi oleh para ulama dari redaksi sebelumnya. Jelas tidak mengapa. Termasuk penambahan shalawat ataupun doa-doa, sebagaimana penjelasan dalam Majmu’ Syarh Muhadzdzab juz 3 halaman 497:

ﻭﻫﻞ ﺗﺘﻌﻴﻦ ﻫﺬﻩ اﻟﻜﻠﻤﺎﺕ ﻓﻴﻪ ﻭﺟﻬﺎﻥ (اﻟﺼﺤﻴﺢ) اﻟﻤﺸﻬﻮﺭ اﻟﺬﻱ ﻗﻄﻊ ﺑﻪ اﻟﺠﻤﻬﻮﺭ ﺃﻧﻪ ﻻ ﺗﺘﻌﻴﻦ ﺑﻞ ﻳﺤﺼﻞ ﺑﻜﻞ ﺩﻋﺎء

Artinya: Apakah redaksi doa qunut ditentukan? Terdapat dua pendapat, pendapat yang shahih menurut mayoritas ulama adalah tidak ditentukan. Bahkan qunut dianggap cukup dengan membacakan doa apa pun itu (asal diniatkan qunut).

Begitu juga dengan membaca ayat Alquran, jika diniatkan qunut maka hasil qunut tersebut. Dijelaskn dalam Nihayatuzzain juz 1 halaman 67:

ﻭﻟﻮ ﻋﺠﺰ ﻋﻦ اﻟﻘﻨﻮﺕ ﻭﻗﻒ ﻭﻗﻔﺔ ﻳﺴﻴﺮﺓ ﺗﺴﻊ ﻗﻨﻮﺗﺎ ﻭﻟﻮ ﻗﺼﻴﺮا ﻭﺗﺴﻊ ﻣﺎ ﺑﻌﺪﻩ ﻣﻦ اﻟﺼﻼﺓ ﻭاﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻰ اﻟﻨﺒﻲ ﻭﺁﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻓﺈﻥ ﻟﻢ ﺗﺴﻊ ﺫﻟﻚ ﺳﻦ ﺳﺠﻮﺩ اﻟﺴﻬﻮ ﻋﻠﻰ اﻷﻭﺟﻪ

Baca Juga:  Macam Macam Shalawat Nabi yang Sebaiknya Kamu Amalkan Setiap Saat

Artinya: Apabila tidak ada satu pun doa qunut yang hafal, maka cukup berdiam sejenak sekira-kira mencukupi waktu membaca doa qunut meski pendek lengkap dengan shalawat kepada Nabi. Apabila berdiam diri tidak dengan durasi tersebut, maka sunah baginya sujud sahwi.

Inilah ragam bacaan doa qunut yang perlu kamu ketahui, dari yang sangat panjang sampai yang sangat pendek, semoga bermanfaat. Walaahu a’lam bishshawaab.

Azis Arifin