Rukun Iman Ada 6, Waspada Jika Menemukan yang Berbeda

rukun iman

Pecihitam.org – Selain rukun Islam, umat Islam juga harus meyakini enam hal yang disebut dengan rukun iman. Karena ia merupakan pilar keimanan yang harus dimiliki oleh setiap muslim. Apa sajakah keenam rukun iman tersebut?

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Dalam sebuah hadits, di mana saat itu Umar bin Khattab r.a sedang bersama Rasulullah, dan Jibril datang menemui Nabi Muhammad SAW dan bertanya tentang Islam, Iman, Ihsan dan Hari Kiamat. Berikut redaksi haditsnya;

“Suatu waktu kami duduk-duduk bersama Rasulullah saw. tiba-tiba muncul seorang pria berpakaian putih dan rambutnya hitam kelam, tidak terlihat padanya tanda-tanda bekas perjalanan jauh dan tidak seorang pun di antara kami yang mengenalnya. Lalu duduklah ia di hadapan Nabi, lalu kedua lututnya disandarkan pada kedua lutut Nabi dan meletakkan kedua tangannya di atas kedua paha Nabi, kemudian ia berkata, “Hai Muhammad, beritahukan kepadaku tentang Islam.” Rasulullah saw. menjawab, “Islam adalah engkau bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, mendirikan shalat, membayar zakat, berpuasa pada bulan Ramadhan, dan berhaji ke Baitullah jika mampu melakukannya.” Orang itu berkata, “Engkau benar.” Kami pun heran, ia bertanya lalu membenarkannya.

Baca Juga:  Ilmu Tauhid Dasar Ahlussunnah wal Jama'ah; Qidam, Sifat Wajib Kedua Bagi Allah SWT

…Kemudian ia bertanya lagi: “Beritahukan kepadaku tentang Iman. Nabi menjawab; ”Iman adalah engkau beriman kepada Allah; malaikat-malaikatNya; kitab-kitabNya; para Rasul-Nya; hari Akhir, dan beriman kepada takdir yang baik dan yang buruk,…” Orang itu berkata, “Engkau benar.”

Orang itu bertanya lagi, “Beritahukan kepadaku tentang ihsan.” Nabi menjawab, “Engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihat-Nya, jika engkau tidak melihat-Nya, sesungguhnya Dia pasti melihatmu.”

Orang itu bertanya lagi, “Beritahukan kepadaku tentang hari Kiamat.” Nabi menjawab, “Yang ditanya tidaklah lebih tahu dari pada yang bertanya.”

Orang itu pun bertanya lagi, “Beritahukan kepadaku tentang tanda-tandanya, Nabi menjawab, “Jika budak perempuan telah melahirkan tuannya; jika engkau melihat orang-orang yang tak beralas kaki, tanpa memakai baju, miskin, dan pekerjaannya menggembala kambing, telah berlomba-lomba mendirikan bangunan yang megah.”

Baca Juga:  Qiyamuhu Binafsih, Sifat Wajib Ke-Lima Bagi Allah SWT

Kemudian orang itu pergi, aku pun terdiam. Beberapa saat kemudian Nabi bertanya kepadaku; “Wahai Umar, tahukah kamu siapakah orang yang bertanya tadi?.” Aku menjawab, “Allah dan RasulNya yang lebih mengetahui.” Nabi berkata, “Dia adalah malaikat Jibril. Ia datang untuk mengajarkan kepadamu tentang agamamu.” (HR. Muslim)

Di dalam kitab Jawahirul Kalamiyah Fi Idhahil A’qidah Al-Islamiyyah karya Syekh Thahir Al-Jazairi dituliskan sebagai berikut:

اَرْكَانُ الْعَقِيْدَةِ الْاِسْلاَمِيَّةِ سِتَّةُ اَشْيَاءَ: وَهِيَ الْاِيْمَانُ بِاللهِ تَعَالَى، وَالْاِيْمَانُ بِمَلاَئِكَتِهِ، وَالْاِيْمَانُ بِكُتُبِهِ، وَالْاِيْمَانُ بِرُسُلِهِ، وَالْاِيْمَانُ بِالْيَوْمِ الْاَخِرِ، وَالْاِيْمَانُ بِالْقَدَرِ.

“Rukun-rukun aqidah Islamiyah itu ada enam, yaitu iman kepada Allah Swt., iman kepada malaikat-malaikatNya, iman kepada kitab-kitabNya, iman kepada rasul-rasulNya, iman kepada Hari Akhir, dan iman kepada takdir (yang baik maupun yang buruk).

Baca Juga:  Rukun Iman; Definisi, Dasar Hukum dan 77 Cabang Keimanan

Jadi, berdasarkan sumber-sumber yang telah disebutkan di atas, maka Rukun Iman itu ada 6, yakni:

  1. Iman kepada Allah
  2. Iman kepada Malaikat2-Nya
  3. Iman kepada Kitab2-Nya
  4. Iman kepada Nabi dan Rasul-Nya
  5. Iman kepada Hari Akhir (Kiamat)
  6. Iman kepada Takdir yang Baik dan Buruk (Qadha Qadar)

Wa Allahu A’lam bis Shawab

M Resky S

Leave a Reply

Your email address will not be published.