Surah Al-An’am Ayat 63-65; Seri Tadabbur Al Qur’an

Surah Al-An'am Ayat 63-65

Pecihitam.org – Allah SWT mengingatkan hamba-hambaNya di dalam Surah Al-An’am Ayat 63-65 akan berbagai nikmat di antaranya seperti penyelamatan yang Allah SWT lakukan terhadap orang-orang yang sedang berada keadaan bingung dan kesulitan di darat dan terperangkap ombak lautan saat angin bertiup kencang.

Terjemahan dan Tafsir Surah Al-An’am Ayat 63-65

Surah Al-An’am Ayat 63
قُلْ مَنْ يُنَجِّيكُمْ مِنْ ظُلُمَاتِ الْبَرِّ وَالْبَحْرِ تَدْعُونَهُ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً لَئِنْ أَنْجَانَا مِنْ هَٰذِهِ لَنَكُونَنَّ مِنَ الشَّاكِرِينَ

Penjelasan ayat: قُلْ (Katakanlah,) wahai Muhammad kepada penduduk Mekkah مَنْ يُنَجِّيكُمْ مِنْ ظُلُمَاتِ الْبَرِّ وَالْبَحْرِ (“Siapakah yang dapat menyelamatkan kalian dari kegelapan-kegelapan di darat dan di laut) dari bencana-bencananya dalam perjalananmu, yakni tatkala

تَدْعُونَهُ تَضَرُّعًا (kalian berdoa kepada-Nya dengan berendah diri) dengan secara terang-terangan وَخُفْيَةً (dengan suara yang lembut) dengan secara sembunyi-sembunyi kalian mengatakan لَئِنْ (Sesungguhnya jika) lam menunjukkan qasam/sumpah أَنْجَانَا (Dia menyelamatkan kami) dalam qiraat lainnya dibaca anjaytanaa, yakni Allah SWT مِنْ هَٰذِهِ (dari ini) maksudnya dari kegelapan dan bencana-bencana ini لَنَكُونَنَّ مِنَ الشَّاكِرِينَ (tentulah kami menjadi orang-orang yang bersyukur.”) menjadi orang-orang yang beriman.

Baca Juga:  Surah Al-An'am Ayat 91-92; Seri Tadabbur Al Qur'an

Surah Al-An’am Ayat 64
قُلِ اللَّهُ يُنَجِّيكُمْ مِنْهَا وَمِنْ كُلِّ كَرْبٍ ثُمَّ أَنْتُمْ تُشْرِكُونَ

Penjelasan ayat: قُلِ (Katakanlah,) kepada mereka اللَّهُ يُنَجِّيكُمْ (“Allah menyelamatkan kalian) dibaca dengan takhfif yaitu yunjiikum dan dibaca dengan tasydid yaitu yunajjiikum مِنْهَا وَمِنْ كُلِّ كَرْبٍ (daripada bencana itu dan dari segala macam kesusahan) kesulitan yang selain bencana itu ثُمَّ أَنْتُمْ تُشْرِكُونَ (kemudian kalian kembali menyekutukan”)-Nya.

Surah Al-An’am Ayat 65
قُلْ هُوَ الْقَادِرُ عَلَىٰ أَنْ يَبْعَثَ عَلَيْكُمْ عَذَابًا مِنْ فَوْقِكُمْ أَوْ مِنْ تَحْتِ أَرْجُلِكُمْ أَوْ يَلْبِسَكُمْ شِيَعًا وَيُذِيقَ بَعْضَكُمْ بَأْسَ بَعْضٍ ۗ انْظُرْ كَيْفَ نُصَرِّفُ الْآيَاتِ لَعَلَّهُمْ يَفْقَهُونَ

Penjelasan ayat: قُلْ هُوَ الْقَادِرُ عَلَىٰ أَنْ يَبْعَثَ عَلَيْكُمْ عَذَابًا مِنْ فَوْقِكُمْ (Katakanlah, “Dialah yang berkuasa untuk mengirimkan azab kepada kalian dari atas kalian) dari langit yakni berupa batu-batu dan suara keras yang mengguntur أَوْ مِنْ تَحْتِ أَرْجُلِكُمْ (atau dari bawah kaki kalian) dengan diamblaskan/ditelan bumi أَوْ يَلْبِسَكُمْ (atau Dia mencampurkan kalian) mencampur-adukkan kalian شِيَعًا (menjadi golongan-golongan) kelompok-kelompok yang berbeda keinginannya وَيُذِيقَ بَعْضَكُمْ بَأْسَ بَعْضٍ (dan merasakan kepada sebagian kalian keganasan sebagian yang lain.”) dengan cara saling membunuh.

Baca Juga:  Surah Al-An'am Ayat 125; Seri Tadabbur Al Qur'an

Nabi Muhammad SAW telah bersabda tatkala ayat ini turun, “Ini lebih ringan dan lebih mudah.” Akan tetapi ketika ayat sebelumnya turun Rasulullah SAW bersabda, “Aku berlindung kepada Zat-Mu,” hadits ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari.

Imam Muslim meriwayatkan mengenai sabda Rasulullah saw., “Aku memohon kepada Tuhanku agar Ia tidak menjadikan keganasan umatku disebabkan ulah sebagian di antara mereka tetapi Ia melarangku mendoakan hal ini.” Dan sehubungan dengan hadits pertama, Imam Muslim berkata bahwa kejadiannya pasti akan ada hanya saja kenyataannya masih belum terungkapkan.

انْظُرْ كَيْفَ نُصَرِّفُ (Perhatikanlah bagaimana Kami menjelaskan) menerangkan kepada mereka الْآيَاتِ (tentang ayat-ayat) yang menunjukkan kepada kekuasaan Kami لَعَلَّهُمْ يَفْقَهُونَ (barangkali saja mereka mau memahaminya) mereka mau mengetahuinya bahwa apa yang mereka lakukan itu adalah perkara batil.

Baca Juga:  Surah Al-Ahqaf Ayat 1-6; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Alhamdulillah, itulah penjelasan sekilas mengenai kadungan Al Qur’an Surah Al-An’am Ayat 63-65 yang telah kita pelajari bersama, dengan merujuk pada tafsir Jalalain. Semoga menambah pemahaman kita tentang ayat-ayat Allah SWT. Amin

M Resky S
Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG