Surah Al-Maidah Ayat 46-47; Seri Tadabbur Al Qur’an

Surah Al-Maidah Ayat 46-47

Pecihitam.org – Surah Al-Maidah Ayat 46-47 menjelaskan tentang Taurat dan Injil yang dturunkan oleh Allah SWT sebagai petunjuk serta pengajaran bagi orang-orng yang bertaqwa.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Terjemahan dan Tafsir
Surah Al-Maidah Ayat 46-47

Surah Al-Maidah Ayat 46
وَقَفَّيْنَا عَلَىٰ آثَارِهِمْ بِعِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ مُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ التَّوْرَاةِ ۖ وَآتَيْنَاهُ الْإِنْجِيلَ فِيهِ هُدًى وَنُورٌ وَمُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ التَّوْرَاةِ وَهُدًى وَمَوْعِظَةً لِلْمُتَّقِينَ

Terjemahan: Dan Kami iringkan jejak mereka (nabi nabi Bani Israil) dengan Isa putra Maryam, membenarkan Kitab yang sebelumnya, yaitu: Taurat. Dan Kami telah memberikan kepadanya Kitab Injil sedang didalamnya (ada) petunjuk dan dan cahaya (yang menerangi), dan membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu Kitab Taurat. Dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa.

Baca Juga:  Surah Al-Maidah Ayat 41-44; Seri Tadabbur Al Qur'an

Penjelasan ayat: وَقَفَّيْنَا عَلَىٰ آثَارِهِمْ (Dan Kami iringi jejak-jejak mereka) maksudnya jejak para nabi itu بِعِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ مُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيْهِ (dengan Isa putra Maryam, membenarkan apa yang berada di depannya) maksudnya yang sebelumnya مِنَ التَّوْرَاةِ ۖ وَآتَيْنَاهُ الْإِنْجِيلَ فِيهِ هُدًى (berupa Taurat dan Kami berikan kepadanya Injil yang berisi petunjuk) dari kesesatan وَنُورٌ (dan cahaya) artinya penjelasan bagi hukum-hukum وَمُصَدِّقًا (serta membenarkan) menjadi hal لِمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ التَّوْرَاةِ (bagi kitab Taurat yang berada sebelumnya) membenarkan hukum-hukum Taurat وَهُدًى وَمَوْعِظَةً لِلْمُتَّقِينَ (serta menjadi petunjuk dan pengajaran bagi orang-orang yang takwa).

Surah Al-Maidah Ayat 47
وَلْيَحْكُمْ أَهْلُ الْإِنْجِيلِ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ فِيهِ ۚ وَمَنْ لَمْ يَحْكُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ

Baca Juga:  Surah Al-Maidah Ayat 24-26; Seri Tadabbur Al Qur'an

Terjemahan: Dan hendaklah orang-orang pengikut Injil, memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah didalamnya. Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang fasik.

Penjelasan ayat: وَلْيَحْكُمْ أَهْلُ الْإِنْجِيلِ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ فِيهِ (Dan pengikut-pengikut Injil hendaklah memutuskan perkara dengan apa yang diturunkan Allah di dalamnya) berupa hukum-hukum dan berdasarkan sebuah qiraat walyahkum itu dibaca waliyahkum karena diathafkan pada ma’mul aatainaahu وَمَنْ لَمْ يَحْكُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ (Dan siapa yang tidak memutuskan perkara dengan apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu orang-orang yang fasik.) Yaitu, orang-orang yang keluar dari ketaatan kepada Rabb mereka, dan cenderung kepada kebatilan serta meninggalkan kebenaran.

Baca Juga:  Surah An-Nahl Ayat 30-32; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Demikian telah kita uraikan kandungan Al Qur’an Surah Al-Maidah Ayat 46-47 menurut Tafsir Jalalain. Semoga bermanfaat

M Resky S