Surah Al-Maidah Ayat 83-86; Seri Tadabbur Al Qur’an

Surah Al-Maidah Ayat 83-86

Pecihitam.org – Surah Al-Maidah Ayat 83-86 Allah SWT melanjutkan ayat sebelumnya dengan menyebutkan sifat-sifat mereka yang lain, yakni taat pada kebenaran, mengikutinya dan menyadarinya.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Terjemahan dan Tafsir
Surah Al-Maidah Ayat 83-86

Surah Al-Maidah Ayat 83
وَإِذَا سَمِعُوا مَا أُنْزِلَ إِلَى الرَّسُولِ تَرَىٰ أَعْيُنَهُمْ تَفِيضُ مِنَ الدَّمْعِ مِمَّا عَرَفُوا مِنَ الْحَقِّ ۖ يَقُولُونَ رَبَّنَا آمَنَّا فَاكْتُبْنَا مَعَ الشَّاهِدِينَ

Penjelasan ayat: وَإِذَا سَمِعُوا مَا أُنْزِلَ إِلَى الرَّسُولِ (Dan jika mereka mendengarkan apa yang diturunkan kepada Rasul) yaitu sebagian dari Al-Qur’an تَرَىٰ أَعْيُنَهُمْ تَفِيضُ مِنَ الدَّمْعِ مِمَّا عَرَفُوا مِنَ الْحَقِّ ۖ يَقُولُونَ رَبَّنَا آمَنَّا (engkau lihat mata mereka mencucurkan air mata disebabkan kebenaran Al-Qur’an yang telah mereka ketahui dari kitab-kitab mereka sendiri, seraya berkata, “Ya Tuhan kami! Kami telah beriman) kami telah percaya kepada Nabi-Mu dan Kitab-Mu فَاكْتُبْنَا مَعَ الشَّاهِدِينَ (maka catatlah kami bersama orang-orang yang menjadi saksi -atas kebenaran Al-Qur’an dan kenabian Nabi Muhammad”) orang-orang yang mengakui dirinya beriman kepada keduanya.

Baca Juga:  Surah Al-Maidah Ayat 87-88; Seri Tadabbur Al Qur'an

Ibnu Abu Hatim, Ibnu Murdawaih, dan Imam Hakim di dalam kitab Mustadraknya telah meriwayatkan melalui jalur Sammak, dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas mengenai ayat ini: فَاكْتُبْنَا مَعَ الشَّاهِدِينَ Yaitu bersama Nabi Muhammad SAW dan umatnya adalah orang-orang yang menjadi saksi. Mereka mempersaksikan terhadap Nabi SAW bahwa beliau telah menyampaikan risalahnya, juga mempersaksikan terhadap para rasul, bahwa mereka telah menyampaikan risalah. Imam Hakim Kemudian mengatakan; “Sanad hadits ini shahih, tetapi keduanya tidak mengetengahkannya.”

Surah Al-Maidah Ayat 84
وَمَا لَنَا لَا نُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَمَا جَاءَنَا مِنَ الْحَقِّ وَنَطْمَعُ أَنْ يُدْخِلَنَا رَبُّنَا مَعَ الْقَوْمِ الصَّالِحِينَ

Penjelasan ayat: وَ (Dan) mereka berkata berkaitan dengan bantahan mereka terhadap orang-orang Yahudi yang mencap mereka masuk Islam مَا لَنَا لَا نُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَمَا جَاءَنَا مِنَ الْحَقِّ (mengapa kami tidak beriman kepada Allah dan kepada kebenaran yang datang kepada kami) yakni berupa Al-Qur’an; artinya tidak ada halangan bagi diri kami untuk beriman selagi memang ada bukti-bukti yang mengharuskan iman وَنَطْمَعُ (padahal kami sangat ingin) diathafkan/dikaitkan dengan lafal nu’minu أَنْ يُدْخِلَنَا رَبُّنَا مَعَ الْقَوْمِ الصَّالِحِينَ (agar Tuhan kami memasukkan kami ke dalam golongan orang-orang yang shaleh?) orang-orang yang beriman ke dalam surga.

Baca Juga:  Surah Al-Maidah Ayat 54-56; Seri Tadabbur Al Qur'an

Surah Al-Maidah Ayat 85
فَأَثَابَهُمُ اللَّهُ بِمَا قَالُوا جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا ۚ وَذَٰلِكَ جَزَاءُ الْمُحْسِنِينَ

Penjelasan ayat: (Maka Allah memberi mereka pahala terhadap ucapan yang mereka katakan, yakni surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya sedang mereka kekal di dalamnya. Dan itulah balasan bagi orang-orang yang berbuat kebaikan) yang ikhlas keimanannya.

Surah Al-Maidah Ayat 86
وَالَّذِينَ كَفَرُوا وَكَذَّبُوا بِآيَاتِنَا أُولَٰئِكَ أَصْحَابُ الْجَحِيمِ

Penjelasan ayat: وَالَّذِينَ كَفَرُوا وَكَذَّبُوا بِآيَاتِنَا (Dan orang-orang kafir serta mendustakan ayat-ayat Kami) Yaitu ingkar terhadap ayat-ayat Allah dan menentangnya. أُولَٰئِكَ أَصْحَابُ الْجَحِيمِ (mereka itulah penghuni neraka) yaitu mereka adalah ahli neraka yang akan masuk ke dalamnya.

Baca Juga:  Tafsir Surah Al Baqarah Ayat 253 Beserta Artinya

Demikianlah telah kita bahas bersama kandungan Surah Al-Maidah Ayat 83-86 berdasarkan kitab Tafsir Jalalain sebagai bagian dari kelanjutan Seri Tadabbur Al Qur’an kita. Semoga bermanfaat.

M Resky S