Surah Al Maun; Asbabun Nuzul, Tafsir, Terjemahan, dan Faedahnya

Surah Al Maun; Asbabun Nuzul, Tafsir, Terjemahan, dan Faedahnya

Pecihitam.org – Surah Al Maun adalah surah Makkiyah yang terdiri dari 7 ayat. Surah ini merupakan surah yang ke-107 di dalam Al-Qur’an. Kata “Al Ma’un” sendiri diartikan sebagai “hal-hal berguna”, yang diambil dari ayat terakhir dari surah ini.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Surah Al Maun ini berbicara mengenai orang-orang yang mendustakan pembalasan di akhirat. Di antara sifat-sifatnya yang disebut dalam surah ini adalah menghina dan mencerca anak yatim dengan kasar, tidak mendidik, dan tidak menganjurkan orang lain, baik dengan ucapan maupun tindakan, untuk memberi makan orang miskin, karena ia sendiri kikir terhadap hartanya.

Selain itu, surah ini juga menyebutkan sekelompok orang yang menyerupai orang yang mendustakan pembalasan itu. Mereka adalah orang-orang yang lalai dalam shalatnya, tidak melaksanakannya sebagaimana mestinya, dan orang-orang yang melakukannya sekadarnya, tanpa makna.

Juga termasuk kelompok itu, orang yang riya dengan pekerjaannya, orang yang enggan memberi pertolongan kepada yang membutuhkan. Mereka semua diancam dengan kecelakaan dan kehancuran, agar mereka dapat kembali dari kesesatan itu.

Asbabun Nuzul Surah Al Maun

Ababun nuzul surah ini berawal dari kisah yang diriwayatkan Ibnu Mundzir. Pada masa itu, orang-orang munafik gemar memamerkan ibadah mereka di hadapan orang lain.

Baca Juga:  Surah Ad-Dukhan Ayat 43-50; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Mereka berbuat demikian agar dianggap sebagai muslim yang taat. Namun sejatinya mereka penuh dengan kepalsuan belaka. Bahkan, orang-orang munafik itu juga enggan memberi bantuan kepada orang miskin dan anak-anak yatim.

Maka melalui Surah Al Maun ini, Allah SWT memperingatkan kepada Umat Islam tentang prilaku orang munafik tersebut. Secara jelas dan tegas, ayat pertama Surah menggambarkan prilaku mereka dengan bentuk kalimat tanya “Tahukah kamu (orang) yang berbuat dusta terhadap agama?

Terjemahan dan Tafsir

Ayat 1
أَرَأَيْتَ الَّذِي يُكَذِّبُ بِالدِّينِ

Terjemahan: Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?

Tafsir: (Tahukah kamu orang yang mendustakan hari pembalasan?) atau adanya hari hisab dan hari pembalasan amal perbuatan. Maksudnya apakah kamu mengetahui orang itu? Jika kamu belum mengetahui…..

Ayat 2
فَذَٰلِكَ الَّذِي يَدُعُّ الْيَتِيمَ

Terjemahan: Itulah orang yang menghardik anak yatim,

Baca Juga:  Surah Al-An'am Ayat 46-49; Seri Tadabbur Al Qur'an

Tafsir: (Maka dia itulah) sesudah huruf Fa ditetapkan adanya lafal Huwa, artinya maka dia itulah (orang yang menghardik anak yatim) yakni menolaknya dengan keras dan tidak mau memberikan hak yang seharusnya ia terima.

Ayat 3
وَلَا يَحُضُّ عَلَىٰ طَعَامِ الْمِسْكِينِ

Terjemahan: dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin.

Tafsir: Kalau kamu ingin tahu, orang yang mendustakan pembalasan itu adalah orang menghardik anak yatim dengan keras, memaksa dan menyakitinya, dan orang yang tidak menganjurkan untuk memberi makan orang miskin.

Ayat 4
فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَ

Terjemahan: Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat,

Tafsir: Maka kehancuran bagi orang yang melakukan shalat tetapi mempunyai sifat seperti itu. Yaitu mereka yang lalai dalam salatnya dan tidak dapat mengambil manfaat apa-apa dari shalatnya.

Ayat 5
الَّذِينَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ

Terjemahan: (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya,

Tafsir: Maka kehancuran bagi orang yang melakukan shalat tetapi mempunyai sifat seperti itu. Yaitu mereka yang lalai dalam shalatnya dan tidak dapat mengambil manfaat apa-apa darinya.

Ayat 6
الَّذِينَ هُمْ يُرَاءُونَ

Terjemahan: orang-orang yang berbuat riya,

Baca Juga:  Surah Al-Hadid Ayat 7-11; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Tafsir: Yaitu orang-orang yang memperlihatkan ibadahnya kepada orang lain, untuk mendapatkan kedudukan dan pujian.

Ayat 7
وَيَمْنَعُونَ الْمَاعُونَ

Terjemahan: dan enggan (menolong dengan) barang berguna.

Tafsir: artinya tidak mau meminjamkan barang-barang miliknya yang diperlukan orang lain; apalagi memberikannya, seperti jarum, kapak, kuali, mangkok dan sebagainya.

Faedah Surah

Faedah surah Al Maun ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Anjuran kepada umat Islam untuk memberikan makan kepada anak yatim dan orang miskin.
  2. Umat Islam senantiasa diperingatkan untuk tetap meluruskan niat ibadah shalat dan memelihara waktunya serta ikhlas dalam melakukannya, begitu pula ibadah yang lain. Yaitu tidak bermaksud untuk riya dan memperoleh Pujian.
  3. Ajakan kepada umat Islam untuk berbuat baik dan mengeluarkan barang miliknya guna dipergunakan untuk kemaslahatan Agama

Wallahu a’lam

M Resky S

Leave a Reply

Your email address will not be published.