Surah Ibrahim Ayat 19-20; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur’an

Surah Ibrahim Ayat 19-20

Pecihitam.org – Kandungan Surah Ibrahim Ayat 19-20 ini menyeru kaum Kafir manusia dan semua manusia dengan mengatakan, “Jangan mengira keberadaan langit, bumi dan kalian “wahai manusia” sebagai sesuatu yang kebetulan atau tanpa rencana, dan bahwa semua itu diciptakan oleh alam yang tidak berakal.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Ketahuilah, seluruh alam dicipta dan diatur di bawah pengelolaan ilahi. Jika Allah menginginkan, umat manusia akan digantikan dengan makhluk lainnya.” Alam semesta memiliki tujuan dan perputarannya tidak sia-sia sebagaimana yang kalian saksikan. Karena itu salah jika kalian mengira dapat berbuat semaunya dan Allah akan membiarkan kalian begitu saja.

Terjemahan dan Tafsir Al-Qur’an Surah Ibrahim Ayat 19-20

Surah Ibrahim Ayat 19
أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ بِالْحَقِّ ۚ إِنْ يَشَأْ يُذْهِبْكُمْ وَيَأْتِ بِخَلْقٍ جَدِيدٍ

Terjemahan: “Tidakkah kamu perhatikan, bahwa sesungguhnya Allah telah menciptakan langit dan bumi dengan hak? Jika Dia menghendaki, niscaya Dia membinasakan kamu dan mengganti(mu) dengan makhluk yang baru.”

Tafsir Jalalain: أَلَمْ تَرَ (Tidakkah kamu perhatikan) hai orang yang diajak bicara, tidakkah kamu memperhatikan. Istifham atau kata tanya di sini mengandung makna menetapkan

Baca Juga:  Surah At-Takwir Ayat 1-14; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

أَنَّ اللَّهَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ بِالْحَقِّ (bahwa sesungguhnya Allah telah menciptakan langit dan bumi dengan hak) lafal bilhaqqi bertaalluq atau berkaitan maknanya dengan lafal khalaqa.

إِنْ يَشَأْ يُذْهِبْكُمْ (Jika Dia menghendaki, niscaya Dia membinasakan kalian) hai manusia وَيَأْتِ بِخَلْقٍ جَدِيدٍ (dan mengganti kalian dengan makhluk yang baru) sebagai pengganti kalian.

Tafsir Ibnu Katsir: Allah Ta’ala memberitahukan tentang kekuasaan-Nya untuk mengembalikan badan-badan manusia pada hari Kiamat, bahwa Allah telah menciptakan langit dan bumi yang lebih besar daripada menciptakan manusia.

Bukankah Allah yang kuasa menciptakan langit yang tinggi, luas dan besar dengan segala isinya. Seperti bintang-bintang (planet) yang tetap dan bintang-bintang yang beredar, gerakan-gerakan yang berbeda-beda dan tanda-tanda kebesaran yang cemerlang, bumi ini serta isinya yang terdiri dari tanah lapang, pengunungan, daratan, padang sahara, padang terjal, lautan, serta tumbuh-tumbuhan, hewan, dengan berbagai macam jenis, faedah, bentuk dan warnanya.

Baca Juga:  Surah Ibrahim Ayat 52; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Firman Allah: إِنْ يَشَأْ يُذْهِبْكُمْ وَيَأْتِ بِخَلْقٍ جَدِيدٍ (“Jika Allah menghendaki, niscaya Allah membinasakanmu dan mengganti(mu) dengan makhluk yang baru.

Tafsir Quraish Shihab: Apakah engkau tidak mengetahui, wahai orang yang diajak bicara oleh ayat ini, bahwa Allah sungguh telah menciptakan langit dan bumi atas dasar aturan yang benar menurut kebijaksanaan-Nya.

Wahai orang-orang kafir, Zat yang mampu melakukan hal itu juga mampu membinasakan kalian dan mendatangkan makhluk baru selain kalian yang mau mengakui wujud dan keesan-Nya, jika Dia berkehendak.

Surah Ibrahim Ayat 20
وَمَا ذَٰلِكَ عَلَى اللَّهِ بِعَزِيزٍ

Terjemahan: “dan yang demikian itu sekali-kali tidak sukar bagi Allah.”

Tafsir Jalalain: وَمَا ذَٰلِكَ عَلَى اللَّهِ بِعَزِيزٍ (Dan yang demikian itu sekali-kali tidak sukar bagi Allah) tidak sulit bagi-Nya.

Tafsir Ibnu Katsir: (Dan yang demikian itu sekali-kali tidak sukar bagi Allah) Maksudnya, hal itu bukanlah hal yang besar dan tidak dapat dilakukan oleh Allah, bahkan itu adalah hal yang sangat mudah bagi-Nya.

Baca Juga:  Surah Al-Hasyr 18-20; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Bila kalian melanggar perintah-Nya mudah pula untuk melenyapkan kalian dan mengganti dengan manusia lain yang berbeda sifatnya dengan kalian, sebagaimana firman Allah:

“Dan jika kamu berpaling [dari perintah Allah], maka Allah akan menggantikanmu dengan umat lain, yang mereka itu tidak sepertimu.” (QS. Muhammad: 38)

Tafsir Quraish Shihab: Membinasakan dan mendatangkan itu tidaklah sulit bagi Allah.

Shadaqallahul ‘adzhim. Alhamdulillah, kita telah pelajari bersama kandungan Surah Ibrahim Ayat 19-20 berdasarkan Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Quraish Shihab. Semoga menambah khazanah ilmu Al-Qur’an kita.

M Resky S