Surah Ibrahim Ayat 52; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur’an

Surah Ibrahim Ayat 52

Pecihitam.org – Kandungan Surah Ibrahim Ayat 52 ini, menjelaskan Al-qur’an yang Kami turunkan padamu ini wahai rasul, merupakan penjelasan dan pemberitahuan bagi sekalian manusia, untuk menasihati dan memperingatkan mereka, dan agar mereka meyakini bahwa sesungguhnya Allah itulah Tuhan sembahan yang Maha Esa, sehingga mereka kemudian menyembahnya semata, tidak mempersekutukanNya, dan agar orang-orang yang berakal sehat memetik pelajaran darinya.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Terjemahan dan Tafsir Al-Qur’an Surah Ibrahim Ayat 52

Surah Ibrahim Ayat 52
هَٰذَا بَلَاغٌ لِلنَّاسِ وَلِيُنْذَرُوا بِهِ وَلِيَعْلَمُوا أَنَّمَا هُوَ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ وَلِيَذَّكَّرَ أُولُو الْأَلْبَابِ

Terjemahan: (Al Quran) ini adalah penjelasan yang sempurna bagi manusia, dan supaya mereka diberi peringatan dengan-Nya, dan supaya mereka mengetahui bahwasanya Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan agar orang-orang yang berakal mengambil pelajaran.

Baca Juga:  Surah Al-Isra Ayat 9-10; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Tafsir Jalalain: هَٰذَا (Ini) yakni Alquran ini بَلَاغٌ لِلنَّاسِ (adalah penjelasan yang cukup bagi manusia) artinya diturunkan untuk disampaikan kepada mereka وَلِيُنْذَرُوا بِهِ وَلِيَعْلَمُوا (dan supaya mereka diberi peringatan dengannya dan supaya mereka mengetahui) apa-apa yang terkandung di dalamnya berupa hujah-hujah.

أَنَّمَا هُوَ (bahwasanya Dia) yakni Allah إِلَٰهٌ وَاحِدٌ وَلِيَذَّكَّرَ (adalah Tuhan Yang Maha Esa dan agar mau mengambil pelajaran) asalnya adalah liyatadzakkara, kemudian huruf ta diidgamkan kepada huruf dzal sehingga jadilah bacaannya liyadzdzakkara artinya, supaya mengambil pelajaran أُولُو الْأَلْبَابِ (orang-orang yang berakal) yang berakal sehat.

Tafsir Ibnu Katsir: Allah berfirman, bahwasanya al-Qur’an ini adalah penjelasan yang sempurna bagi manusia, sebagaimana firman-Nya yang artinya: “Agar dengannya Aku memberi peringatan kepadamu dan siapa saja yang al-Qur’an ini sampai kepadanya” (QS. Al-An’aam: 19).

Baca Juga:  Surah Ibrahim Ayat 10-12; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Jadi, al-Qur’an ini adalah penjelasan untuk semua makhluk dari manusia dan jin: وَلِيُنْذَرُوا بِهِ (Supaya mereka diberi peringatan dengannya) agar mereka mengambil pelajaran darinya

وَلِيَعْلَمُوا أَنَّمَا هُوَ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ (Dan supaya mereka mengetahui bahwa Allah adalah Ilah yang Mahaesa) Maksudnya, menjadikan apa yang ada di dalamnya sebagai dalil dan bukti yang menunjukkan bahwa tidak ada Ilah yang haq selain Allah.

وَلِيَذَّكَّرَ أُولُو الْأَلْبَابِ (Dan agar orang-orang yang berakal mengambil pelajaran) maksudnya, orang-orang yang mempunyai akal (الْأَلْبَابِ artinya akal). Inilah akhir dari tafsir surat Ibrahim. Dan segala puji hanyalah milik Allah, Rabb semesta alam.

Tafsir Quraish Shihab: Al-Qur’ân ini adalah penyampai pesan dan ancaman bagi manusia dari siksa Allah agar mereka tahu bahwa apabila mereka takut dan berpikir, niscaya mereka akan mengetahui bahwa Dia adalah satu-satunya Tuhan.

Baca Juga:  Surah Ibrahim Ayat 27; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Selain itu, juga agar orang-orang yang menggunakan pikirannya mengingat-ingat kebesaran Tuhan mereka, hingga mengetahui hal-hal yang bisa membawa mereka kepada kehancuran.

Shadaqallahul ‘adzhim. Alhamdulillah, kita telah pelajari bersama kandungan Surah Ibrahim Ayat 52 berdasarkan Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Quraish Shihab. Semoga menambah khazanah ilmu Al-Qur’an kita.

M Resky S