Surah Yunus Ayat 37-40; Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an

Surah Yunus Ayat 37-40

Pecihitam.org – Kandungan Surah Yunus Ayat 37-40 ini merupakan penjelasan tentang kemukjizatan al-Qur’an, bahwa sesungguhnya manusia tidak akan ada yang mampu mendatangkan ayat-ayat yang serupa dengannya, bahkan dengan hanya satu surat pun.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an Surah Yunus Ayat 37-40

Surah Yunus Ayat 37
وَمَا كَانَ هَٰذَا الْقُرْآنُ أَنْ يُفْتَرَىٰ مِنْ دُونِ اللَّهِ وَلَٰكِنْ تَصْدِيقَ الَّذِي بَيْنَ يَدَيْهِ وَتَفْصِيلَ الْكِتَابِ لَا رَيْبَ فِيهِ مِنْ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Terjemahan: Tidaklah mungkin Al Quran ini dibuat oleh selain Allah; akan tetapi (Al Quran itu) membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya dan menjelaskan hukum-hukum yang telah ditetapkannya, tidak ada keraguan di dalamnya, (diturunkan) dari Tuhan semesta alam.

Tafsir Jalalain: وَمَا كَانَ هَٰذَا الْقُرْآنُ أَنْ يُفْتَرَىٰ (Tidaklah mungkin Alquran ini dibuat) artinya dibuat-buat مِنْ دُونِ اللَّهِ (oleh selain Allah) hanya Dialah yang membuatnya bukan selainnya وَلَٰكِنْ (akan tetapi) Alquran itu diturunkan

تَصْدِيقَ الَّذِي بَيْنَ يَدَيْهِ (membenarkan apa-apa yang sebelumnya) yaitu berupa kitab-kitab sebelumnya وَتَفْصِيلَ الْكِتَابِ (dan menjelaskan hukum-hukum yang telah ditetapkan-Nya) artinya Alquran itu menjelaskan hukum-hukum yang telah ditentukan oleh Allah dan masalah-masalah lainnya

لَا رَيْبَ (tidak ada keraguan) tidak ada syakwasangka lagi فِيهِ مِنْ رَبِّ الْعَالَمِينَ (di dalamnya, diturunkan dari Rabb semesta alam) lafal مِنْ رَبِّ الْعَالَمِينَ berkaitan dengan lafal تَصْدِيقَ, atau berkaitan dengan lafal unzila yang tidak disebutkan. Lafal تَصْدِيقَ dan lafal tafshiilan dapat pula dibaca rafa’ sehingga menjadi tashdiiqun dan tafshiilun akan tetapi berdasarkan perkiraan adanya lafal huwa sebelumnya.

Tafsir Quraish Shihab: Tidak akan ada satu hal pun dalam al-Qur’an ini yang memungkinkan untuk dibuat-buat oleh seseorang, karena al-Qur’an–dengan kemukjizatan, petunjuk dan kecermatannya–tidak mungkin dihasilkan oleh selain Allah.

Baca Juga:  Surah At-Taubah Ayat 102; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Al-Qur’an ini tidak lain adalah penegas atas kebenaran yang terkandung di dalam kitab-kitab samawi yang telah diturunkan sebelumnya.

Al-Qur’an juga merupakan penjelas bagi fakta-fakta dan syariat-syariat yang telah ditulis dan ditetapkan. Tidak ada keraguan bahwa al-Qur’an diturunkan dari sisi Allah. Dan al-Qur’an adalah mukjizat yang tidak ada seorang pun yang mampu membuat sesuatu yang semisal dengannya.

Surah Yunus Ayat 38
أَمْ يَقُولُونَ افْتَرَاهُ ۖ قُلْ فَأْتُوا بِسُورَةٍ مِثْلِهِ وَادْعُوا مَنِ اسْتَطَعْتُمْ مِنْ دُونِ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ

Terjemahan: Atau (patutkah) mereka mengatakan “Muhammad membuat-buatnya”. Katakanlah: “(Kalau benar yang kamu katakan itu), maka cobalah datangkan sebuah surat seumpamanya dan panggillah siapa-siapa yang dapat kamu panggil (untuk membuatnya) selain Allah, jika kamu orang yang benar”.

Tafsir Jalalain: أَمْ (Atau) patutkah يَقُولُونَ افْتَرَاهُ (mereka mengatakan, “Muhammad membuat-buatnya.”) yakni Nabi Muhammad saw. telah membuatnya sendiri.

قُلْ فَأْتُوا بِسُورَةٍ مِثْلِهِ (Katakanlah, “Kalau benar yang kalian katakan itu, maka cobalah datangkan sebuah surah seumpamanya) dalam hal kefasihan dan keparamasastraannya yang kalian buat sendiri, bukankah kalian itu adalah orang-orang Arab yang fasih dalam berbahasa sama denganku

وَادْعُوا (dan panggillah) untuk membantu dalam hal ini مَنِ اسْتَطَعْتُمْ مِنْ دُونِ اللَّهِ (siapa-siapa yang dapat kalian panggil selain Allah) selain daripada Allah إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ (jika kalian orang-orang yang benar”) bahwasanya Alquran itu adalah buatan belaka, niscaya kalian tidak akan mampu melakukannya.

Tafsir Quraish Shihab: Akan tetapi, orang-orang musyrik itu berkata, “Muhammad telah membuat-buat al-Qur’an dari dirinya sendiri!” Katakanlah kepada mereka, wahai Rasul;

“Jika al-Qur’an ini adalah hasil karya manusia, maka datangkanlah satu surat yang semisal dengannya. Mintalah pertolongan kepada orang-orang selain Allah yang kalian kehendaki, jika kalian memang benar menganggap al-Qur’an adalah hasil karyaku.”

Baca Juga:  Surah Al-Qashash Ayat 43; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Surah Yunus Ayat 39
بَلْ كَذَّبُوا بِمَا لَمْ يُحِيطُوا بِعِلْمِهِ وَلَمَّا يَأْتِهِمْ تَأْوِيلُهُ ۚ كَذَٰلِكَ كَذَّبَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ ۖ فَانْظُرْ كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الظَّالِمِينَ

Terjemahan: Bahkan yang sebenarnya, mereka mendustakan apa yang mereka belum mengetahuinya dengan sempurna padahal belum datang kepada mereka penjelasannya. Demikianlah orang-orang yang sebelum mereka telah mendustakan (rasul). Maka perhatikanlah bagaimana akibat orang-orang yang zalim itu.

Tafsir Jalalain: بَلْ كَذَّبُوا بِمَا لَمْ يُحِيطُوا بِعِلْمِهِ (Yang sebenarnya, mereka mendustakan apa yang mereka belum mengetahuinya dengan sempurna) subjek yang dimaksud adalah Alquran; mereka sama sekali tidak mau memikirkan tentangnya

وَلَمَّا (dan belum pernah) tidak pernah يَأْتِهِمْ تَأْوِيلُهُ (datang kepada mereka penjelasannya) akibat dari apa yang terkandung di dalamnya, yaitu berupa ancaman. كَذَٰلِكَ (Demikianlah) yakni kedustaan itu كَذَّبَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ (orang-orang yang sebelum mereka telah mendustakan) rasul-rasul mereka

فَانْظُرْ كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الظَّالِمِينَ (Maka perhatikanlah bagaimana akibat orang-orang yang zalim itu) yaitu mereka yang mendustakan para rasul, makna yang dimaksud ialah kebinasaan yang telah menimpa mereka, demikian pula Kami akan membinasakan mereka yang mendustakannya.

Tafsir Quraish Shihab: Namun, orang-orang musyrik itu segera mendustakan al-Qur’ân tanpa merenungi dan mengetahui apa yang ada di dalamnya. Padahal mereka belum mengkajinya secara langsung dan belum meminta penjelasan dan keterangan hukum-hukumnya kepada selain diri mereka.

Dengan cara seperti inilah–mendustakan al-Qur’ân tanpa mengkaji terlebih dahulu–orang-orang kafir terdahulu mendustakan rasul-rasul dan kitab-kitab suci mereka.

Maka lihatlah, wahai manusia, akibat dari keadaan orang-orang terdahulu yang mendustakan, yaitu berupa kehinaan dan kebinasaan dengan azab. Inilah ketentuan Allah atas orang-orang yang seperti mereka.

Baca Juga:  Surah Yunus Ayat 13-14; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Surah Yunus Ayat 40
وَمِنْهُمْ مَنْ يُؤْمِنُ بِهِ وَمِنْهُمْ مَنْ لَا يُؤْمِنُ بِهِ ۚ وَرَبُّكَ أَعْلَمُ بِالْمُفْسِدِينَ

Terjemahan: Di antara mereka ada orang-orang yang beriman kepada Al Quran, dan di antaranya ada (pula) orang-orang yang tidak beriman kepadanya. Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan.

Tafsir Jalalain: وَمِنْهُمْ (Di antara mereka) penduduk Mekah مَنْ يُؤْمِنُ بِهِ (ada arang-orang yang beriman kepada Alquran) hal ini diketahui oleh Allah وَمِنْهُمْ مَنْ لَا يُؤْمِنُ بِهِ (dan di antara mereka ada pula orang-orang yang tidak beriman kepadanya) untuk selama-lamanya.

وَرَبُّكَ أَعْلَمُ بِالْمُفْسِدِينَ (Rabbmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan) hal ini merupakan ancaman yang ditujukan kepada mereka yang tidak beriman kepadanya,

Tafsir Quraish Shihab: Di antara orang-orang yang mendustakan itu terdapat orang yang akan percaya kepada al-Qur’ân setelah mengetahui apa yang ada di dalamnya dan memperhatikan makna-maknanya.

Selain itu, di antara mereka juga terdapat kelompok yang tidak percaya kepadanya dan tidak berubah dari kesesatannya. Allah swt lebih mengetahui orang-orang yang berdusta dan berbuat kerusakan. Dia akan membalas mereka atas apa yang mereka lakukan.

Alhamdulillah, kita telah pelajari bersama kandungan Surah Yunus Ayat 37-40 berdasarkan Tafsir Jalalain dan Tafsir Quraish Shihab. Semoga khazanah ilmu Al-Qur’an kita semakin bertambah.

M Resky S