Doa Memohon Rezeki Berlimpah dan juga Berkah

doa memohon rezeki berlimpah

Pecihitam.org – Sebagai manusia yang beriman kita diwajibkan untuk berikhtiar (berusaha) dan juga berdoa. Dalam berikhtiar mencari rezeki manusia diberi kebebasan dan keleluasaan dalam mencarinya.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Sebagaimana qaidah, “Usaha tanpa doa itu tercela, namun doa tanpa usaha adalah sia-sia”. Sehingga agar ikhtiar kita tidak termasuk hal yang tercela dan juga sombong maka kita diwajibkan untuk berdoa supaya menjadikan rezeki berkah.

Dalam kehidupan nyata, manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan antara satu sama lain. Namun di sisi lain manusia juga makhluk spiritual yang membutuhkan kekuatan doa serta keyakinan dalam menghadapi setiap masalah kehidupan. Karena bagaimanapun manusia hanyalah sebatas berusaha sedangkan hasilnya adalah kehendak Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Banyak hal yang tidak semua bisa di diselesaikan hanya dengan kekuatan manusia saja, namun juga harus melalui pendekatan kepada Tuhan yang disebut dengan doa. Karena hanya dengan pertolongan dan rahmat Allah yang bisa memenuhi segala sesuatu dan mewujudkan setiap jalan keluar yang kita cari.

Baca Juga:  Doa Setelah Shalat Hajat yang Diajarkan oleh Rasulullah SAW

Firman Allah Quran surat al-A’raf ayat 156 menyebutkan:

وَرَحْمَتِي وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ ۚ فَسَأَكْتُبُهَا لِلَّذِينَ يَتَّقُونَ وَيُؤْتُونَ الزَّكَاةَ وَالَّذِينَ هُمْ بِآيَاتِنَا يُؤْمِنُونَ

“Dan rahmat-Ku meliputi segala sesuatu. Maka akan Aku tetapkan rahmat-Ku untuk orang-orang yang bertakwa, yang menunaikan zakat dan orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami.”

Ayat ini menunjukkan bahwasanya rahmat dan pertolongan Allah dapat berwujud apa saja, itulah mengapa kita wajibkan untuk berdoa memohon kepada Allah selayaknya seorang hamba yang lemah.

Manusia memang bekerja untuk mencari rezeki namun sebuah rezeki itu berkah atau tidak, hanya Allah lah yang menentukannya. Oleh karena itu agar rezeki yang kita peroleh dari bekerja itu ada rezeki yang berkah, maka setiap kita berangkat bekerja sebaiknya dan juga dianjurkan untuk membaca doa.

Dalam Alquran Allah berfirman:

مَا يَفْتَحِ اللَّهُ لِلنَّاسِ مِنْ رَحْمَةٍ فَلَا مُمْسِكَ لَهَا وَمَا يُمْسِكْ فَلَا مُرْسِلَ لَهُ مِنْ بَعْدِهِ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

Baca Juga:  Insya Allah Mujarab! Inilah Doa ketika Menjenguk Orang Sakit yang Diajarkan Nabi

“Apa saja yang Allah anugerahkan kepada manusia berupa rahmat maka tidak ada seorang pun yang dapat menahannya: dan apa saja yang ditahan oleh Allah maka tidak seorang pun yang sanggup melepaskannya sesudah itu. Dan Dialah yang maha perkasa lagi maha bijaksana”.

Dengan rahmatnya ternyata Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah mengajarkan doa kepada hamba-Nya untuk dibaca dan diamalkan. Berikut adalah doa untuk memohon rezeki berlimpah dan berkah.

Doa ini termasuk dalam surat al-Maidah ayat 114 sebagimana berikut;

اللَّهُمَّ رَبَّنَا أَنْزِلْ عَلَيْنَا مَائِدَةً مِنَ السَّمَاءِ تَكُونُ لَنَا عِيدًا لِأَوَّلِنَا وَآخِرِنَا وَآيَةً مِنْكَ ۖ وَارْزُقْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

Rabbana anzil ‘alaina ma`idatam minas-samā`i takụnu lana ‘idal li`awwalina wa akhirina wa ayatam mingka warzuqna wa anta khairur-raziqin

“Ya Tuhan kami turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; beri rezekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezeki yang paling utama.”

Demikian doa memohon rezeki yang berlimpah dan berkah, semoga ikhtiar atau usaha kita dalam mencari rezeki tidaklah sia-sia. Dan semoga setiap rezeki yang kita dapatkan dari Allah SWT termasuk rezeki yang halal dan berkah. Wallahua’lam bisshowab.

Baca Juga:  Wajib Baca! Inilah Cara Allah Menjawab Doa Hamba-Nya
Arif Rahman Hakim
Sarung Batik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *