Surah Yusuf Ayat 13-14; Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an

Surah Yusuf Ayat 13-14

Pecihitam.org – Kandungan Surah Yusuf Ayat 13-14 ini masih melanjutkan kisah Nabi Yusuf bersama saudara-saudaranya. Yusuf ketika itu telah tumbuh sebagai seorang remaja yang sudah seharusnya sedikit demi sedikit, belajar berdiri di atas kaki sendiri, dan menjadi seorang yang mandiri. Melihat itu semua maka akhirnya Nabi Ya’qub as mengijinkan anaknya itu pergi ke padang pasir bersama saudara-saudaranya.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an Surah Yusuf Ayat 13-14

Surah Yusuf Ayat 13
قَالَ إِنِّي لَيَحْزُنُنِي أَنْ تَذْهَبُوا بِهِ وَأَخَافُ أَنْ يَأْكُلَهُ الذِّئْبُ وَأَنْتُمْ عَنْهُ غَافِلُونَ

Terjemahan: Berkata Ya’qub: “Sesungguhnya kepergian kamu bersama Yusuf amat menyedihkanku dan aku khawatir kalau-kalau dia dimakan serigala, sedang kamu lengah dari padanya”.

Tafsir Jalalain: قَالَ إِنِّي لَيَحْزُنُنِي أَنْ تَذْهَبُوا (Berkata Yakub, “Sesungguhnya amat menyedihkan aku kepergian kalian) bila kalian pergi بِهِ (bersama Yusuf) karena merasa berat berpisah dengannya

وَأَخَافُ أَنْ يَأْكُلَهُ الذِّئْبُ (dan aku khawatir kalau-kalau dia dimakan serigala) makna yang dimaksud adalah jenis, yaitu mencakup semua binatang buas. Tersebutlah bahwa daerah tempat tinggal mereka terkenal banyak hewan buasnya وَأَنْتُمْ عَنْهُ غَافِلُونَ (sedangkan kalian lengah daripadanya.”) lalai daripadanya.

Baca Juga:  Surah An-Nur Ayat 62; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Tafsir Ibnu Katsir: Allah memberitahukan tentang Nabi Ya’qub, bahwa tatkala memenuhi permintaan anak-anaknya agar mengizinkan Yusuf pergi bersama mereka untuk menggembala di padang pasir, dia berkata: إِنِّي لَيَحْزُنُنِي أَنْ تَذْهَبُوا بِهِ (Sebenarnya kepergian kalian dengan Yusuf amat menyedihkanku)

Yakni, berat rasanya bagiku untuk berpisah dengannya selama dia pergi bersama kalian sampai ia kembali lagi ke rumah karena amat cintanya kepada Yusuf, disebabkan karena ia memiliki pertanda kebaikan yang besar, sifat-sifat kenabian, kesempurnaan akhlak, dan bentuk jasmani. Semoga shalawat dan salam dilimpahkan atasnya.

Sedangkan firman-Nya: وَأَخَافُ أَنْ يَأْكُلَهُ الذِّئْبُ وَأَنْتُمْ عَنْهُ غَافِلُونَ (Aku khawatir kalau-kalau dia dimakan serigala, sedang kalian lengah daripadanya) Maksudnya, aku khawatir kalian lengah darinya karena asyik dengan memanah dan gembalaan kalian, lalu tiba-tiba datang serigala dan memakannya, sedang kalian tidak mengetahuinya.

Tafsir Quraish Shihab: Ayah mereka berkata, “Aku sungguh merasa sedih melepas kalian pergi jauh dariku. Aku khawatir, jika aku percayakan ia kepada kalian, ia akan dimakan serigala, sementara kalian lengah.”

Baca Juga:  Surah Yusuf Ayat 110; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Surah Yusuf Ayat 14
قَالُوا لَئِنْ أَكَلَهُ الذِّئْبُ وَنَحْنُ عُصْبَةٌ إِنَّا إِذًا لَخَاسِرُونَ

Terjemahan: Mereka berkata: “Jika ia benar-benar dimakan serigala, sedang kami golongan (yang kuat), sesungguhnya kami kalau demikian adalah orang-orang yang merugi”.

Tafsir Jalalain: قَالُوا لَئِنْ (Mereka berkata, “Jika benar-benar) lam di sini bermakna qasam atau sumpah أَكَلَهُ الذِّئْبُ وَنَحْنُ عُصْبَةٌ (ia dimakan oleh serigala sedangkan kami adalah golongan yang kuat) kelompok yang kuat

إِنَّا إِذًا لَخَاسِرُونَ (sesungguhnya kami kalau demikian adalah orang-orang yang merugi.”) orang-orang yang tidak mampu membela diri. Kemudian setelah itu Nabi Yakub mengizinkan kepergian mereka membawa Nabi Yusuf.

Tafsir Ibnu Katsir: Ternyata, mereka kelak menjadikan kata-kata ayah mereka itu sebagai alasan bagi perbuatan mereka. Dan mereka menjawab kekhawatiran ayah mereka pada saat itu:

لَئِنْ أَكَلَهُ الذِّئْبُ وَنَحْنُ عُصْبَةٌ إِنَّا إِذًا لَخَاسِرُونَ (Kalau ia dimakan serigala, sedang kami ini satu kelompok yang kuat, sesungguhnya kami, dengan demiklan adalah termasuk orang-orang yang merugi).

Maksudnya, kalau ada serigala yang menyerang dan memakan salah seorang di antara kami, sedang kami kelompok yang banyak, dengan demikian pasti kami ini orang-orang yang lemah, tidak mampu menghadapinya.

Baca Juga:  Surah Yusuf Ayat 16-18; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Tafsir Quraish Shihab: Mereka berkata, “Kami bersumpah kepadamu, kalau ia sampai dimakan serigala, sementara kami orang-orang yang kuat, maka itu merupakan suatu keaiban dan kerugian.

Kalau kekhawatiranmu itu terjadi, sungguh kami telah kehilangan sesuatu yang harus dijaga dan tidak boleh dilalaikan. Percayalah, kami tidak akan lengah menjaganya. Sebab, kalau kami lalai, berarti kami telah merugikan dan menghinakan diri kami sendiri.”

Shadaqallahul ‘adzhim. Alhamdulillah, telah kita pelajari bersama kandungan Surah Yusuf Ayat 13-14 berdasarkan Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Quraish Shihab. Semoga Allah merahmati dan mengasihi kita semua. Amin

M Resky S