Surat Al Fatihah, Induk dari Keseluruhan Isi dalam Kitab Suci Al-Quran

Surat Al Fatihah

Pecihitam.org Dari 114 surat yang terdapat dalam Al-Quran, kita tentu sepakat bahwa Surat Al Fatihah yang paling akrab dengan kita. Surah pembuka yang minmal dibaca 17 kali dalam sehari ini merupakan Ummul Qur’an. Disebut demikian, karena makna yang terdapat dalam surah berjumlah tujuh ayat ini menghimpun inti dari keseuhan isi kandungan Al-Quran.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Nama Lain Surat Al Fatihah

Al-Fatihah adalah surah pertama dalam al-Qur’an. Surah ini diturunkan di Mekah dan terdiri dari 7 ayat. Al-Fatihah merupakan surah yang pertama diturunkan dengan lengkap di antara surah-surah yang ada dalam Al-Qur’an.

Surah ini disebut Al-Fatihah (Pembukaan), karena dengan surah inilah dibuka dan dimulainya Al-Quran. Dinamakan Ummul Qur’an (أمّ القرءان; induk al-Quran) atau Ummul Kitab (أمّ الكتاب; induk Al-Kitab) karena dia merupakan induk dari semua isi Al-Quran. Dinamakan pula As Sab’ul matsaany (السبع المثاني; tujuh yang berulang-ulang) karena jumlah ayatnya yang tujuh dan dibaca berulang-ulang dalam shalat.

Kandungan Surat Al Fatihah

Seperti diterangkan di awal, Surat Al Fatihah disebut juga dengan Ummul Quran. Hal ini karena isi kandungan surat pembuka ini menjadi representasi dari keseluruahn isi Al-Quran, yakni tentang aqidah, ibadah dan metode hidup (manhajul hayah).

وهي على قصرها حوت معاني القرآن العظيم واشتملت مقاصده الأساسية بالاجمال فهي تتناول أصول الدين وفروعه، العقيدة، العبادة، التشريع، الاعتقاد باليوم الآخر والايمان بصفات الله الحسنى وافراده بالعبادة والاستعانة والدعاء والتوجه اليه جلّ وعلا بطلب الهداية الى الدين الحق والصراط المستقيم

Baca Juga:  Inilah 7 Huruf yang Tidak Ada dalam Surat Al-Fatihah, Lalu Apa Hikmahnya?

Surat Al-Fatihah walaupun pendek tetapi menghimpun semua makna Al Quran yang agung dan mengandung maksud dasar secara global, yaitu memperoleh pokok-pokok agama dan cabangnya, aqidah, ibadah, syariat.

Keyakinan pada hari akhir, iman dengan sifat-sifat Allah yang bagus, mengesakan Allah dalam ibadah, memohon pertolongan pada-Nya, berdoa, menghadap pada-Nya yang Maha Agung dan Maha Tinggi dengan meminta petunjuk pada agama yang haq dan jalan yang lurus.

والقرآن نص على : العقيدة والعبادة ومنهج الحياة. والقرآن يدعو للاعتقاد بالله ثم عبادته ثم حدد المنهج في الحياة وهذه نفسها محاور سورة الفاتحة

Al-Qur’an merupakan nash akidah, ibadah dan metode hidup. Al-Quran mengajak pada keyakinan pada Allah, kemudian beribadah kepada-Nya dan memberikan ketentuan metode dalam hidup. Semua substansi ini terhimpun dalam SuratAl-Fatihah.

العقيدة: الحمد لله رب العالمين، الرحمن الرحيم، مالك يوم الدين. العبادة: إياك نعبد وإياك نستعين
مناهج الحياة: إهدنا الصراط المستقيم، صراط الذين أنعمت عليهم، غير المغضوب عليهم ولا الضآلين

Nash akidahnya adalah:

الحمد لله رب العالمين، الرحمن الرحيم، مالك يوم الدين

Nash ibadahnya adalah

إياك نعبد وإياك نستعين

Nash metode hidupnya adalah

إهدنا الصراط المستقيم، صراط الذين أنعمت عليهم، غير المغضوب عليهم ولا الضآلين

Khasiat Surat Al Fatihah

Sebagai intisari dari Al-Quran, Surat Al Fatihah mempunyai beberapa khasiat bagi pembacanya. Di sini, saya sebutkan 4 diantaranya:

1. Memperoleh Hikmah

Keutamaan membaca surat al-fatihah yang pertama adalah barang siapa membaca surat Al-Fatihah dalam kondisi berwudhu sebanyak 70 kali setiap hari selama tujuh hari lalu ditiupkan pada air yang suci lalu diminum maka ia akan memperoleh ilmu dan hikmah serta hatinya dibersihkan dari pikiran rusak.

Baca Juga:  Surah Al-Isra Ayat 39; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

2. Hajat Terkabul

Faedah surat al fatihah yang kedua adalah keinginan atau hajat-hajat kita akan terpenuhi atau menjadi kenyataan, dengan catatan sebagai berikut :

a. Siapa berhajat (berkeinginan sesuatu) kepada Allah SWT, maka bacalah surat Al-Fatihah sebanyak 41 kali di antara Shalat Subuh dan Shalat Fardhu Subuh selama 40 hari (tidak lebih) kemudian memohon kepada Allah SWT, maka Insya Allah akan dipenuhi kebutuhan hidupnya.

b. Siapa membaca Fatihah beserta Bismillah diantara Shalat Subuh dan Fardhu Subuh dengan Istiqamah ( terus menerus rutin ), maka jika ia inginkan pangkat terkabullah ia dan kalau ia fakir maka akan kaya dan jika ia ada hutang maka akan mampu membayarnya dan kalau ia sakit maka akan sembuh dan kalau ia punya anak maka anaknya itu menjadi anak yang soleh, berkat surat Al-Fatihah.

3. Kebutuhan Terpenuhi

Khasiat Surat Al Fatihah yang selanjutnya adalah barang siapa mengamalkan bacaan Al-Fatihah sebanyak 20kali setiap selesai shalat fardhu lima waktu, maka Allah SWT luaskan rezekinya, baiki akhlaknya, mudahkan urusannya, hilangkan kesusahannya, anugerahkan apa yang diimpikan, dapat berbagai berkat dan kemuliaan, jadikan ia berwibawa, berpangkat luhur, penghidupan baik dan anak-anaknya pula terlindung dari kemudharatan dan kerusakan serta diberikan kebahagiaan dan sebagainya.

Siapa mengamalkan bacaan Al-Fatihah sebanyak 125 kali selesai shalat Subuh maka ia akan mendapatkan hajatnya dan menemukan apa yang dicarinya.

Sebaiknya ia diiringi dengan doa dan doa tidak harus menggunakan bahasa arab , meskipun sebaiknya/ lebih afdol pakai bahasa Arab namun menggunakan bahasa Indonesia juga tidak apa-apa karena Allah SWT Maha Mengetahui dan berikut doa yang dibacanya:

Baca Juga:  Bacalah Doa Ini Setelah Sholat Jumat, Rezeki Akan Datang Menghampiri!

“Ya Allah! Sesungguhnya daku mohon kepada-Mu dengan kebenaran Al-Fatihah dan rahasianya, agar dimudahkan bagiku semua urusanku, apakah urusan dunia atau urusan akirat, supaya dikabulkan permohonanku dan ditunaikan hajatku ……….. “

4. Rezeki Dimudahkan

Manfaat yang selanjutnya adalah siapa yang mengamalkan bacaan Al-Fatihah di waktu sahur (tengah malam) sebanyak 41 kali, maka Allah SWT membukakan pintu rezeki dan dimudahkan urusan tanpa kepayahan dan kesulitan.

Selesai bacaan Al-Fatihah sebaiknya berdoa:

Sesungguhnya daku mohon kepada-Mu dengan kebenaran surah Al-Fatihah dan rahasianya, agar Dikau bukakan bagiku pintu-pintu Rahmat-Mu, Karunia-Mu dan Rezeki-Mu. Dan Dikau mudahkan setiap urusanku, murahkanlah bagiku dari Rezeki-Mu yang banyak lagi berkat tanpa kekurangan dan tanpa susah payah; Sesungguhnya Dikau berkuasa pada setiap sesuatu. Daku mohon kepada-Mu dengan kebenaran surah Al-Fatihah dan rahasianya, kanulkanlah apa yang kuhajati ….. “

Membaca surat Al-Fatihah 7 kali, surat Al-Ikhlas 7 kali, surat Al-Falaq 7 kali dan surat An-Nas 7 kali setelah Shalat Jumat (sebelum mengubah posisi setelah memberi salam). Insya Allah diampuni dosa-dosanya, dilindungi dan selamat sampai hari Jumat akan datang serta dilimpahi rezeki yang tidak terhingga.

Demikianlah tulisan tentang Surat al Fatihah, baik tentang kandungan isi hingga khasiat bagi yang membacanya. Semoga bermanfaat. Amin. Wallahu a’lam bisshawab!

Faisol Abdurrahman