Ternyata Disinilah Letak Lokasi Makam Nabi Adam

lokasi makam nabi adam

Pecihitam.org – Sebelumnya pastinya sudah banyak yang tahu bahwa Adam as. merupakan Nabi pertama, bahkan manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT. Awal mulanya Nabi Adam bertempat di Surga. Karena ia melanggar ketentuan dari Allah akhirnya ia Hawa diturunkan ke bumi. Nabi Adam dan Hawa diturunkan ke bumi dengan lokasi yang berbeda, hingga akhirnya, setelah bertahun-tahun terpisah mereka berdua dipertemukan oleh Allah di sebuah tempat yang bernama Jabbal rahmah.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Dalam al Qur’an surat Al-Baqarah Allah telah mengfirmankan kejadian penurunan Nabi Adam bersama Istrinya:

اهْبِطُوا بَعْضُكُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ وَلَكُمْ فِي الْأَرْضِ مُسْتَقَرٌّ وَمَتَاعٌ إِلَىٰ حِينٍ

“Turunlah kalian! Sebagian kalian menjadi musuh bagi yang lain, dan bagi kalian ada tempat kediaman di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan”. (QS al-Baqarah: 36)

Hingga sekarang Jabal Rahmah masih tetap diziarahi oleh kaum muslimin yang melaksanakan ibadah haji. Sebelum wafat, Nabiyullah  Adam a.s telah berwasiat kepada anaknya yaitu Nabi Syits agar meneruskan kepemimpinannya. Hingga ahirnya Nabiyullah Adam wafat pada hari jum’at. Lalu dimanakah lokasi makam Nabi Adam?

Baca Juga:  Tujuh Nama Anak Rasulullah yang Harus Kita Ketahui, Siapa Sajakah Mereka?

Belum diketahui secara persis berapa usia Nabi Adam a.s dari sejak diciptakannya dari tanah sampai kembali dimakamkan di dalam tanah. Hanya saja para ulama berbeda pendapat terkait usia persisnya beliau. (Lihat kitab Al Bidayah wa an Nihayah 1/119)

Ada ulama yang berpendapat bahwa usia Nabi Adam 930 tahun ada juga yang berpendapat bahwa usia Nabi Adam 957 tahun. Bahkan ada yang berpendapat bahwa usia Nabi Adam adalah 1000 tahun. Ketika Nabi Adam akan menemui ajalnya para malaikat turun seraya membawa obat pengawet jenazah dan juga kain kafan yang diambil langsung dari surga.

Dan ketika Nabi Adam wafat dunia ini penuh dengan kegelapan karena terjadi gerhana matahari dan bulan selama tujuh hari tuhuh malam berturut-turut. Hingga akhirnya Nabi Adam wafat, ketika itu malaikat mencabut ruh Nabi Adam dan memberikan obat pengawet jenazah, memandikan, mengkafani, mensholati dan juga memakamkan beliau.

Baca Juga:  9 Adab Makan dan Minum Sesuai Sunnah Rasulullah

Sedangkan terkait dengan foto-foto dan lokasi makam Nabi Adam yang telah tersebar dimedia sosial dan sudah viral ternyata itu adalah hoax. Sebab menurut informasi lain makam yang terletak di Salsalah, Oman ternyata itu adalah makam Nabi Imron a.s.

Lokasi makam Nabi Adam belum pasti letaknya ada dimana, ada beberapa pendapat yaitu ada yang berpendapat di Al Quds, seperti yang dituturkan oleh Ibnu Asakir. Beliau berpendapat bahwa kepala Nabi Adam ada di masjid Ibrahim sementara kedua kakinya ada dilembah Baitul Maqdis.

Sementara ada juga yang berpendapat bahwa makam Nabi Adam berada di India. Ketika terjadi banjir bah pada zaman Nabi Nuh a.s, beliau membawa jenazah Nabi Adam a.s dan Sayyidah Hawa dalam sebuah kotak yang kemudian di makamkan kembali di lembah Baitul Maqdis.

Dalam kitab Al Bidayah wa an Nihayah 1/119 yang dikutip oleh Jihad Muhammad Hajjaj dalam Umur dan Silsilah Para Nabi Baitul Maqdis juga menjadi tempat suci dimana Nabi Muhammad SAW diangkat ke Sidratul Muntaha pada saat peristiwa Mi’rajnya yang sebelumnya melakukan isra’ dari Masjidil Haram.

Baca Juga:  Rafidhi dan Nashibi Saudara Kembar Sekte Islam yang Salah Jalan

Masijd Al Aqsa pun sebelumnya telah menjadi kiblat shalat bagi kaum muslimin hingga ahirnya dialihkan ke ka’bah di Masjidil Haram. Dalam buku Percikan Sains dalam Al Qur’an karya Bambang Pranggono yang menukil isi kitab Qashashul Anbiya bahwa makam Nabi Adam berada diantara Hebron dan Yerusalem.

Itulah beberapa pendapat ulama terkait lokasi makam Nabi Adam a.s. Semoga bermanfaat. Wallahua’lam bisshawab.

Lukman Hakim Hidayat

2 comments

  1. IMAM WAHYUDI Reply

    Tolong di terangkan juga hukumnya mengelilingkan kotak amal ketika khotib sholat jumat membacakan khutbahnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *