Selain Mabruk Alfa Mabruk, Inilah Pilihan Ucapan Selamat Ulang Tahun yang Islami

ucapan ulang tahun islami

Pecihitam.org Kita tentu tidak asing dengan kalimat Mabruk Alfa Mabruk. Karena ungkapan ini terdapat dalam salah satu lagu Habib Syech. Kalimat itu sementara ini dianggap sebagai ucapan selamat ulang tahun yang Islami.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Selain Mabruk Alfa Mabruk, ada juga Barakallahu Fi Umrik atau Athalallahu Umraka yang mana kesemuanya ini dianggap sebagai ucapan selamat ulang tahun yang Islami.

Dalam tulisan ini saya akan menyampaikan beberapa ucapan selamat tahun dalam bahasa Arab yang yang mungkin yang setidaknya dari segi lafadz tampak Islami, karena menggunakan bahasa Arab.

Namun sebelum itu, perlu dibahas juga tentang hukum mengucapkan selamat ulang tahun dalam Islam serta kebiasaan sahabat Nabi dalam memberikan tahniah atau ucapan selamat kepada sahabat lain yang yang sedang dalam kebaikan.

Hukum Mengucapkan Selamat Ulang Tahun

Jika kita baca literatur, memang tidak ada kejelasan dalil yang pasti dalam ajaran Islam mengenai perayaan dan ucapan selamat dalam acara ulang tahun, baik yang mengaharamkan atau memperbolehkan.

Namun, di kalangan para sahabat Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wasallam sudah biasa terjadi saling memberi ucapan selamat antara satu dengan yang lainnya, terlebih bila salah satu dari mereka menerima kenikmatan.

Berarti dengan berkaca pada lebiasaan sahabat tersebut, menurut sebatas pemahaman kami, hukum mengucapkan selamat ulang tahun adalah mubah.

Bahkan ada sebagian ulama ada yang mengatakan sunah selagi tidak disertai dengan adanya hal-hal yang munkar, seperti kumpul campur baur laki-laki dan perempuan.

Baca Juga:  Sedekah untuk Orang yang Sudah Meninggal, Apa Benar Pahalanya Bisa Sampai?

Menjadi sunnah, terlebih bila memang acara tersebut dilakukan sebagai manifestasi rasa syukur atas kurnia Allah atas berikannya usia yang panjang atau kenikmatan yang lainnya.

Para Sahabat Saling Mengucapkan Selamat

Di dalam kitab Fathul Bari, dijelaskan bahwa para Sahabat saling mengucapkan selamat kepada yang lain saat hari raya.

وَرَوَيْنَا فِي ” الْمَحامِلِيَّاتِ ” بِإِسْنَادٍ حَسَنٍ عَنْ جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ قَالَ ” كَانَ أَصْحَابُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا اِلْتَقَوْا يَوْمَ الْعِيدِ يَقُولُ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ : تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك

Kami meriwayatkan dalam al-Mahamiliyah dengan sanad yang hasan dari Jubair bin Nafir. Ia berkata: Para sahabat Nabi Saw jika berjumpa di hari raya, maka mereka saling mengucapkan “Semoga Allah menerima ibadah kami dan anda” (Fath al-Bari Juz III halaman 372)

Bahkan, di dalam Fathul Bari juga dijelaskan tentang kisah Ka’ab bin Malik. Ketika beliau mendengarkan sabda Rasulullah tentang diterimanya Taubat pada waktu subuh.

Beliau pun bergegas menghadap Rasulullah, dan di tengah perjalanan mereka disambut oleh para sahabat dengan ucapan “Selamat atas diterimanya taubatmu”

Di dalam hadis tersebut disyariatkan sujud Syukur, bergegas memberi  kabar baik, mengabarkan kepada orang tersebut dengan cara yang terbaik,  dan ucapan selamat kepada orang yang baru mendapatkan nikmat, serta  berdiri jika ia menyambut” (Fathul Bari Syarah Sahih al-Bukhari juz 8 halaman 124)

Ucapan Selamat Tahun Islami

Dalam Islam, ucapan semisal semoga Allah panjangkan umurm disebut dengan istilah Thalbaqah. Dan hukumnya adalah sunnah jika orang yang mendapat ucapan merupakan orang shalih.

Dan secara umum, apalagi ucapan selamat tahun bernuansa doa yang Islami hukumnya ada boleh.

Baca Juga:  Temuan Ilmiah Tentang Keajaiban Al Quran dalam DNA Manusia

Berikut beberapa doa ucapan Islami dengan berisikan doa kebaikan

Barakallah fi ‘Umrik

Kalau kita berada di lingkungan pesantren, telebih yang menerapkan bahasa Arab dalam kesehariannya, maka kalimat Barakallahu Fi Umrik
sering kita dengar.

Makna Barakallahu Fi Umrik

Dalam bahasa Arab, lafadz dari kalimat tersebut adalah sebagai berikut

براك الله في عمرك

Terjemahannya adalah “semoga Allah memberkahi umurmu“

Kalau ditelisik dari sisi terjemahannya, makna yang disajikan dari kalimat ini adalah agar seseorang yang berulang tahun diberkahi umurnya.

Karena pada dasarnya, selama hidup di dunia memang yang harusnya dimiliki adalah keberkahan. Tidak akan nikmat sebuah kehidupan bila tidak ada keberkahan di dalamnya.

Mabruk Alfa Mabruk

Inilah kalimat yang saya bahas di awal pengantar tadi. Lagu yang dipopulerkan oleh Habib Syech yang salah satu liriknya berbunyi Mabruk Alfa Mabruk menjadi kalimat yang mudah diucapkan bahkan anak kecil pun bisa melepaskannya dengan fasih.

Dan kalimat ini bisa menjadi alternatif ucapan selamat tahun yang Islami dibandingkan dengan ucapan Happy Birthday to You.

Makna Mabruk Alfa Mabruk

Sejarah bahasa, Mabruk Alfa Mabruk mempunyai makna diberkahi dengan seribu keberkahan. Adapun maksudnya adalah doa agar seseorang yang sedang merayakan ulang tahun diberikan dengan sebanyak-banyaknya keberkahan.

Oorang Arab biasa menyebutkan Alfa yang bermakna seribu untuk sesuatu yang banyak dan tidak terbatas. Maka Mabruk Alfa Mabruk, maksudnya semoga diberi keberkahan yang sebanyak-banyaknya.

Athalallahu Umraka

Ini kalimat ucapan selamat tahun Islami lainnya yang bisa kamu gunakan. Ucapan kalimat seperti ini biasa kita temui di Facebook, di mana seorang santri atau seorang murid mengucapkan selamat ulang tahun kepada Kyai atau gurunya dengan menggunakan lafadz Athalallahu Umraka ini.

Baca Juga:  Hukum Menonton Film Korea Menurut KH. Imam Jazuli

Makna Athalallahu Umraka

Secara makna, ungkapan doa selamat tahun ini sangat Islami. Dari segi lafadz saja Athalallahu Umraka bermakna Semoga Allah memanjangkan umurmu. Sangat jelas ungkapan doanya apalagi menyebutkan nama Allah.

Sebuah doa spesial di hari ulang tahun. Siapa yang tidak mau didoakan panjang umur? Pasti semuanya mau. Maka, jika nanti ada guru, teman, keluarga atau bahkan anak sedang merayakan ulang tahun, kalimat Athalallahu Umraka bisa menjadi pilihan ucapan.

Miladuka Sa’id

Pernah dengarkan istilah milad? Milad itu adalah semakna dengan maulid yang artinya hari kelahiran. Dan Miladuka Sa’id bisa menjadi ucapan selamat tahun yang sangat berkesan.

Makna Miladuka Sa’id

Jika Miladuka bermakna Hari Kelahiranmu, sedangkan Sa’id bermakna bahagia, maka arti dari ungkapan Miladuki Sa’id ini kurang lebih adalah “Semoga di hari kelahiranmu engkau merasakan penuh kebahagiaan.

Demikianlah empat ucapan selamat ulang tahun yang Islami yang bisa anda persembahkan kepada orang tercinta.

Jika dalam waktu dekat ada anggota keluarga anda tercinta, misalnya anak akan merayakan ulang tahun, maka ucapan-ucapan diatas dari sekarang bisa dikemas atau ditulis sedemikian menarik untuk membahagiakan buah hati anda di hari kelahirannya.

Terpenting, dalam merayakan ulang tahun, ada beberapa batasan yang tidak boleh dilanggar agar perayaan ulang tahun yang merupakan syukuran atas kelahiran tidak malah mendatangkan murka Allah, melainkan mendatangkan nikmat-nikmat dan karunia yang lebih indah dari Allah. Selamat bahagia.

Faisol Abdurrahman