6 Peristiwa Penting Dalam Bulan Safar

6 Peristiwa Penting Dalam Bulan Safar

PeciHitam.org – Sebenarnya setiap bulan, selalu ada peristiwa penting dalam perjalanan umat Islam. Berhubungan sekarang sudah memasuki bulan Safar. Alangkah baiknya kita mengetahui peristiwa penting dalam bulan Safar.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Seperti yang telah disampaikan dalam pengantar, setiap bulan Qamariyyah memiliki peristiwa penting yang terjadi di dalamnya. Entah terjadi pada masa Rasululah, empat khalifah pasca-beliau, maupun setelahnya masa khulafaur rasyidin tersebut. Ketetapan jumlah bulan pun sebenarnya telah ditetapkan oleh Allah SWT. dalam Al-Qur`an. Tepatnya pada Surat At-Taubah ayat 36:

 إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ 

 Artinya: “Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah ketika Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram (suci). Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu.” (QS At-Taubah: 36)

Baca Juga:  Pembaharuan Hukum Islam dalam Kacamata Ibnu Rusyd

Lantas kenapa bulan kedua dalam bulan hijriah itu dinamakan “safar”? Ibnu Mandzur dalam Lisânul ‘Arab menyatakan:

لِإِصْفَارِ مَكَّةَ مِنْ أَهْلِهَا إِذَا سَافَرُوا

 “Karena kosongnya Makkah dari penduduknya apabila mereka bepergian.” (Ibnu Mandzur, Lisânul ‘Arab, Dar el-Shâdir, Beirut, juz 4, halaman 460)

Adapun dalam kitab Mandzumah Syarh al-Atsar fî mâ Warada ‘an Syahri Safar (hal 9), Habib Abu Bakar al-‘Adni menyebutkan Rasulullah melakukan tradisi-tradisi yang baik di bulan ini guna menggugurkan anggapan negatif orang-orang kafir pada masa jahiliah. Di antara peristiwa penting dalam bulan Safar yaitu:

1. Pernikahan Rasulullah dengan Khadijah

 مُبْتَدِئًا زَوَاجَهُ مِنْ أُمِّنَا # خَدِيْجَةَ الْكُبْرَى بِأَيَّامِ صَفَرْ

وَكَانَ هَذَا قَبْلَ وَحْيِ رَبِّنَا…

 “Dimulai dengan pernikahan beliau dengan Sayyidah Khadijah al-Kubra di hari-hari bulan Safar, dan pernikahan itu berlangsung sebelum datang wahyu dari Allah (sebelum masa kenabian).”

2. Rasulullah menikahkan Sayyidah Siti Fatimah dengan Ali bin Abi Thalib pada bulan ini (Safar)

وَزَوَّجَ الزَّهْرَاءَ فِيْهِ فَرِحَا …

 “Rasulullah menikahkan az-Zahra (Siti Fatimah) di bulan Safar dengan senang…”

Baca Juga:  Keutamaan Shalawat Ibrahimiyah, Salah Satunya Mendapat Syafaat di Akhirat

3. Hijrahnya Rasulullah dari Mekah ke Madinah juga terjadi di bulan ini.

 وَهِجْرَةُ الرَّسُوْلِ فِيْمَا ذَكَرُوا # بِآخِرِ الْأَيَّامِ فِي غَارِ الْحَجَرْ

 “Hijrahnya Rasulullah pada akhir bulan Safar di goa al-Hajar sebagaimana para ulama sebutkan.”

4. Perang pertama dalam Islam, yaitu perang Abwa

 وَغَزْوَةُ الْأَبْوَاءِ فِيْهِ صَدَرَتْ …

 “Perang Abwa di bulan Safar yang terjadi di permulaan (awal bulan safar, red.).”

Adapun peristiwa-peristiwa penting lain yang tidak disebutkan oleh Habib Abu Bakar al-‘Adni, di antaranya:

5. Penaklukan Khaibar pada tahun ketujuh Hijriah terjadi di bulan Safar.

6. Rasulullah mengutus Usamah bin Zaid kepada pimpinan prajurit Rum tahun 11 Hijriah, itu terjadi beberapa hari pra-wafatnya Rasulullah

Alangkah baiknya kita sebagai umat Islam kita mengetahui peristiwa-peristiwa penting yang pernah terjadi. Syukur dapat membuka kembali kitab-kitab sejarah tentang Islam, supaya kita dapat mengambil pelajaran dari orang-orang terbaik sebelum kita.

Perlu diketahui bahwa Rasulullah dalam bulan Safar beberapa kali melaksanakan pernikahan dimana pernikahan memiliki makna sakral dan suci dalam pelaksanaannya. Jadi, untuk beberapa orang yang mau menikah tetapi diurungkan karena bulan Safar, harap mengetahui peristiwa-peristiwa ditas supaya mengerti bahwa tidak ada bulan sial dalam Islam dan dibulan apapun selalu dipenuhi keberkahan dalam membangun sebuah rumah tangga. Semoga artikel ini bermanfaat. Amiin yaa rabbal alamiin.

Baca Juga:  Berdzikir Menggunakan Tasbih, Bagaimanakah Hukumnya?
Mohammad Mufid Muwaffaq

Leave a Reply

Your email address will not be published.