Apa Saja Tugas-Tugas Malaikat Allah SWT

Apa Saja Tugas-Tugas Malaikat Allah SWT

Pecihitam.org – Rukun iman dalam agama Islam ada 6. Rukun iman yang kedua adalah beriman kepada para malaikat. Jika kita adalah seorang muslim, maka kita harus percaya akan adanya malaikat. Allah SWT menciptakan malaikat yang mempunyai tugas masing-masing. Malaikat-malaikat ini memang tak bisa kita lihat secara kasat mata, karena mereka ini termasuk makhluk yang gaib. Walaupun begitu, kita semua tetap wajib mengimaninya. Lantas siapa saja nama malaikat tersebut, dan apa saja tugas-tugas malaikat Allah SWT.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Malaikat diciptakan oleh Allah dari nur atau cahaya. Inilah mengapa manusia tak bisa melihatnya dengan mata telanjang. Akan tetapi, ada beberapa orang yang bisa melihat malaikat atas seizin Allah SWT, orang-orang tersebut adalah pilihan Allah SWT. Contohnya adalah nabi dan rasul zaman dulu. Selain itu, para malaikat ini selalu patuh kepada Allah dan tak pernah mengingkari-Nya. Sehingga, mereka tak pernah berbuat dosa.

Sebenarnya banyak sekali jumlah malaikat itu, dan yang pasti mengetahui hanyalah Allah SWT. Adapun yang wajib kita yakini ada 10 dengan tugasnya masing-masing. Berikut nama-nama dan tugas-tugas malaikat tersebut :

  1. Malaikat Jibril

Kita pasti sering mendengar tentang Malaikat Jibril bukan?. Tugas utama Malaikat Jibril yakni menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada para rasul. Selain itu, malaikat ini juga memiliki tugas lainnya, berupa meniupkan roh pada setiap janin yang masih ada didalam kandungan.

Sekarang ini nabi dan rasul sudah tidak ada. Sebab, Nabi Muhammad SAW telah menjadi nabi dan rasul terakhir. Beliau pun sudah tiada sejak berabad-abad yang lalu. Lalu apa tugas Malaikat Jibril jika sudah tidak ada nabi dan rasul? Beberapa sumber pun mengatakan bahwa Malaikat Jibril bertugas untuk membagikan ilmu. Karena, wahyu juga merupakan bagian dari ilmu.

  • Malaikat Mikail
Baca Juga:  Menikah Siri? Begini Pendapat Tokoh Tokoh NU

Malaikat selanjutnya adalah Malaikat Mikail. Malaikat Mikail memiliki tugas utama memberikan rezeki kepada seluruh makhluk hidup yang ada di bumi. Jadi, rezeki tersebut tak hanya untuk manusia saja. Karena bentuk rezeki dari Allah itu bermacam-macam. Selain tugas di atas, Malaikat Mikail juga mempunyai tugas untuk mengatur hujan, angin, dan juga tanaman. Semua kendalinya ada di tangan Malaikat Mikail atas izin Allah SWT.

  • Malaikat Israfil

Malaikat ketiga yang harus kita imani adalah Malaikat Israfil. Malaikat ini mempunyai tugas utama untuk meniupkan sangkakala pada hari kiamat nanti. Sangkakala sendiri adalah sejenis terompet. Dimana saat Allah menyuruh Malaikat Israfil meniup sangkakalanya ketika hari kiamat tiba, maka seluruh makhluk hidup bernyawa di dunia akan mati. Kemudian, Allah akan menghidupkan Malaikat Israfil kembali dan menyuruhnya untuk meniup terompetnya lagi. Tiupan kedua ini berisi semua roh makhluk hidup yang nyawanya sudah tercabut. Setelah terompet ditiup, roh akan kembali ke jasad masing-masing dan hidup kembali. Pada saat inilah yang dinamakan dengan hari kebangkitan.

  • Malaikat Izrail

Kemudian ada malaikat yang juga populer di kalangan manusia, yaitu Malaikat Izrail. Malaikat ini populer karena mempunyai tugas utama untuk mencabut nyawa seluruh makhluk hidup yang ada di dunia. Jika memang sudah waktunya mati, maka tidak ada satu makhluk pun yang akan terlewat dari takdirnya. Malaikat Izrail akan datang untuk mencabut nyawa makhluk tersebut.

  • Malaikat Munkar
Baca Juga:  Sejarah dan Filosofi Bubur Suro, Hidangan Istimewa Tahun Baru Islam

Selanjutnya adalah Malaikat Munkar. Jangan pernah berpikir bahwa kehidupan kita akan berakhir begitu saja setelah meninggal dan dikubur. Kita masih harus menghadapi Malaikat Munkar yang akan menanyai perihal keimananmu. Malaikat Munkar ini hanya akan mendatangi seseorang yang selalu berbuat keburukan dalam selama hidupnya. Diceritaka bahwa Malaikat Munkar akan datang pada manusia yang sudah dikubur, dengan wujud yang menyeramkan. Ia membawa godam sebagai senjata. Jika orang tersebut tak bisa menjawab pertanyaannya, maka manusia tersebut akan dihantam dengan godam hingga hancur. Kemudian dibangkitkan dan ditanyai kembali. Jika masih tidak bisa menjawab, akan dihancurkan lagi. Begitu seterusnya hingga hari kebangkitan tiba.

  • Malaikat Nakir

Serupa dengan Malaikat Munkar, Malaikat Nakir juga memiliki tugas menanyai manusia di alam kubur. Bedanya, ia hanya mendatangi orang yang berbuat baik selama hidupnya. Ia juga memiliki wujud yang lebih indah untuk dipandang. Orang-orang yang didatangi oleh Malaikat Nakir ini akan masuk ke dalam surga.

  • Malaikat Raqib

Berikutnya ada Malaikat Raqib yang mempunyai tugas utama untuk mencatat amalan kebaikan pada manusia selama masa hidupnya. Ingatlah bahwa semua perbuatan di hidupmu akan dicatat oleh malaikat dan mendapatkan pembalasannya kelak. Jadi, sebisa mungkin, berbuatlah baik selalu dalam kehidupanmu.

  • Malaikat Atid

Berkebalikan dengan Malaikat Raqib, Malaikat Atid ini mempunyai tugas untuk mencatat amal buruk manusia. Jika kita berniat untuk melakukan hal buruk, jangan lupa bahwa Malaikat Atid siap untuk mencatatnya. Ingatlah juga bahwa Allah SWT selalu melihat kita dan mengetahui apapun yang kita lakukan. Jangan sampai kamu menjalani kehidupanmu dengan penuh perbuatan buruk.

  • Malaikat Malik
Baca Juga:  Pandangan Islam Tentang Perempuan yang Melamar Laki-laki

Neraka adalah tempat bagi orang-orang yang dalam hidupnya selalu berbuat buruk dan tidak beriman kepada Allah SWT. Terdapat malaikat yang menjaga pintu neraka, yaitu Malaikat Malik. Hal ini disampaikan oleh Allah SWT dalam Surat At-Tahrim ayat 6, yang artinya : “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

  1. Malaikat Ridwan

Malaikat terakhir yang perlu diimani adalah Malaikat Ridwan. Jika Malaikat Malik adalah penjaga pintu neraka, maka Malaikat Ridwan-lah yang bertugas untuk menjaga pintu Surga. Hal ini juga sesuai dengan Surat Al-Baqarah ayat 25, yang berbunyi : “Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan ‘inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu.’ Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada istri-istri yang suci dan mereka kekal di dalamnya.

Mochamad Ari Irawan