Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi Beserta Adabnya

doa masuk dan keluar kamar mandi

Pecihitam.org – Kamar mandi adalah salah satu tempat yang rutin setiap harinya di masuki. Islam memberikan petunjuk dan aturan-aturan tertentu yang harus diperhatikan ketika masuk dan keluar kamar mandi salah satunya adalah membaca doa.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Secara lengkap Imam al-Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah menyebutkan beberapa adab masuk kamar mandi. Dijelaskan dalam keterangannya ada lima adab yang berkaitan perkara masuk kamar ke mandi. Berikut tata urutan dan penjelasannya.

Daftar Pembahasan:

1. Masuk Dahulukan Kaki Kiri.

Dalam aturan syariat Islam, ada aturan baku bahwa setiap perkara yang baik dan mulia maka umat muslim dianjurkan untuk mendahulukan yang kanan baik itu tangan maupun kaki atau perkara lainnya. Seperti membawa Al-Quran, Makan, Masuk rumah, masuk masjid dll.

Sedangkan apabila perkara itu hal yang sebaliknya atau perkara yang kurang baik, maka dianjurkan mendahulukan yang kiri, di antaranya ketika hendak masuk kamar mandi atau WC. Hal itu dikarenakan kamar mandi atau WC biasanya difungsikan untuk hal-hal yang kotor, maka dianjurkan mendahulukan kaki kiri ketika memasukinya.

Baca Juga:  Doa Agar Tidak Malas Beribadah, Bekerja, dan Aktivitas Lainnya

2. Membaca Basmalah dan Doa Ketika Masuk Kamar Mandi.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam at Tizmidzi dari sayyidina Ali, disebutkan bahwa membaca basmalah ketika masuk kamar mandi dapat mencegah dari pandangan jin. Bahwasanya Rasulullah Saw bersabda;

سَتْرُ مَا بَيْنَ أَعْيُنِ الْجِنِّ وَعَوْرَاتِ بَنِى آدَمَ إِذَا دَخَلَ أَحَدُهُمُ الْخَلاَءَ أَنْ يَقُولَ بِسْمِ اللَّهِ

Artinya; “Penghalang antara pandangan jin dan aurat manusia adalah jika salah seorang di antara mereka memasuki kamar mandi, lalu dia mengucapkan “bismillah”.

Berikut adalah doa yang disunnahkan untuk dibaca ketika masuk ke kamar mandi;

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ
Allahumma inni a’uudzu bika minal khubutsi wal khabaa-its(i)

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung pada-Mu dari godaan jin laki-laki dan perempuan.”

3. Tidak Membawa Benda yang Berisi Nama Allah atau Kalimat Alquran.

Asma Allah dan Al Quraan tidak boleh dibawa ke kamar mandi atau WC, sebab sebagai umat Islam kita diperintahkan untuk mengagungkan dan menjaga nama Allah maupun Alquran untuk tidak dibawa ke tempat yang kotor dan tidak semestinya.

Baca Juga:  Hadits Tentang Anjuran Membaca Doa Masuk Kamar Mandi

Nabi Muhammad Saw ketika hendak masuk kamar mandi meletakkan cincin yang bertuliskan ‘Muhammad Rasulullah’, hal ini berdasarkan hadits riwayat Imam Abu Daud dari Anas bin Malik, dia berkata;

كَانَ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- إِذَا دَخَلَ الْخَلاَءَ وَضَعَ خَاتَمَهُ

Artinya: “Nabi Saw ketika memasuki kamar mandi, beliau meletakkan cincinnya.”

4. Keluar Dahulukan Kaki Kanan.

Jika masuk kekamar mandi di di anjurkan dengan kaki kiri, sedangkan keluar dengan kaki kanan. Sebab keluar dari kamar mandi atau WC sama saja berpindah dari tempat yang kotor ke tempat yang bersih. Sehinnga dianjurkan untuk kita mendahulukan kaki kanan ketika keluar.

5. Membaca Doa ketika Keluar Kamar Mandi.

Selain membaca doa masuk, dan disunnahkan pula membaca doa ketika keluar dari kamar mandi. Dalam kitab Bidaytul Hidayah Imam al Ghazali menganjurkan kita membaca doa berikut ketika keluar kamar mandi.

Baca Juga:  Begini Lafadz Doa Ketika Hujan Yang Diajarkan Rasulullah

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنِّى اْلاَذَى وَاَبْقَى فِيْ مَا يَنْفَعُنِيْ
Ghufraanak(a) Alhamdulillahil ladzi adzhaba ‘annil adzaa wa ‘aafaanii

Artinya: “Dengan mengharap ampunan-Mu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan menetapkan sesuatu yang bermanfaat bagiku.”

Demikian semoga bermanfaat. Wallahua’lam bisshawab.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *