Fadhilah Sholawat Nabi, Salah Satunya Berkah Sampai Anak Cucu

sholawat nabi

Pecihitam.org – Sholawat Nabi merupakan salah satu ibadah yang sangat agung. Membaca sholawat adalah amalan dan penghargaan kita kepada nabi Muhammad SAW. Sebagai umat Rasulullah, tentu kita tak asing lagi dengan amalan membaca sholawat nabi, bahkan di masa sekarang membaca sholawat tidak hanya amalan yang bernilai pahala, tapi juga sudah mulai menjadi budaya dan perlombaan.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Membahas sholawat nabi tentu tidak bisa terlepas dari Surat Al-Ahzab ayat 56:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya, “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Kita diperintahkan untuk memanjatkan sholawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW. Mengapa begitu luar biasanya sholawat nabi? Coba kita bayangkan, satu-satunya ibadah yang Allah perintahkan kepada makhluknya, namun Allah sendiri pun melakukannya yaitu hanya bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Sholawat dari Allah berarti rahmat dan sholawat dari Malaikat atau manusia maknanya adalah doa. Sementara salam adalah keselamatan dari marabahaya dan kekurangan. Maka membaca sholawat dan salam kepada nabi adalah bagian dari pernghormatan (tahiyyah). Bahwasanya ketika Allah memerintahkan kita untuk membaca sholawat, Rasulullah melakukan hal yang sama yaitu mendoakan kepada orang yang membaca sholawat kepadanya.

Doa dari Nabi inilah yang dinamakan dengan syafaat. Semua ulama bersepakat bahwa doa nabi itu tidak akan ditolak oleh Allah SWT. Dan tentunya Allah pun akan menerima doa dan syafaat beliau kepada setiap orang yang membaca sholawat kepadanya.

Baca Juga:  Bukan Hanya Setan! Inilah Empat Musuh Manusia, Nomor 4 Ternyata Musuh dalam Selimut

Fadhilah Sholawat Nabi

Dalam kitab Al Fawaid Al Mukhtaroh, Syaikh Abdul Wahhab Asy Sya’roni meriwayatkan bahwa Abul Mawahib Asy Syadzily berkata

رَأَيْتُ سَيِّدَ الْعَالَمِيْنَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْتُ يَا رَسُوْلَ اللهِ صَلاَةُ اللهِ عَشْرًا لِمَنْ صَلَّى عَلَيْكَ مَرَّةً وَاحِدَةً هَلْ ذَلِكَ لِمَنْ حَاضَرَ الْقَلْبَ ؟

Aku pernah bermimpi bertemu Baginda Rasulullah SAW, aku bertanya “Ada hadis yang menjelaskan sepuluh rahmat Allah diberikan bagi orang yang berkenan membaca sholawat, apakah dengan syarat saat membaca harus dengan hati hadir dan memahami artinya?”

قَالَ لاَ، بَلْ هُوَ لِكُلِّ مُصَلٍّ عَلَيَّ وَلَوْ غَافِلاً

Kemudian Rasulullah menjawab “Bukan, bahkan itu diberikan bagi siapa saja yang membaca sholawat meski tidak faham arti sholawat yang ia baca”

Dari kitab diatas terdapat keterangan bahwa “Membaca shalawat dalam keadaan tidak khusyu, tidak paham arti atau bahkan seperti membaca karena ingin dipuji orang sekali pun, tetap mendapat pahala. Allah Ta’ala memerintahkan malaikat untuk selalu memohonkan doa kebaikan dan memintakan ampun bagi orang yang membaca sholawat Nabi. Terlebih jika ia membaca dengan hati hadir dan khusuk, pasti pahalanya akan lebih besar.

10 Fadhilah Sholawat Nabi

  1. Diutamakan saat hari Kiamat. Seseorang yang ahli sholawat, di hari kiamat nanti akan lebih diutamakan dari sekian banyak orang yang lainnya.
  2. Mendatangkan rahmat dan karunia Allah SWT. Sholawat sendiri merupakan doa, sehingga seseorang yang bersholawat juga berarti sudah mengundang datangnya karunia serta segala nikmat dari Allah SWT.
  3. Dibanggakan Nabi. Rasulullah SAW sangat menyenangi sholawat sehingga beliau juga bersabda, “Sesungguhnya aku membanggakan adanya kalian kepada umat-umat yang lainnya.“
  4. Mendekatkan diri pada Allah SWT. Dengan bersholawat selain penghargaan kepada nabi Muhammad SAW juga berarti kita lebih mendekatkan diri kepada Allah lewat kekasihnya.
  5. Diangkat 10 derajat dan dihapus 10 keburukan. Dengan 1 kali sholawat saja akan mendatangkan pengangkatan 10 derajat dan juga dihapuskan 10 kali kesalahan bagi orang yang membacanya apalagi jika sholawat lebih sering di lakukan.
  6. Menolak bencana dan pemenuhan hajat. Beberapa sholawat juga terdapat manfaat khusus dan berbeda bagi setiap pembacanya. Seperti halnya sholawat Munjiyat yang fadhilahnya untuk menolak segala sesuatu bencana, menghadapi musibah, dan juga pemenuhan hajat yang terbilang besar bahkan untuk kebutuhan mendesak dengan menggunakan cara tertentu yang sudah ditetapkan tentunya.
  7. Ada disisi Nabi saat sakratul maut. Seseorang yang ahli sholawat juga memiliki keutamaan berupa penghargaan yang sangat besar dimana Nabi Muhammad akan hadir di sisi orang tersebut saat sedang menghadapi sakratul maut.
  8. Diberikan pengampunan dosa. Membaca sholawat juga akan memberikan pengampunan dosa, yang didasari dengan keimanan seorang mukmin, kecintaan dan juga keikhlasan di saat membacakan sholawat tersebut.
  9. Menjauhkan kefakiran dan mendekatkan keberkahan. Seseorang yang ahli sholawat juga mendapat keutamaan yaitu akan dijauhkan dari kefaqiran dan juga kelimpahan berkah serta kebaikan.
  10. Mendapatkan keberkahan turun temurun. Bagi mereka ahli sholawat juga akan mendapatkan kebaikan serta keberkahan yang melimpah bahkan sampai ke anak dan cucu mereka. “Membaca shalawat untuk Rasulullah SAW akan melimpahkan keberkahan pada orang yang membaca shalawat, anak-anaknya dan cucu-cucunya.” [al-Hadist].

Sedikit tambahan tentang sholawat berupa anekdot yang cukup unik dikalangan warga Nahdliyin yaitu ketika pekik sholawat menjadi isyarat bubarnya suatu acara. Bukan berarti hal itu menjadikan sholawat sebuah guyonan. Namun hal ini menandakan betapa sholawat sudah sangat mendarah daging di kalangan masyarakat terutama Nahdliyin, sampai acara apapun ada sholawatnya.

Baca Juga:  Keajaiban Mahallul Qiyam, Rasakan Hadirnya Nabi Saat Pembacaan Maulid

Itulah Fadhilah Sholawat Nabi. Karena begitu banyak manfaatnya, Maka marilah kita perbanyak baca shalawat selalu, sebab shalawat pasti diterima oleh Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. Adapun amal yang lain mungkin saja diterima dan mungkin ditolak. Wallahu’alam Bisshawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published.