Ini Keutamaan Membaca Sayyidul Istighfar di Pagi dan Sore Hari

Ini Keutamaan Membaca Sayyidul Istighfar di Pagi dan Sore Hari

Pecihitam.org – Dalam kehidupan sehari-hari agama Islam memberikan bermacam tuntunan yang telah dicontohkan oleh Rasulullah Saw. Mulai tuntunan yang bersifat wajib, sampai tuntunan yang bersifat haram. Termasuk juga bermacam doa-doa yang hendaknya dibaca oleh setiap muslim, seperti membaca sayyidul istighfar di waktu pagi dan sore hari.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Dalam Al-Qur’an, Allah Swt menganjurkan kepada umat Islam untuk selalu berdzikir (berdoa). وسبح بحمد ربك قبل طلوع الشمس وقبل غروبها (طه : ۱۳ ) (dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu sebelum terbitnya matahari dan sebelum terbenamnya).

Anjuran serupa juga disebutkan dalam surah ghafir:55, surah an-Nisa:148, surah al-An’am: 52, surah an-Nur: 36, dan surah Shad: 18. Dengan redaksi yang berbeda namun menunjukkan waktu yang sama yaitu pagi (setelah subuh sampai terbitnya matahari) dan sore (setelah ashar sampai terbenamnya matahari).

Dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Nabi memperjelas lagi anjuran di atas. Bahkan Nabi mencontohkan bacaan sayyidul istighfar yang hendaknya di baca sewaktu pagi dan sore hari.

Baca Juga:  Doa untuk Orang Sakit Berdasarkan Hadis Nabi Muhammad SAW

Diantara keutamaan orang yang membaca sayyidul istighfar tersebut adalah dapat memasukkan seorang muslim ke surga.

حدثنا مسدّد حدثنا يزيد بن زريع حدثنا حسين حدثنا عبدالله بن بريدة عن بشير بن كعب عن شداد بن أوس رضى الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال  ((سيد اللاستغفار : اللهم أنت ربى لا اله الا انت خلقتني وأنا عبدك وأنا على عهدك ووعدك ما استطعت أبوءلك بنعمتك علي وأبوء بذنبى فغفرلى فانه لايغفر الذنوب الا انت اعوذبك من شر ما صنعت , اذا ققال ذلك حين يمسى فمات دخل الجنة , او كان من اهل الخنة , واذا قال حين يصبح فمات يومه مثله ))

Shahih Bukhari No. 6323

Dalam riwayat yang lain, membaca doa sayyidul istighfar hendaknya dibaca pada siang dan malam hari. Dengan keutamaan yang sama yaitu dapat memasukkan kita ke dalam surga. Bahkan menjadi ahli surga.

Baca Juga:  Dzikir Sebelum Tidur, Mudah Namun Sedikit yang Mengamalkan

حدثنا ابو معمر حدثنا عبد الوارث حدثنا الحسين حدثنا عبدالله بن بريدة عن بشير بن كعب العدوي قال : حدثني شداد بن أوس رضى الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم سيد اللاستغفار أن يقول : اللهم أنت ربى لا اله الا انت خلقتني وأنا عبدك وأنا على عهدك ووعدك ما استطعت اعوذبك من شر ما صنعت أبوءلك بنعمتك علي وأبوء لك بذنبى اغفرلى فانه لايغفر الذنوب الا انت – قال: – ومن قالها من النهار موقنا بها فمات من يومه قبل ان يمسي فهو من اهل الجنة, ومن قالها من الليل وهو موقن بها فمات قبل ان يصبح فهو من اهل الجنة

Shahih Bukhari No. 6306

Di Indonesia doa sayyidul istighfar seringkali dijadikan puji-pujian setelah adzan. Dengan langgam yang berbeda-beda di setiap tempat tanpa mengurangi keutamaan doa tersebut. Tanpa disadari jamaah yang mendengar puji-pujian tersebut ikut melantunkannya walaupun dengan nada yang lirih.

Baca Juga:  Bacaan Istighosah Lengkap Beserta Artinya

Membaca Sayyidul istighfar juga sering dibaca setelah shalat fardu. Biasanya imam akan memimpin bacaan-bacaan dzikir dengan suara yang keras agar diikuti oleh ma’mum di belakangnya. Jumlah bacaannya pun bervariasi dari hanya sekali, tiga kali, bahkan sampai tujuh kali.

Bukankah hal tersebut dapat membimbing para jamaah menuju surga? Mereka yang sudah hafal maupun yang belum bersama-sama membaca doa sayyidul istighfar. Masihkah kita ragu untuk mengistiqamahkan bacaan tersebut yang Nabi jamin menjadi ahli surga?