Makna Jazakallah Khairan, Cara Menjawab dan Keutamaannya

jazakallah

Pecihitam.org – Kita mungkin kerap mendengar entah itu teman atau sodara mengucapkan Jazakallah Khairan. Bagi kita yang menganut Agama islam mungkin sudah tidak asing lagi dengan kalimat tersebut yang artinya adalah Semoga Allah Membalasmu dengan Kebaikan. Namun tiidak sedikit juga yang belum mengetahui istilah satu ini. Maka pada kesempatan ini kami akan sedikit mengulas mengenai makna dan penggunaan kalimat jazakallah khairan.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Makna Jazakallah Khairan

Pada dasarnya kalimat ini umum digunakan sebagai wujud rasa terima kasih dan mendoakan seseorang Muslim kepada sesama Muslim lainnya. Karena seseorang tersebut sudah melakukan suatu hal kebaikan yang sangat bermanfaat untuk dirinya ataupun orang lain.

Adapun arti jazakallah khairan adalah terdiri dari dua kata yakni jazakallah dan khair.

  • Jazakallah artinya adalah “semoga Alloh membalasmu”
  • Jazakallah khairan artinya adalah “semoga Alloh membalasmu dengan kebaikan”

Jazakallah khairan adalah ucapan yang benar dan lengkap, terkadang kita hanya mendengar ucapan jazakallah saja, sehingga artinya kurang pas karena tidak lengkap maksudnya.

Ucapan diatas juga di sunnahkan oleh Rasulullah Saw untuk menyampaikan terima kasih dan mendoakan kebaikan kepada orang yang telah berbuat baik kepada kita.

Perbedaan Pengucapan

Bahasa Arab berbeda dengan bahasa Indonesia, terdapat pelapalan berbeda ketika mengucapkan sesuatu kepada perempuan, laki- laki tunggal dan Jamak. Begitupun dengan kalimat ini yang memiliki kaidah berbeda dalam penggunaannya.

Ucapan Jazakallahu Khairan ini khusus untuk laki-laki, ada pula untuk perempuan, ucapan yang benar ialah jazakillah khairan. Sedangkan jika diucapkan untuk banyak orang atau jamak, ucapan yang benar ialah jazakumullah khairan. Jika dirinci sebagai berikut:

  1. جَزَاكَ اللهُ (Jazakallahu Khairan) Semoga Allah Membalasmu Dengan Kebaikan (Laki-laki )
  2. جَزَا ك الله (Jazakillahu Khairan) Semoga Allah Membalasmu Dengan Kebaikan (Perempuan)
  3. جَزَاكُمُ اللهُ (Jazakumullahu Khairan) Semoga Allah Membalas Kalian dengan Kebaikan (Jamak)
Baca Juga:  Kekuatan Doa Seorang Istri, Salah Satunya Pembuka Pintu Rezeki Suami

Cara Menjawab Ucapan Jazakallah Khairan

Memang tidak ada jawaban khusus yang secara tegas menjelaskan tentang cara menjawab ucapan Jazakallah Khairan ini. Namun para Ulama memberikan pendapat dan anjuran tentang jawaban dari ucapan ini. Berikut diantaranya cara menjawab ucapan tersebut:

  • Pertama, karena Jazakallah Khairan ini adalah ucapan doa, maka kita bisa menjawabnya dengan mengaminkan doa tersebut. Misalnya “aamiin” atau “aamiin ya Rabb.” Atau bisa pula dijawab dengan “afwan” yang merupakan jawaban dari “syukran”.
  • Kedua, Ucapan tersebut bisa dijawab dengan mendoakan sebagaimana orang tersebut mendoakanmu, yakni dengan mengulang ucapannya وجزاكم الله خيرا (Wajazakallahu Khairan) yang artinya adalah Dan semoga Allah membalasmu juga dengan kebaikan dan dan yang semisalnya.
  • Ketiga, adalah menjawabnya dengan menyesuaikan lawan bicara, Waiyyaka (laki-laki), Waiyyaki (perempuan), Waiyyakum (Jamak), yang memiliki arti Dan kepadamu juga atau Dan kepada kalian juga.

Jawaban tersebut diatas memang diperkenankan karena ada kesinambungan baiik dari segi makna dan tuujuannya jugaa. Namun ada pendapat yang mengatakan bahwa jawaban Jazakallahu Khairan dengan mengucapkan kembali ucapan tersebut lebih diunggulkan.

Hal ini didasarkan hadits shahih yang diriwayatkan Imam An Nasa’i dan Ibnu Hibban, ketika Usaid bin Hudhair mewakili kaum Anshar berterima kasih kepada Rasulullah Saw dengan mengucapkan jazakallah khairan, Rasulullah lantas menjawabnya dengan ucapan:

وَأَنْتُمْ مَعْشَرَ الْأَنْصَارِ فَجَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا

“Dan kamu sekalian wahai kaum Anshar, semoga Allah juga membalasmu dengan kebaikan.”

Jadi, jika kita ambi dari hadits diatas balasan jazakallah khairan yang dicontohkan Rasulullah adalah:

فَجَزَاكَ اللهُ خَيْرًا
Fa jazaakalloohu khoiro
Artinya: Semoga Allah juga membalasmu dengan kebaikan

Ucapan di atas adalah jawaban jika yang mengucapkan jazakallah khairan adalah seorang laki-laki. Adapun untuk perempuan, jawaban yang tepat adalah:

Baca Juga:  Adab Istri Terhadap Suami, Perempuan Wajib Baca!

فَجَزَاكِ اللهُ خَيْرًا
Fa jazaakillaahu khoiro
Artinya: Semoga Allah juga membalasmu dengan kebaikan

Kemudian jika yang menyampaikan ucapan terima kasih itu orang banyak atau mewakili orang banyak, jawaban untuk mereka adalah:

فَجَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا
Fa jazaakumulloohu khoiro
Artinya: Semoga Allah juga membalas kalian dengan kebaikan

Kata fa (فَ) pada jawaban di atas juga boleh diganti dengan wa (وَ). Hal itu tidak mengubah makna dan tujuan dari jawaban tersebut.

Keutamaan Jazakallah Khairan

Islam tidak hanya sekedar mengajarkan manusia membangun hubungan baik dengan Allah yang maha Pencipta (hablum minallah). Namun islam juga mengajarkan kita untuk membangun hubungan baik dengan sesama manusia (Hablum minannas).

Salah satu cara menjaga hubungan baik kepada sesama manusia yaitu bisa berterima kasih ketika mendapatkan pemberian atau perlakuan yang baik dari orang lain. Menyampaikan rasa terima kasih dan mendoakan sesama manusia atas kebaikannya, merupakan indikasi bahwa ia bersyukur kepada Allah Swt atas rahmat dan nikmat-Nya.

Mengnai ucapan Jazakallah ini, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda:

وَعَنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – : (( مَنْ صُنِعَ إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ، فَقَالَ لِفَاعِلهِ : جَزَاكَ اللهُ خَيْراً ، فَقَدْ أَبْلَغَ فِي الثَّنَاءِ )) . رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ ، وَقَالَ : (( حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ )) .

Dari Usamah bin Zaid radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang diperlakukan baik, lalu ia mengatakan kepada pelakunya, ‘Jazakallahu khairan (artinya: Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan)’, maka sungguh ia telah sangat menyanjungnya.” (HR. Tirmidzi)

Ada beberapa keutamaan mengenai ucapan jazakallah khairan yaitu sebagaiman berikut :

Ucapan Terima Kasih yang Baik

Mengucapkan “terima kasih”, “syukran”, “thank you” atau yang lainnya adalah hal yang baik, namun ucapan jazakallah khairan lah yang terbaik karena didalamnya mengandung doa. Rasulullah Saw bersabda yang artinya:

Baca Juga:  Inilah Alasan Allah Memilih Malaikat Izrail Sebagai Pencabut Nyawa

“Barang siapa yang diperlakukan dengan baik oleh orang lain terus iya berkata kepadanya jazaakallah khairan, maka iya sudah memujinya dengan setinggi-tingginya.” (HR. Tirmidzi”)

Sunnah Rasulullah

Berterima kasih dengan mengucapkan jazakallah khairan ini merupakan sunnah Rasulullah Saw. Beliau Saw pun telah mengajarkan ucapan ini kepada sahabat, dan sahabat juga mengamalkannya. Rasulullah Saw bersabda yang artinya:

“Jika ada seseorang telah berkata kepada saudaranya “jazaakallah khairan” (semoga Alloh selalu membalasmu dengan kebaikan), maka iya telah memujinya dengan setinggi-tingginya.” (HR. Thabrani)

Ucapan Doa

Rasulullah Saw telah mengajarkan, ketika kita mendapat kebaikan dan hadiah dari orang lain, maka hendaknya kita juga membalas dengan kebaikan atau hadiah. Akan tetapi jika kita belum bisa memberikan hahiah, minimal dengan ucapan terima kasih kembali atau mendoakannya.

Ucapan jazakallah khairan, jazakillah khairan atau jazakumullah khairan merupakan ucapan rasa terima kasih sekaligus doa kepada orang yang telah memberikan kebaikan untuk kita. Rasulullah Saw bersabda yang artinya:

“Dan barang siapa yang berbuat baik kepada kalian maka kalian membalasnya, jika iya tidak mendapati sesuatu untuk membalasnya, maka do’akan lah iya, sampai kalian bisa melihat bahwa kalian sudah membalasnya.” (HR. Abu Daud)

Mendapat Doa

Disaat mengucapkan terima kasih dengan cara doa ini diatas, maka sebaliknya kita juga akan mendapatkan jawaban dengan didoakan kembali oleh orang lain. Meski ucapan kita tidak dijawab oleh seseorang tersebut misalnya, namun Malaikat-lah yang akan menjawabnya dengan mendoakan kita kembali.

Wallahua’lam bisshawab.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik