Keutamaan dan Peristiwa Besar dalam Sejarah yang Terjadi pada Hari Selasa

Keutamaan Hari Selasa

Pecihitam.org– Hari Selasa merupakan hari ketiga dalam hitungan kalender Hijriyah. Ternyata hari yang merupakan hari wafatnya KH. Maimoen Zubair ini merupakan hari yang utama.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Dalam tulisan ini akan dijelaskan keutamaan dan peristiwa bersejarah yang terjadi pada hari Selasa.

Keutamaan Hari Selasa

Sebelumnya, perlu disampaikan bahwa setiap hari hakikatnya memiliki keutamaan tersendiri.

Adapun keutamaan hari Selasa adalah tergambar dalam salah satu hadis. Pernah suatu ketika Rasulullah SAW ditanya tentang hari Selasa, maka Beliau menjawab, “Hari Selasa adalah hari berdarah.

Para sahabat bertanya, “Mengapa demikian ya, Rasulullah?”Lalu Beliau menjawab: Karena pada hari itulah Siti Hawa Haid dan putra Adam membunuh saudaranya sendiri.

Baca Juga:  Keutamaan Sayyidina Ali bin Abi Thalib Berdasarkan Hadits Nabi Saw

Karenanya, disunnahkan berobat dengan cara mengeluarkan darah yang disebut hijamah (bekam) pada Hari Selasa.

Keistimewaan hari Selasa lainnya adalah merupakan hari di mana Allah ilmu dan segala yang ada dunia. Dari itu, banyak lembaga pendidikan Islam, seperti Pondok Pesantren memulai pengajian kitab di Hari Selasa.

Peristiwa Besar yang Terjadi di Hari Selasa

Sebagaian ulama menjelaskan bahwa pada hari Selasa ada tujuh peristiwa hilangnya jiwa (nyawa) karena dibunuh. Tujuh jiwa yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1). Terbunuhnya Jurjais Bin Fathin. Jurjais merupakan seorang nabi atau seorang hamba shalihah menurut keterangan yang lain. Ia hidup pada masa Raja Dardaniyah yang terkenal dengan penyembahan berhalanya.
2). Wafatnya Nabi Yahya alaihis salam.
3). Wafatnya Nabi Zakaria alaihis salam.
4). Meninggalnya tukang sihir Fir’aun
5). Wafatnya Siti Asiah binti Muzahim, isteri Fir’aun
6). Sahib, sapi betina Bani Israil disembelih.
7). Meninggalnya Habil putera Adam yang dibunuh oleh saudaranya sendiri, Qabil.

Baca Juga:  Agar Kita Terbebas dari Siksa Kubur, Begini Caranya!

Pandangan Mbah Moen tentang Hari Selasa

Mbah Moen berkeyakinan bahwa Selasa itu merupakan hari diciptakannya segala ilmu yang ada di dunia.

Beliau jug menyebut, pondok pesantren yang dibangun keluarganya, Ponpes Al Anwar Sarang Rembang pun didirikan pada hari Selasa.

Bahkan karena betapa istimewanya hari ini dalam panadangan Mbah Moen dan keluarga besar Al-Anwar Sarang, santri diliburkan ngaji di hari Selasa ini, walupun kegiatan sekolah tetap berlangsung.

Mbah Maimun pun menceritakan hari Selasa itu menjadi riwayat dari kematian keluarganya.

Ternyata banyak di antara anggota keluarga Mbah Moen yang meninggal pada hari Selasa. Mulai dari ayah, ibu, hingga neneknya meninggal pada hari Selasa.

Baca Juga:  Nabi Muhammad dan Keluarganya Hanya Makan Sekali dalam Sehari

Bahkan, sebagaimana kita tahu, Mbah Moen wafat pada hari Selasa, tepatnya 6 Agustus 2019. Karena memang beliau meminta kepada Allah agar diwafatkan pada hari Selasa dan di Mekkah. Doa itu pun dikabulkan.

Demikianlah tulisan ini yang menjelaskan tentang keutamaan, peristiwa bersejarah dan pandangan KH. Maimun Zubair mengenai hari Selasa.

Faisol Abdurrahman