Mengajarkan Agama Islam Pada Anak Adalah Kewajiban Setiap Orang Tua

Mengajarkan Agama Islam Pada Anak Adalah Kewajiban Setiap Orang Tua

Pecihitam.org – Islam merupakan agama yang paling sempurna karena menyangkut seluruh dimensi kehidupan ini. Seorang anak harus memahami Islam dengan benar, sudah menjadi tanggung jawab orang tua untuk mengajarkan agama Islam pada anak sebagai agama yang sempurna, mudah dan rahmat bagi seluruh dunia.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Islam tidak hanya berlaku untuk negara dan bangsa tertentu, tetapi merupakan rahmat bagi seluruh penduduk dunia. Islam tidak mengenal suku bangsa, tidak ada perbedaan antara muslim yang satu dengan lainnya, baik yang berasal dari Indonesia, Mesir, Irak, Iran, Amerika, India, China dan sebagainya.

Allah swt. berfirman:

“Hai orang-orang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhannya.” (QS. Al-Baqarah: 208)

Allah swt. memerintahkan kepada hamba-hamba-Nya yang beriman lagi membenarkan Rasul-Nya agar mereka memegang seluruh tali Islam dan syariatnya serta menjalankan segala syariatnya dan meninggalkan segala larangannya seoptimal mungkin.

Rasulullah saw. diutus oleh Allah swt. kepada semua makhluk yang mukallaf, yaitu memberikan berita menggembirakan dengan surga kepada orang-orang yang menaatinya dan memberi peringatan dengan neraka terhadap orang-orang yang mendurhakai seruannya.

Allah swt. memberitahukan bahwa Dia menjadikan Muhammad saw. sebagai rahmat bagi semesta alam. Artinya, Dia mengutusnya sebagai rahmat bagi kita semua. Barang siapa yang menerima rahmat ini, maka berbahagialah dia di dunia dan di akhirat.

Baca Juga:  Inilah Sebab-sebab Terjadinya Fasakh dalam Pernikahan

Banyak sekali keistimewaan Islam, yaitu Islam mengajarkan supaya kita menjauhi berbohong dalam berjual beli. Islam mengajarkan supaya setiap hamba rukuk dan sujud kepada Allah swt. Islam mengajarkan shalat, puasa, zakat, haji, dan sebagainya. Islam mengajarkan keadilan, kasih sayang, dan rasa kemanusiaan. Islam mencakup ajaran politik, ekonomi, sosial, ilmu pengetahuan, dan sebagainya.

 Sejak dari kecil orang tua harus mengajarkan agama Islam kepada anak dan juga sudah harus dibekali dengan pengetahuan mengenai Islam yang merupakan agama yang sempurna. Orang tua juga harus menanamkan dalam hati anak tentang keyakinan bahwa Islam merupakan agama yang mudah, dan juga harus memiliki kecintaan terhadap Islam yang mencakup seluruh dunia.

Banyak pilihan cara yang bisa diterapkan oleh orang tua, yaitu Islam mengajarkan betapa pentingnya menjaga kebersihan karena kebersihan merupakan bagian dari iman. Tanamkanlah kebiasaan menjaga kebersihan kepada anak-anak. Ajarilah anak kita untuk memanfaatkan waktu dan hindari membuang-buang waktu untuk sesuatu yang tidak bermanfaat.

 Ajarilah anak-anak mengenai negara-negara Islam di dunia sekaligus sejarah dan para pemimpinnya. Membuat artikel atau karangan mengenai sebuah negara Islam. Membaca berita-berita mengenai negara-negara Islam (bacaan disesuaikan dengan usia anak). Melukiskan tentang ibadah haji yang merupakan ajang silaturrahmi umat Islam dari seluruh penjuru dunia.

Baca Juga:  Begini Hukum Tunangan dalam Islam, Dalil dan Sunnah-Sunnahnya

Menonton film tentu disukai anak-anak, kita boleh memanjakannya dengan film-film Islami yang menyajikan kisah-kisah pahlawan Islam, perang-perang sepanjang sejarah Islam, film mengenai tempat-tempat peninggalan Islam, film mengenai kisah para nabi, dan film-film yang berisi motivasi Islami.

 Agama Islam memberikan kemudahan dalam banyak hal, sebagaimana Rasulullah saw. mengatakan, “Sesungguhnya agama ini adalah mudah, dan tidaklah sesorang mendapati kesulitan di dalam agama, kecuali ia mampu mengatasinya.”

Allah swt. tidak memberikan kewajiban kecuali yang mampu kita laksanakan. Allah swt. berfirman, “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (QS. Al-Baqarah: 286)

Allah swt. tidak membebani seseorang di luar kemampuannya. Hal ini merupakan kelembutan dan kebaikan Allah kepada hamba-Nya.

Orang tua juga harus menanamkan keyakinan di dalam hati anak bahwa Islam merupakan agama yang mudah. Anak perlu dibimbing mengenai kemudahan dalam Islam, berdasarkan firman Allah swt:

“Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu.” (QS. Al-Baqarah: 185)

 Orang tua menunjukkan kemudahan yang diberikan oleh Islam, antara lain kepada orang sakit, orang yang sudah tua, wanita hamil, dan ibu menyusui.

Seorang ibu yang sedang hamil harus memberitahukan kepada anak-anak bahwa ia diizinkan tidak menjalankan puasa karena kemudahan yang diberikan Allah. Jika ia berpuasa dikhawatirkan akan mengganggu perkembangan sang janin.

Baca Juga:  Hukum Menghadiri Walimatul Ursy (Pesta Pernikahan)

Allah juga memberi kemudahan pada orang puasa yang secara tidak sengaja atau lupa makan dan minum. Ia diperbolehkan melanjutkan puasanya karena puasanya tidak batal. Ketika melakukan perjalanan jauh, umat Islam diizinkan mengqasar dan menjamak shalatnya. Jika tidak menemukan air ketika memasuki waktu shalat, umat muslim diizinkan melakukan tayamum. Begitu juga jika seseorang dalam keadaan sakit ia diperbolehkan melakukan shalat sambil duduk, berbaring, atau miring.

Inilah keistimewaan agama Islam yaitu agama yang sempurna mudah dan rahmat bagi seluruh dunia. Oleh karena itu bagi orang tua ajarkanlah agama Islam kepada anak-anak dari sejak usia dini agar mereka hidup terarah dan selamat dunia akhirat.

Demikianlah uraian tentang kewajiban mengajarkan Islam pada anak. Semoga bermanfaat bagi saya dan pembaca semuanya. Amin. Wallahu ‘alam.  

Mehri Andani MB