Sejarah dan Peristiwa Penting yang Terjadi di Bulan Muharram

peristiwa penting di bulan muharram

Pecihitam.org – Bulan Muharam adalah bulan keberkahan dan rahmat. Karena dari bulan inilah awal mula berlakunya segala kejadian alam ini. Bulan Muharram juga merupakan bulan yang penuh sejarah, di mana banyak peristiwa penting yang terjadi sebagai bukti kekuasaan dan kasih sayang Allah Swt kepada makhluk-Nya.

Pada bulan ini pula, Allah para Nabi dikaruniai mukjizat sebagai penghormatan kepada mereka dan juga limpah kurnia-Nya yang terbesar yaitu ampunan dan keridhoan bagi hamba-Nya.

Sebagai tanda syukur kepada Allah, maka di tahun baru Islam, umat Muslim sangat antusias menyambut dengan memperbanyak ibadah dan amalan-amalan sunnah Muharram kepada-Nya.

Said bin Jubair dari Ibnu Abbas r.a berkata: Ketika Nabi saw baru berhijrah ke Madinah, maka mereka dapati kaum Yahudi berpuasa pada hari Asyura (10 Muharam). Maka Nabi pun bertanya kepada kaum Yahudi tentang puasa mereka itu.

Mereka menjawab, “Hari ini Allah SWT memenangkan Musa dan Bani Israel terhadap Firaun dan kaumnya, maka kami berpuasa sebagai mengagungkan hari ini. Maka sabda Nabi saw: “Kami lebih layak mengikuti jejak langkah Musa dari kamu.” Maka Nabi saw pun menyuruh para sahabat agar berpuasa.

Baca Juga:  Rahasia Mengapa Nabi Muhammad Lahir di Bulan Rabiul Awwal

Adapun kelebihan 10 Muharam ialah barangsiapa yang melapangkan rezeki pada keluarganya, maka Allah akan meluaskan rezekinya sepanjang tahun ini. Terdapat juga sebuah hadis meriwayatkan, “Barangsiapa yang berpuasa pada hari Asyura, maka dapat menebus dosa satu tahun.”

Maksud hadis ini ialah hari yang kesepuluh Muharam (Asyura) merupakan hari dan bulan kemuliaan karena barangsiapa yang berpuasa pada hari tersebut, Allah Swt membersihkan dan menebus dosa-dosa mereka yang lampau.

Tidak hanya itu, selain menjadi awal untuk setiap tahun baru Islam di kalender hijriah, banyak peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada bulan Muharram semakin melengkapi keistimewaan bulan ini.

Salah satunya, pada bulan Muharam inilah awal mula Nabi Muhammad Saw berniat dan bermaksud untuk melakukan hijrah dari Mekkah ke Madinah. Tonggak hijrah tersebut yang kemudian menjadi awal berdirinya masyarakat Islam yang mandiri dan berdaulat di kota Madinah.

Baca Juga:  Islam di Uzbekistan, Negeri Imam Bukhari dengan Peninggalan Peradabannya

Berdasarkan kejadian sejarah tersebut, kemudian bulan Muharam dijadikan bulan pertama dalam kalender hijriah yang digunakan oleh Islam di seluruh dunia.

Namun bukan hanya sejarah hijrah Nabi Muhammad Saw dari Mekkah ke madinah saja. Karena berikut adalah beberapa peristiwa penting dan monumental yang juga terjadi di bulan Muharam:

  1. Pada bulan Muharam, taubat Nabi Adam AS diterima oleh Allah SWT.
  2. Berlabuhnya kapal Nabi Nuh di bukit Zuhdi dengan selamat juga terjadi di Muharam, yakni usai seluruh dunia dilanda banjir yang menghanyutkan dan membinasakan sebagian besar umat manusia di Bumi.
  3. Selamatnya Nabi Ibrahim AS dari siksa Raja Namrud terjadi di Muharram. Siksa itu berupa nyala api, yang ternyata tidak membakar Nabi Ibrahim As.
  4. Pada bulan Muharam juga, Nabi Yusuf AS dibebaskan dari penjara kerajaan Mesir karena fitnah yang sebelumnya telah menimpanya.
  5. Peristiwa Nabi Yunus AS selamat dan keluar dari perut ikan besar yang menelannya pun terjadi di bulan Muharam.
  6. Nabi Ayyub AS disembuhkan Allah dari penyakitnya juga pada bulan Muharam.
  7. Pada bulan Muharam, Nabi Musa AS dan umatnya, kaum Bani Israil, selamat dari pengejaran Fir’aun di Laut Merah. Nabi Musa dan ratusan ribu umatnya selamat memasuki gurun Sinai dan kemudian kembali ke tanah leluhur mereka.
  8. Nabi Muhammad Saw dan kaumnya hijrah dari Mekkah ke Madinah.
Baca Juga:  Ini Tiga Hal yang Perlu Kita Ketahui Terkait Takdir dalam Islam

Demikian semoga informasi ini bermanfaat. Wallahua’lam bisshawab.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik
Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG