Surah Al-A’raf Ayat 26; Seri Tadabbur Al-Qur’an

Surah Al-A'raf Ayat 26

Pecihitam.org – Surah Al-A’raf Ayat 26 menjelaskan bahwa Allah SWT menciptakan pakaian sebagai penutup aurat dan penghias diri. Namun Taqwa adalah pakaian terbaik yang dapat menyelamatkan manusia dari siksaan.

Ayat ini juga merupakan penjelasan mengenai balasan Allah SWT bagi manusia akibat melanggar perintah-Nya, sehingga manusia menjadi terus ingat, berusaha taat kepada Allah dan mensyukuri semua nikmat.

Allah SWT berfirman di dalam Al Qur’an Surah Al-A’raf Ayat 26;

يَا بَنِي آدَمَ قَدْ أَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَارِي سَوْآتِكُمْ وَرِيشًا ۖ وَلِبَاسُ التَّقْوَىٰ ذَٰلِكَ خَيْرٌ ۚ ذَٰلِكَ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ

Terjemahan: Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepada kalian pakaian untuk menutup aurat kalian dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian ketakwaan itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.

Tafsir Jalalain: يَا بَنِي آدَمَ قَدْ أَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا (Hai anak Adam! Sesungguhnya Kami telah menurunkan kepada kalian pakaian) Kami telah menciptakannya untuk kalian, يُوَارِي (untuk menutupi) guna menutupi سَوْآتِكُمْ وَرِيشًا (aurat kalian dan pakaian perhiasan) pakaian yang digunakan sebagai perhiasan.

Baca Juga:  Surah Al-A'raf Ayat 80-81; Seri Tadabbur Al-Qur'an

وَلِبَاسُ التَّقْوَىٰ (Dan pakaian ketakwaan) yaitu amal saleh dan akhlak yang baik; dengan dibaca nashab karena diathafkan kepada lafal “لِبَاسًا“, dan dibaca rafa’ sebagai mubtada sedangkan khabarnya ialah jumlah berikut ini

ذَٰلِكَ خَيْرٌ ۚ ذَٰلِكَ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ (itulah yang lebih baik. Yang demikian itu adalah sebagian tanda-tanda kekuasaan Allah) bukti-bukti yang menunjukkan kekuasaan-Nya لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ (mudah-mudahan mereka selalu ingat) hingga mau beriman; di dalam jumlah ini terkandung iltifat atau kata sindiran terhadap mukhathab atau orang yang diajak bicara.

Tafsir Ibnu Katsir: Ayat ini menjelaskan bahwa Allah SWT memberikan kemurahan kepada setiap hamba-Nya, yakni diciptakannya pakaian dan perhiasan untuk mereka.

Kata “َلِبَاسُ” dalam ayat ini bermakna penutup aurat. Sedangkan kata “ar-riyaas” dan “ar-riisyu” berarti sesuatu yang digunakan untuk menghiasi diri. Jadi pakaian termasuk sesuatu yang sifatnya primer (pokok), sedangkan perhiasan hanyalah sebagai pelengkap dan tambahan saja.

Baca Juga:  Surah Al-A'raf Ayat 96-99; Seri Tadabbur Al-Qur'an

Ibnu Jarir berkata: bahwa “Dalam percakapan masyarakat Arab, ar-riyasy berarti peralatan dan segala pakaian yang tampak secara lahiriyah”. Ali ibnu Abi Thalhah berkata dari Ibnu Abbas dan dikisahkan oleh Imam Bukhari juga dari Ibnu Abbas, ar-riyasy maknanya harta kekayaan.

وَلِبَاسُ التَّقْوَىٰ ذَٰلِكَ خَيْرٌ Terkait ayat ini Sebagian dari ulama ada yang membaca kalimat: “وَلِبَاسُ التَّقْوَىٰ” dengan memakai fathah pada huruf sin. Sedangkan ulama yang lainnya membacanya dengan memakai dhammah pada huruf sin dengan statusnya sebagai mubtada’, sedangkan “ذَٰلِكَ خَيْرٌ” sebagai khabar (predikat).

Para Ulama tafsir memiliki perbedaan pendapat berkenaan dengan makna kalimat َلِبَاسُ التَّقْوَىٰ. Ikrimah mengatakan: “Ada yang berkata ‘Yakni apa yang dipakai oleh orang-orang yang bertakwa pada hari Kiamat kelak'”. (Demikian diriwayatkan Ibnu Abi Hatim)

Sedangkan Zaid ibnu Ali, as-Suddi, Qatadah dan Ibnu Juraij berkata: ” َلِبَاسُ التَّقْوَىٰ” adalah iman. Al-Aufi berkata dari Ibnu Abbas, “yakni amal shalih”. Ad-Diyal ibnu Amr berkata dari Ibnu Abbas: “yakni keceriaan pada wajah”. Dari Urwah ibnu az-Zubair: “ َلِبَاسُ التَّقْوَىٰ” Berarti takut kepada Allah. Dan Abdurrahman ibnu Zaid ibnu Aslam berkata: ” َلِبَاسُ التَّقْوَىٰ” berarti merasa takut kepada Allah, lalu Dia menutupi auratnya”.

Baca Juga:  Surah Al-A'raf Ayat 50-51; Seri Tadabbur Al-Qur'an

Demikian uraian mengenai Surah Al-A’raf Ayat 26 berdasarkan Tafsir Jalalain dan Tafsir Ibnu Katsir, sebagai lanjutan dari Seri Tadabbur Al-Qur’an kita untuk surah ini. Semoga bermanfaat.

M Resky S
Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG