Surah Al-A’raf Ayat 96-99; Seri Tadabbur Al-Qur’an

Surah Al-A'raf Ayat 96-99

Pecihitam.org – Di dalam Surah Al-A’raf Ayat 96-99 Allah mengabarkan tentang minimnya keimanan para penduduk negeri-negeri yang kepada mereka telah diutus para Rasul sebagaimana juga dijelaskan di dalam Surah Saba’ ayat 34.

Firman Allah SWT di dalam Al Qur’an Surah Al-A’raf Ayat 96-99;

Surah Al-A’raf Ayat 96
وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَىٰ آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ وَلَٰكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

Terjemahan: Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.

Tafsir Jalalain: وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَىٰ (Dan jika sekiranya penduduk negeri-negeri) yang mendustakan آمَنُوا (beriman) terhadap Allah dan rasul-rasul mereka وَاتَّقَوْا (dan bertakwa) tidak kafir dan maksiat

لَفَتَحْنَا (pastilah Kami akan melimpahkan) dengan dibaca takhfif dan tasydid عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ (kepada mereka berkah dari langit) dengan melalui hujan وَالْأَرْضِ (dan bumi) dengan melalui tetumbuhan

وَلَٰكِنْ كَذَّبُوا (tetapi mereka mendustakan) rasul-rasul فَأَخَذْنَاهُمْ (maka Kami siksa mereka) Kami hukum mereka بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ (disebabkan perbuatan mereka sendiri).

Tafsir Ibnu Katsir: وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَىٰ آمَنُوا وَاتَّقَوْا (Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa). Maksudnya, hati mereka beriman dan membenarkan terhadap apa yang dibawa oleh para Rasul, lalu mereka mengikuti Rasul dan bertakwa dengan berbuat ketaatan dan meninggalkan semua larangan;

Baca Juga:  Surah Al-Isra Ayat 15; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ (Pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi). Maksudnya, hujan dari langit dan tumbuh-tumbuhan dari bumi.

وَلَٰكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ (Tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya) Maksudnya, tetapi mereka mendustakan Rasul-rasul yang diutus kepada mereka, maka Kami timpakan kepada mereka kebinasaan akibat berbagai dosa dan pelanggaran yang mereka lakukan.

Surah Al-A’raf Ayat 97
أَفَأَمِنَ أَهْلُ الْقُرَىٰ أَنْ يَأْتِيَهُمْ بَأْسُنَا بَيَاتًا وَهُمْ نَائِمُونَ

Terjemahan: Maka apakah penduduk negeri-negeri itu merasa aman dari kedatangan siksaan Kami kepada mereka di malam hari di waktu mereka sedang tidur?

Tafsir Jalalain: أَفَأَمِنَ أَهْلُ الْقُرَىٰ (Maka apakah merasa aman penduduk negeri-negeri itu) yang mendustakan أَنْ يَأْتِيَهُمْ بَأْسُنَا (dari kedatangan siksaan Kami kepada mereka) yaitu azab Kami بَيَاتًا (di malam hari) tengah malam وَهُمْ نَائِمُونَ (di waktu mereka sedang tidur) dalam keadaan lalai dari kedatangan azab itu.

Tafsir Ibnu Katsir: Setelah itu Allah Ta’ala berfirman, mengancam dan memperingatkan dari pelanggar perintah-Nya dan lancang terhadap larangan-Nya: أَفَأَمِنَ أَهْلُ الْقُرَىٰ (Maka apakah penduduk negeri-negeri itu merasa aman?) yaitu yang kafir.

Baca Juga:  Surah Al-A'raf Ayat 33; Seri Tadabbur Al-Qur'an

أَنْ يَأْتِيَهُمْ بَأْسُنَا (Dari kedatangan siksa Kami) yaitu adzab dan hukuman Kami. بَيَاتًا (di malam hari) arti dari bayaatan adalah lailan (malam hari). وَهُمْ نَائِمُونَ (di waktu mereka sedang tidur)

Surah Al-A’raf Ayat 98
أَوَأَمِنَ أَهْلُ الْقُرَىٰ أَنْ يَأْتِيَهُمْ بَأْسُنَا ضُحًى وَهُمْ يَلْعَبُونَ

Terjemahan: Atau apakah penduduk negeri-negeri itu merasa aman dari kedatangan siksaan Kami kepada mereka di waktu matahari sepenggalahan naik ketika mereka sedang bermain?

Tafsir Jalalain: أَوَأَمِنَ أَهْلُ الْقُرَىٰ أَنْ يَأْتِيَهُمْ بَأْسُنَا ضُحًى (Atau apakah penduduk negeri-negeri itu merasa aman dari kedatangan siksaan Kami kepada mereka di waktu matahari sepenggalah naik) pada waktu siang hari وَهُمْ يَلْعَبُونَ (ketika mereka sedang bermain).

Tafsir Ibnu Katsir: (Atau apakah penduduk negeri-negeri itu merasa aman dari kedatangan siksa Kami pada waktu matahari naik sepenggalah naik ketika mereka sedang bermain?) maksudnya pada saat itu mereka sedang sibuk atau lengah.

Surah Al-A’raf Ayat 99
أَفَأَمِنُوا مَكْرَ اللَّهِ ۚ فَلَا يَأْمَنُ مَكْرَ اللَّهِ إِلَّا الْقَوْمُ الْخَاسِرُونَ

Terjemahan: Maka apakah mereka merasa aman dari azab Allah (yang tidak terduga-duga)? Tiada yang merasa aman dan azab Allah kecuali orang-orang yang merugi.

Tafsir Jalalain: أَفَأَمِنُوا مَكْرَ اللَّهِ (Maka apakah mereka merasa aman dari tipu daya Allah.) yakni istidraj Allah terhadap mereka dengan memberi mereka banyak kenikmatan kemudian Ia menghukum mereka dengan sekonyong-konyong

Baca Juga:  Surah An-Nur Ayat 45-46; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

فَلَا يَأْمَنُ مَكْرَ اللَّهِ إِلَّا الْقَوْمُ الْخَاسِرُونَ (Tiada yang merasa aman dari tipu daya Allah kecuali hanya orang-orang yang merugi).

Tafsir Ibnu Katsir: أَفَأَمِنُوا مَكْرَ اللَّهِ (Maka apakah mereka merasa aman dari adzab Allah (yang tidak terduga-duga)?) yaitu siksaan, azab dan ketentuan-Nya terhadap mereka dan hukuman-Nya terhadap mereka, ketika mereka dalam keadaan alpa dan lengah. فَلَا يَأْمَنُ مَكْرَ اللَّهِ إِلَّا الْقَوْمُ الْخَاسِرُونَ (Tiada yang merasa aman dari adzab Allah kecuali orang-orang yang merugi).

Oleh karena itu Hasan al-Bashri mengatakan: “Seorang mukmin itu mengerjakan segala ketaatan, sedang ia merasa takut. Dan orang jahat berbuat kemaksiatan, sedang ia merasa aman”.

Alhamdulillah, demikianlah telah kita bahas bersama Surah Al-A’raf Ayat 96-99 berdasarkan Tafsir Jalalain dan Tafsir Ibnu Katsir yang merupakan kelanjutan dari seri Tadabbur Al Qur’an kita. Semoga bermanfaat.

M Resky S
Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG