Surah At-Taubah Ayat 48; Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an

Surah At-Taubah Ayat 48

Pecihitam.org – Kandungan Surah At-Taubah Ayat 48 ini menyatakan, sebelum ini juga pernah terjadi di berbagai kancah dan peristiwa dalam masyarakat. Mereka dengan lihainya menunjukkan penyimpangan hakikat yang ada untuk menipu masyarakat, bahkan mempecundangi para pemimpin dan pemuka masyarakat.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Menyebarkan fitnah, menciptakan perpecahan, menyimpangkan hakikat, menebar isu dan sensasi, membuat berita-berita palsu yang tidak berdasar merupakan pekerjaan yang dilakukan oleh orang-orang Munafikun untuk menjaga posisi dan kepentingannya dalam masyarakat.

Karena itu, pemimpin masyarakat Islam harus sepenuhnya jeli, waspada dan tanggap atas pengaruh negatif perkara-perkara semacam ini. Kewaspadaan harus tetapi dijaga, sekalipun Allah Swt akan membongkar kebusukan ini dan menampakkan hakikat yang sebenarnya, sekaligus masalah ini akan membuat orang-orang munafikin menjadi ketakutan.

Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an Surah At-Taubah Ayat 48

لَقَدِ ابْتَغَوُا الْفِتْنَةَ مِنْ قَبْلُ وَقَلَّبُوا لَكَ الْأُمُورَ حَتَّىٰ جَاءَ الْحَقُّ وَظَهَرَ أَمْرُ اللَّهِ وَهُمْ كَارِهُونَ

Baca Juga:  Surah Al-Mu'minun Ayat 1-11; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Terjemahan: Sesungguhnya dari dahulupun mereka telah mencari-cari kekacauan dan mereka mengatur pelbagai macam tipu daya untuk (merusakkan)mu, hingga datanglah kebenaran (pertolongan Allah) dan menanglah agama Allah, padahal mereka tidak menyukainya.

Tafsir Jalalain: لَقَدِ ابْتَغَوُا (Sesungguhnya mereka selalu ingin menjerumuskanmu) dirimu الْفِتْنَةَ مِنْ قَبْلُ (ke dalam kekacauan sejak dahulu) yaitu semenjak kamu datang di Madinah وَقَلَّبُوا لَكَ الْأُمُورَ (dan mereka mengatur berbagai macam tipu daya untuk merusakmu) mereka selalu berupaya untuk menipumu dan membatalkan agamamu

حَتَّىٰ جَاءَ الْحَقُّ (hingga datanglah kebenaran) yaitu pertolongan Allah وَظَهَرَ (dan menanglah) berjayalah أَمْرُ اللَّهِ (perkara Allah) yakni agama-Nya وَهُمْ كَارِهُونَ (padahal mereka tidak menyukai)nya. Akhirnya dengan terpaksa mereka masuk Islam akan tetapi hanya lahiriah saja.

Tafsir Ibnu Katsir: Allah Swt berfirman mengingatkan Nabi-Nya terhadap orang-orang munafik. Allah Swt berfirman: {لَقَدِ ابْتَغَوُا الْفِتْنَةَ مِنْ قَبْلُ وَقَلَّبُوا لَكَ الأمُورَ} Sesungguhnya dari dahulu pun mereka telah mencari-cari kekacauan dan mereka mengatur berbagai macam tipu daya untuk merusakkan)mu.

Baca Juga:  Surah At-Taubah Ayat 69; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Yakni sesungguhnya mereka telah menggunakan pikiran dan pendapatnya untuk membuat makar dan tipu muslihat terhadap dirimu dan sahabat-sahabatmu dengan tujuan menghinakan agamamu dan memadamkannya dalam kurun waktu yang panjang.

Hal ini terjadi di masa permulaan Nabi Saw. tiba di Madinah. Semua orang Arab bergabung menjadi satu melancarkan permusuhan mereka terhadap beliau, dan orang-orang Yahudi Madinah serta orang-orang munafiknya gencar memerangi beliau.

Tetapi setelah Allah memberinya kemenangan dalam Perang Badar dan meninggikan kalimah-Nya, maka Abdullah ibnu Ubay dan kawan-kawannya (dari kaum munafik) berkata bahwa agama ini merupakan perkara yang tidak boleh dianggap enteng.

Maka mereka (orang-orang munafik) mulai masuk Islam lahiriahnya secara beramai-ramai. Kemudian setiap Allah memenangkan Islam dan para pemeluknya, maka hal tersebut membuat mereka mendongkol dan tidak suka.

Karena itulah Allah Swt. berfirman: {حَتَّى جَاءَ الْحَقُّ وَظَهَرَ أَمْرُ اللَّهِ وَهُمْ كَارِهُونَ} hingga datanglah kebenaran (pertolongan Allah), dan menanglah agama Allah padahal mereka tidak menyukainya.

Baca Juga:  Surah At-Taubah Ayat 56-57; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Tafsir Quraish Shihab: Wahai Nabi, orang-orang munafik itu pernah berusaha untuk menebarkan fitnah di antara kalian dan merencanakan tipu daya untukmu. Allah menggagalkan rencana mereka dan mewujudkan kemenangan untukmu serta memenangkan agama-Nya sekalipun mereka membencinya.

Alhamdulillah, kita telah pelajari bersama kandungan Surah At-Taubah Ayat 48 berdasarkan Tafsir Jalalain, Tafsir Quraish Shihab dan Tafsir Ibnu Katsir. Semoga khazanah ilmu Al-Qur’an kita semakin bertambah.

M Resky S