Surah At-Taubah Ayat 85; Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an

Surah At-Taubah Ayat 85

Pecihitam.org – Kandungan Surah At-Taubah Ayat 85 ini Allah Swt mengingatkan orang-orang Mukmin, agar jangan tertipu dan tertarik pada glamournya dunia dan kekayaan yang berlimpah pada orang-orang Munafik.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Namun sebaliknya mereka harus memandang kepada orang munafik itu sebagai kerugian, betapa tidak, karena nikmat-nikmat Allah ini bila jatuh ke tangan orang-orang yang tidak memiliki iman kepada Tuhan, maka ia akan menjadi adzab dan siksaan bagi mereka. Hal itu berakibat jelek bagi mereka di dunia ini dan mereka akan meninggalkan dunia ini dalam keadaan masih kufur.

Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an Surah At-Taubah Ayat 85

وَلَا تُعْجِبْكَ أَمْوَالُهُمْ وَأَوْلَادُهُمْ ۚ إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ أَنْ يُعَذِّبَهُمْ بِهَا فِي الدُّنْيَا وَتَزْهَقَ أَنْفُسُهُمْ وَهُمْ كَافِرُونَ

Terjemahan: Dan janganlah harta benda dan anak-anak mereka menarik hatimu. Sesungguhnya Allah menghendaki akan mengazab mereka di dunia dengan harta dan anak-anak itu dan agar melayang nyawa mereka, dalam keadaan kafir.

Baca Juga:  Surah Al-Maidah Ayat 116-118; Seri Tadabbur Al Qur'an

Tafsir Jalalain: وَلَا تُعْجِبْكَ أَمْوَالُهُمْ وَأَوْلَادُهُمْ ۚ إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ أَنْ يُعَذِّبَهُمْ بِهَا فِي الدُّنْيَا وَتَزْهَقَ (Dan janganlah harta benda dan anak-anak mereka menarik hatimu. Sesungguhnya Allah menghendaki akan mengazab mereka di dunia dengan harta dan anak-anak itu dan agar melayang) dicabut أَنْفُسُهُمْ وَهُمْ كَافِرُونَ (nyawa mereka dalam keadaan kafir).

Tafsir Ibnu Katsir: Allah SWT berfirman kepada Rasul-Nya: {وَلَا تُعْجِبْكَ أَمْوَالُهُمْ وَأَوْلَادُهُمْ} Dan janganlah harta benda dan anak-anak mereka menarik hatimu. {إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ أَنْ يُعَذِّبَهُمْ بِهَا فِي الدُّنْيَا} Sesungguhnya Allah menghendaki dengan (memberi) harta benda dan anak-anak itu untuk menyiksa mereka dalam kehidupan di dunia.

Al-Hasan Al-Basri mengatakan bahwa makna yang dimaksud ialah mereka dibebani untuk membayar zakatnya dan menginfakkan sebagian darinya di jalan Allah (padahal semuanya itu tidak diterima dari mereka).

Qatadah mengatakan bahwa di dalam ayat ini terkandung taqdim dan takhir. Bentuk lengkapnya ialah, “Janganlah kamu terpesona dengan harta dan anak-anak mereka di dalam kehidupan dunia ini. Sesungguhnya Allah hanya menghendaki untuk mengazab mereka di akhirat nanti dengan harta dan anak-anak mereka itu.”

Baca Juga:  Surah At-Taubah Ayat 13-15; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Tetapi Ibnu Jarir memilih pendapat yang dikatakan oleh Al-Hasan. Apa yang dikatakan oleh Al-Hasan kuat lagi baik.

{وَتَزْهَقَ أَنْفُسُهُمْ وَهُمْ كَافِرُونَ} dan kelak akan melayang nyawa mereka, sedangkan mereka dalam keadaan kafir. Artinya, Allah menghendaki agar mereka mati dalam keadaan kafir.

Dengan demikian, hal tersebut lebih pedih dan lebih keras bagi siksaan yang akan diterima mereka; semoga Allah melindungi kita dari hal tersebut. Apa yang disebutkan oleh ayat ini merupakan istidraj bagi mereka.

Adapun Penjelasan lebih lanjut mengenai tafsir ayat ini telah dikemukakan sebelumnya pada ayat yang senada dengan ayat ini, yaitu pada Surah At-Taubah ayat 55.

Tafsir Quraish Shihab: Jangan pula engkau heran dengan banyaknya harta dan anak yang Kami berikan kepada mereka yang Kami sertai dengan kemurkaan Kami.

Baca Juga:  Surah Hud Ayat 100-101; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Hal itu bukan berarti bahwa mereka lebih baik, tetapi justru untuk melaksanakan kehendak Allah untuk menyengsarakan mereka di dunia dengan diperbudak oleh ketamakan mengumpulan harta dan kekhawatiran yang timbul kemudian.

Selain itu, hal itu juga dimaksudkan untuk melaksanakan kehendak Allah untuk mematikan mereka dalam keadaan kafir. Mereka benar-benar rugi dunia dan akhirat.

Alhamdulillah, kita telah mentadaburi bersama kandungan Surah At-Taubah Ayat 85 menurut Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Quraish Shihab. Semoga semakin menambah khazanah ilmu Al-Qur’an kita.

M Resky S