Surah Yusuf Ayat 1-3; Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an

Surah Yusuf Ayat 1-3

Pecihitam.org – Sebelum mentadabburi kandungan Surah Yusuf Ayat 1-3 ini, terlebih dahulu mari kita membahas sekilas profil Surah Yusuf ini sendiri. Surah ini adalah surah yang ke-12 dalam Al-Qur’an yang terdiri dari 111 ayat dan termasuk dalam kelompok surah-surah Makkiyah.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Surah ini dinamakan sebagai surah Yusuf karena isinya banyak bercerita tentang riwayat Nabi Yusuf. Kisah Yusuf dalam surah ini diceritakan pada 78 ayat. Riwayat tersebut salah satu di antara cerita-cerita gaib yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad sebagai mukjizat bagi dia, sedang dia sebelum diturunkan surah ini tidak mengetahuinya.

Dari cerita Yusuf ini, Nabi Muhammad mengambil pelajaran-pelajaran yang banyak dan merupakan penghibur terhadap dirinya dalam menjalankan tugas kenabiannya.

Menurut riwayat Al Baihaqi dalam kitab Ad-Dalail bahwa segolongan orang Yahudi masuk agama Islam setelah mereka mendengar kisah Yusuf ini, karena cocok dan sama dengan cerita-cerita yang mereka ketahui.

Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an Surah Yusuf Ayat 1-3

Kini marilah kita sama-sama mempelajari kandungan Surah Yusuf Ayat 1-3. Pada ayat yang pertama disebut sebagai kitab suci yang jelas dan menjelaskan (al-kitab al-mubin).

Sementara di ayat kedua disebut sebagai bacaan yang berbahasa Arab (al-Qur’an al-‘Arabiyy). Hal ini berarti, al-Qur’an harus dipelihara dalam bentuk tulisan dan hafalan sekaligus.

Kemudian pada ayat ketiga disebutkan bahwa al-Qur’an mengandung kisah-kisah terbaik yang belum diketahui oleh Nabi Muhammad SAW sebelum turunnya wahyu. Hal ini membuktikan bahwa al-Qur’an adalah wahyu Allah.

Surah Yusuf Ayat 1
الر ۚ تِلْكَ آيَاتُ الْكِتَابِ الْمُبِينِ

Baca Juga:  Surah Yusuf Ayat 37-38; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Terjemahan: Alif, laam, raa. Ini adalah ayat-ayat Kitab (Al Quran) yang nyata (dari Allah).

Tafsir Jalalain: الر (Alif laam raa) hanya Allahlah yang mengetahui maksudnya تِلْكَ (ini) ayat-ayat ini آيَاتُ الْكِتَابِ (adalah ayat-ayat Kitab) yakni Alquran; idhafat di sini mengandung makna min, artinya bagian daripada Alquran الْمُبِينِ (yang jelas) yang membedakan perkara hak daripada perkara yang batil.

Tafsir Ibnu Katsir: تِلْكَ آيَاتُ الْكِتَابِ (Itu adalah ayat-ayat al-Kitab) yaitu ini adalah ayat-ayat al-Kitab, ia adalah al-Qur’an yang menjelaskan yaitu yang memberikan penjelasan yang jelas, yang menerangkan segala yang samar, menafsirkan dan menjelaskannya.

Tafsir Quraish Shihab: Alif, Lam, Ra’. Huruf-huruf tersebut, dan huruf-huruf serupa lainnya yang merupakan bagian dari bahasa kalian, bangsa Arab, adalah juga bagian dari ayat-ayat al-Qur’ân yang mengandung mukjizat.

Al-Qur’an itu juga jelas dan menjelaskan kepada orang yang mencari kebenaran dan petunjuk. Huruf-huruf fonetis ini juga untuk menggugah perhatian mereka sehingga memperhatikan apa yang akan dibacakan walaupun mereka telah sepakat untuk tidak mendengarkannya.

Surah Yusuf Ayat 2
إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

Terjemahan: Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.

Tafsir Jalalain: إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا (Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Alquran dengan berbahasa Arab) dengan memakai bahasa Arab لَعَلَّكُمْ (agar kalian) hai penduduk Mekah تَعْقِلُونَ (memahaminya) memahami makna-maknanya.

Tafsir Ibnu Katsir: (Sesungguhnya Kami telah menurunkannya berupa al-Qur’an dengan bahasa Arab, agar kamu memahaminya) karena bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, paling jelas, paling luas dan paling tepat untuk dapat menyampaikan makna [maksud] yang ada di dalam jiwa.

Baca Juga:  Surah Al-Jin Ayat 25-28; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Oleh karena itu, Kitab yang paling mulia ini diturunkan dengan bahasa yang paling mulia, kepada Rasul yang paling mulia, dengan utusan Malaikat yang paling mulia, di bumi yang mulia, diturunkan pada bulan yang paling mulia yaitu bulan Ramadhan.

Tafsir Quraish Shihab: Sesungguhnya Kami menurunkan kepadamu, Muhammad, sebuah firman berbahasa Arab yang dapat dibaca dan dihafal oleh bangsa Arab, agar mereka dapat memahaminya dan menyampaikannya kepada orang lain.

Surah Yusuf Ayat 3
نَحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ أَحْسَنَ الْقَصَصِ بِمَا أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ هَٰذَا الْقُرْآنَ وَإِنْ كُنْتَ مِنْ قَبْلِهِ لَمِنَ الْغَافِلِينَ

Terjemahan: Kami menceritakan kepadamu kisah yang paling baik dengan mewahyukan Al Quran ini kepadamu, dan sesungguhnya kamu sebelum (Kami mewahyukan)nya adalah termasuk orang-orang yang belum mengetahui.

Tafsir Jalalain: نَحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ أَحْسَنَ الْقَصَصِ بِمَا أَوْحَيْنَا (Kami menceritakan kepadamu kisah yang paling baik dengan mewahyukan) melalui apa yang Kami wahyukan,

إِلَيْكَ هَٰذَا الْقُرْآنَ وَإِنْ (Alquran ini kepadamu dan sesungguhnya) lafal in merupakan takhfif daripada lafal inna, كُنْتَ مِنْ قَبْلِهِ لَمِنَ الْغَافِلِينَ (kamu sebelumnya adalah termasuk orang-orang yang belum mengetahui).

Tafsir Ibnu Katsir: نَحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ أَحْسَنَ الْقَصَصِ بِمَا أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ هَٰذَا الْقُرْآنَ (Kami menceritakan kepadamu kisah yang paling baik dengan mewahyukan al-Qur-an ini kepadamu) artinya dengan cara Kami mewahyukan al-Qur’an ini kepadamu.

Disebutkan bahwa sebab turunnya [asbabun nuzul] ayat ini adalah sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari Ibnu ‘Abbas mengatakan, mereka [para shahabat] berkata kepada Rasulullah saw.: “Wahai Rasulallah Kami mohon engkau bercerita kepada kami.” Maka turunlah ayat:

Baca Juga:  Surah Al-Qiyamah Ayat 16-25; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

نَحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ أَحْسَنَ الْقَصَصِ (Kami menceritakan kepadamu kisah yang paling baik) Dia juga meriwayatkan dari Mush’ab bin Sa’ad, dari ayahnya dia berkata: “Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. maka dibacakan kepada mereka beberapa waktu lamanya. Kemudian mereka berkata kepada beliau:

‘Ya Rasulallah, sekiranya engkau bercerita kepada kami?’ Maka Allah menurunkan ayat pertama dan kedua yang terdapat dalam surah Yusuf ini, maka dibacakanlah oleh beliau kepada mereka beberapa waktu lamanya. Kemudian Allah menurunkan ayat: “Allah [telah] menurunkan sebaik-baik perkataan.” (Qs. az-Zumar: 23) dan ayat seterusnya.

Tafsir Quraish Shihab: Kami menyampaikan kepadamu, Muhammad, kisah yang paling baik dengan cara mewahyukan kitab suci al-Qur’an ini kepadamu. Sebelum menerima wahyu itu kamu termasuk orang-orang yang belum mengetahui isinya dan yang mengandung nasihat-nasihat dan ayat-ayat yang jelas.

Alhamdulillah, kita telah pelajari bersama kandungan Surah Yusuf Ayat 1-3 berdasarkan Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Quraish Shihab. Semoga Allah merahmati dan mengasihi kita semua. Amin

M Resky S