Surah Yusuf Ayat 36; Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an

Surah Yusuf Ayat 36

Pecihitam.org – Kandungan Surah Yusuf Ayat 36 ini menceritakan bahwa di dalam penjara Yusuf berada satu sel dengan dua orang pengawai kerajaan yang dipenjara karena kesalahan yang mereka lakukan. Suatu hari keduanya mengisahkan mimpi yang mereka lihat tadi malam kepada Yusuf, dengan harapan bahwa Yusuf mengetahui maksud mimpi mereka.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Karena mereka tahu bahwa Yusuf masuk ke dalam penjara karena menolak kemaksiatan yang diminta oleh Zulaikha, sehingga mereka ini yakin bahwa Yusuf adalah orang yang bersih dan mulia.

Mimpi yang dialami oleh kedua orang tahanan tersebut berbeda dan aneh. Oleh karena itu, mereka merasa bahwa mimpi mereka itu mengandungi arti dan makna tertentu dan berkaitan dengan nasib mereka dalam penjara.

Yang pertama bermimpi tengah memeras anggur untuk membuat minuman untuk raja sedangkan yang kedua bermimpi tengah membawa roti di atas kepalanya dan burung-burung berdatangan memakan roti-roti tersebut.

Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an Surah Yusuf Ayat 36

وَدَخَلَ مَعَهُ السِّجْنَ فَتَيَانِ ۖ قَالَ أَحَدُهُمَا إِنِّي أَرَانِي أَعْصِرُ خَمْرًا ۖ وَقَالَ الْآخَرُ إِنِّي أَرَانِي أَحْمِلُ فَوْقَ رَأْسِي خُبْزًا تَأْكُلُ الطَّيْرُ مِنْهُ ۖ نَبِّئْنَا بِتَأْوِيلِهِ ۖ إِنَّا نَرَاكَ مِنَ الْمُحْسِنِينَ

Terjemahan: Dan bersama dengan dia masuk pula ke dalam penjara dua orang pemuda. Berkatalah salah seorang diantara keduanya: “Sesungguhnya aku bermimpi, bahwa aku memeras anggur”. Dan yang lainnya berkata: “Sesungguhnya aku bermimpi, bahwa aku membawa roti di atas kepalaku, sebahagiannya dimakan burung”. Berikanlah kepada kami ta’birnya; sesungguhnya kami memandang kamu termasuk orang-orang yang pandai (mena’birkan mimpi).

Baca Juga:  Surah Al-Anbiya Ayat 30-33 ; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Tafsir Jalalain: وَدَخَلَ مَعَهُ السِّجْنَ فَتَيَانِ (Dan bersama dengan dia masuk pula ke dalam penjara dua orang pemuda) dua orang pelayan raja; salah seorang di antaranya bekas atau mantan penyuguh minumannya dan yang seorang lainnya mantan penyuguh makanannya. Kemudian mereka berdua melihat bahwa Nabi Yusuf pandai menakwilkan arti mimpi lalu keduanya sepakat untuk mengujinya.

قَالَ أَحَدُهُمَا (Berkatalah salah seorang di antara keduanya) yaitu mantan penyuguh minuman raja إِنِّي أَرَانِي أَعْصِرُ خَمْرًا (“Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku memeras khamar.”) yang dimaksud adalah memeras anggur

وَقَالَ الْآخَرُ (Dan yang lainnya berkata) yaitu mantan penyuguh hidangan raja إِنِّي أَرَانِي أَحْمِلُ فَوْقَ رَأْسِي خُبْزًا تَأْكُلُ الطَّيْرُ مِنْهُ ۖ نَبِّئْنَا (“Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku membawa roti di atas kepalaku, sebagiannya dimakan burung. Berikanlah kepada kami) ceritakanlah kepada kami بِتَأْوِيلِهِ (takbirnya) arti impian itu إِنَّا نَرَاكَ مِنَ الْمُحْسِنِينَ (sesungguhnya kami memandang kamu termasuk orang-orang yang pandai menakwilkan mimpi.”).

Tafsir Ibnu Katsir: Qatadah mengatakan: “Salah seorang dari mereka berdua adalah pelayan minuman raja, sedang yang lain adalah tukang pembuat roti raja.” As-Suddi berkata: “Bahwa mereka dipenjara dengan tuduhan meracuni makanan dan minuman raja.”

Baca Juga:  Surah Yusuf Ayat 37-38; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Sedangkan Yusuf terkenal di penjara itu karena sifat kedermawanan, dapat dipercaya, kejujuran kata-katanya, baik, banyak beribadah, dapat meta’birkan mimpi, suka berbuat baik kepada orang-orang yang dipenjara, menjenguk yang sakit, dan melaksanakan hak-hak mereka.

Setelah dua pemuda itu masuk penjara, mereka akrab dengan Yusuf dan sangat mencintainya, mereka berdua mengatakan: “Kami sangat mencintaimu.”

Yusuf menjawab: “Semoga Allah memberkahi kalian, setiap kali orang mencintaiku pasti aku mendapatkan kerugian (bahaya) karena kecintaan: “Bibiku mencintaiku, kemudian menyebabkan kerugian padaku, ayahku mencintaiku, kemudian menyebabkan aku disakiti saudara-saudaraku, demikian pula setelah isteri al-‘Aziz mencintaiku.” Mereka berdua menjawab: “Demi Allah, kami tidak dapat berbuat selain itu.”

Kemudian mereka bermimpi, penyaji minuman bermimpi bahwa dia memeras khamr, maksudnya anggur (‘inab) Seperti dalam bacaan ‘Abdullah bin Mas’ud: “innii araanii a’sharu ‘inaban” dan beliau mengatakan bahwa penduduk Oman menamakan ‘inab dengan khamr.”

Ikrimah berkata: “pemuda itu berkata kepada Yusuf: Aku bermimpi dalam tidur bahwa aku menanam pohon anggur kemudian tumbuh, berbuah, kuperas dan kupersembahkan kepada raja. Pemuda yang lain, tukang roti, mengatakan: ‘Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku membawa roti di atas kepalaku, sebahagiannya dimakan burung. Berikanlah kepada kami ta’birnya,” dan seterusnya.

Yang masyhur bagi kebanyakan ulama tafsir adalah pendapat yang telah kami kemukakan, yaitu bahwa kedua pemuda itu telah bermimpi dan keduanya meminta kepada Yusuf untuk menafsirkan mimpi mereka masing-masing. Ibnu Jarir meriwayatkan dari ‘Abdullah bin Mas’ud, ia mengatakan: “Kedua kawan Yusuf tersebut sama sekali tidak bermimpi, tetapi mereka berpura-pura mimpi untuk mengujinya.”

Baca Juga:  Surah Yusuf Ayat 54-55; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Tafsir Quraish Shihab: Bersama Yusuf, masuk pula ke dalam penjara dua orang pemuda dari pelayan raja. Salah seorang di antara mereka berkata kepada Yusuf, “Aku bermimpi memeras anggur untuk kujadikan khamar.”

Yang lainnya berkata, “Aku bermimpi membawa roti di atas kepala, kemudian sebagian roti itu dimakan burung. Beritahulah kami, hai Yusuf, takwil mimpi kami dan kesudahan nasib kami berdasarkan petunjuk mimpi itu. Sesungguhnya Kami sangat yakin bahwa kamu termasuk orang-orang yang mempunyai sifat baik dan kemampuan menakwil mimpi dengan baik.”

Shadaqallahul ‘adzhim. Alhamdulillah, telah kita pelajari bersama kandungan Surah Yusuf Ayat 36 berdasarkan Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Quraish Shihab. Semoga Allah merahmati dan mengasihi kita semua. Amin

M Resky S