Yang Hobi Traveling, Yuk Intip Kota Peninggalan Peradaban Islam di Spanyol

kota islam di spanyol

Pecihitam.org – Negara Eropa yang selama ini dikenal dengan berbagai bangunan-bangunan yang megah tersebut, ternyata pernah menjadi bagian dari sejarah peradaban Islam. Salah satu wilayah yang berhasil di taklukkan oleh umat Islam adalah kota Andalusia atau yang sekarang menjadi negara Spanyol.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Kekuasaan islam di Spanyol berlangsung cukup lama, sejak tahun 711-1492 M, yaitu di awali dengan pertempuran Guadatele yang di pimpin oleh Thariq bin Ziyad dan berhasil memasuki wilayah Visigothic. Tidak butuh waktu lama Thariq bin Ziyad bersama pasukannya pun berhasil menguasai hampir separuh dari wilayah Spanyol.

Nah bagi kamu yang hobi traveling sepertinya perlu nih kapan-kapan mengunjungi, beberapa wilayah yang menjadi kota peninggalan peradaban Islam di Spanyol adalah sebagai berikut,

1. Granada

Alhambra

Di kota Granada terdapat satu bangunan yang bernama Istana Alhambra, yang seluruh bangunannya di hiasi dengan ubin dan batu bata berwarna merah dan keramik bernuansa islami. Seluruh bagian luar dan dalam bangunan terdapat pilar-pilar panjang yang berfungsi sebagai penyangga serta penghias bangunan dan di lengkapi dengan kaligrafi serta ukiran yang khas dan langka . Istana Alhambra juga memiliki taman bunga di sekitar bangunannya.

Baca Juga:  Apa Sih Tahlilan Itu? Sunnah dan Fadhilah Apa Sih Di Dalamnya?

2. Cordoba

Masjid Cordoba

Kota Cordoba yang terletak di sebelah selatan Spanyol ini pernah menjadi Ibu kota pada masa pemerintahan Bani Umayyah (711 M-1139 M). Cordoba termasuk dari salah satu dari kota terkaya peninggalan sejarah islam.

Di Cordoba terdapat sebuah bangunan Masjid bernama Mezquita Cathedral, sebelum menjadi Masjid bangunan tersebut sebenarnya adalah sebuah gereja bernama Katedral Saint Vincent yang telah di bangun pada tahun 600 M.

Adapun Masjid Cordoba yang menjadi peninggalan peradaban islam yang di buat oleh Abdurrahman I (787 M). dan sekarang Masjid Cordoba telah bebrapakali di renovasi untuk di perbesar bangunannya.

Masjid Cordoba di lengkapi dengan Menara yang di sebut dengan Torre de Alminar, yang memiliki tinggi sekitar 93 meter, terletak di gerbang utama Masjid Cordoba. Menara tersebut dulu di gunakan sebagai tempat adzan namun sekarang telah berubah menjadi tempat lonceng Boroque.

3. Sevilla

Menara La Giralda

Kota Sevilla atau di kenal dengan Asbiliva dan termasuk salah satu kota yang pernah berada di bawah kekuasaan Islam. Di kota Sevilla terdapat banyak sekali arstitektur bangunan yang sangat kental dengan nuansa islam seperti Menara La Giralda, yaitu menara terindah di Benua Eropa yang awalnya berfungsi sebagai menara Masjid. Namun sekarang beralih fungsi sebaga lonceng Katedral Sevilla.

Baca Juga:  Ini 10 Sahabat yang Memiliki Jaminan Surga! Baca Kisahnya Disini

Adapaun selain menara La Giralda, terdapat sebuah bangunan sangat megah di lengkapi dengan ornament dinding bertuliskan arab yaitu, Alcasar Sevila. Kota Sevila juga memiliki menara emas yang di sebut dengan Torre del Oro. Menara tersebut dulunya di bangun berfungsi sebagai tempat pengawasan untuk mempertahankan Kota Sevilla dari serangan musuh.

Menara Torre de Oro di lengkapi dengan rangkaian rantai raksasa yang menyambung dengan menara Torre de la Plata di seberang sungai. Kedua menara tersebut di gunakan untuk menghalau invasi kapal pasukan kerajaan Kristen, sehingga tidak dapat memasuki kota Sevilla.

4. Toledo

Toledo

Kota Toledo pernah menjadi ibu kota dari kerajaan Spanyol dan terletak di daerah Castilla la Mancha. Toledo ialah salah satu wilayah Spanyol yang pernah berada di bawah kekuasaan Islam.

Bangsa arab menyebut kota Toledo sebagai Tulaytullah, selain itu Toledo memiliki tingkat toleransi yang tinggi bagi umat beragama. Bahkan seluruh umat dari Yahudi, Kristen dan Islam hidup dengan damai dan harmonis, sehingga keadaan tersebut di kenal dengan La Convivencia (The Coexistence).

Baca Juga:  Integrasi Ajaran Islam dengan Bidang Keilmuan Lain

Oleh sebab itu, Toledo menjadi wilayah pusat penerjemah berbagai ilmu pengetahuan. Seluruh Ilmuwan dari Yahudi, Kristen dan Islam saling bekerjasama dalam usahanya menerjemahkan karya-karya ilmiah dari bahasa arab dan bahasa latin.

Terdapat bangunan Masjid bernama Bab Al-Mardum, kemudian di ubah menjadi Mezqquita Cristo de La Luzz yang di bangun oleh bangsa Moor pada tahun 999 M. Masjid tersebut di lengkapi dengan pilar-pilar yang desainnya mirip seperti Masjid Agung Cordoba.

Meskipun peradaban Islam di Spanyol sudah lama berakhir namun masih terdapat kota dan juga banyak sekali peninggalan-peninggalan peradaban Islam disana yang layak untuk dikunjungi sambil mengenang sejarah.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik