Ada Banyak Keutamaan Membaca Surat Yasin, Jangan Sia-siakan!

keutamaan membaca surat yasin

Pecihitam.org – Surat Yasin merupakan bacaan populer di masyarakat saat mengisi kegiatan keagamaan di malam Jumat. Surat ini banyak dibaca di majelis-majelis. Ada yang menjadikannya sebagai rangkaian bacaan tahlil, sebagian lagi membacanya untuk mengawali pengajian, ada pula yang menjadikan bacaan Yasin sebagai acara inti yang biasa kita kenal dengan sebutan jamaah Yasinan, atau sebatas rutinitas individu yang dibaca di setiap malam Jumat. Sebenarnya, apa saja keutamaan membaca surat Yasin itu?

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Surat Yasin merupakan salah satu surat yang mempunyai segudang keistimewaan. Surat Yasin termasuk sebagai surat Makkiyah. Surat Yasin berjumlah 83 ayat yang di dalamnya mencakup ayat-ayat pendek dan mampu mengikat serta menggetarkan hati orang orang mukmin yang mendengarnya, termasuk orang-orang yang berhati jahat dan dipenuhi dengan perasaan iri, dengki dan dendam.

Bait-bait yang terdapat dalam Surat yasin dapat meluruhkan niat-niat jahat seseorang karena kekuatan surat Yasin dapat menghalau kegigihan setan atau jin kafir yang sedang menggoda manusia untuk melakukan hal hal yang mengandung dosa. Berikut keutaman membaca surat Yasin:

Baca Juga:  Terjemahan dan Tafsir Surah Al Baqarah Ayat 75-80

Pertama, akan dikabulkan permintaannya.

Keutamaan membaca Surat Yasin yang pertama ini ditegaskan dalam sebuah hadits riwayat Abu Daud sebagai berikut:

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله

Artinya: “Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr)

Kedua, akan mendapatkan pahala sepuluh kali membaca Alquran.

Surat Yasin juga mempunyai keutamaan berdasarkan hadits-hadits di bawah ini:

Kami diberitahu Qutaibah dan Sufyan bin Waki’, kami diberitahu Humaid bin Abdurrahman al-Rausy dari Hasan bin Shalih dari Harun bin Abu Muhammad dari Muqatil bin Hayyan dari dari Qatadah dari Anas:

قال النبي صلى الله عليه و سلم : إن لكل شيء قلبا وقلب القرآن يس ومن قرأ يس كتب الله له بقراءتها قراءة القرآن عشر مرات

Artinya : Dari Anas, Bersabda Nabi SAW : Sesungguhnya bagi setiap sesuatu ada hatinya. Hati al-Qur’an adalah Yasin. Barangsiapa membaca Yasin, maka  dengan sebab membacanya, Allah mewajibkan untuknya pahala sepuluh kali membaca al-Qur’an (H.R. Turmidzi)

Baca Juga:  Surat Yasin dan Tahlil; Dalil dan Doa Setelah Membacanya

Ketiga, akan diampuni dosanya.

Keutamaan yang ketiga ini berdasarkan hadits Hasan, mendengar Abu Hurairah berkata:

 قال رسول الله ـ صلى الله عليه و سلم من قرأ  يس  في ليلة أصبح مغفورا له

Artinya: “Bersabda Nabi SAW: Barangsiapa membaca Yasin pada malam harinya, maka paginya dia diampuni dosanya” (H.R. Abu Ya’la)

Keempat, kita bisa menjadikan surat Yasin sebagai doa yang penuh kebaikan bagi orang-orang yang sedang sakaratul maut.

Apabila kita mampu mengamalkannya dengan sikap yang penuh dengan kesabaran, keyakinan dan keimanan yang kuat maka segalanya akan dimudahkan langsung oleh Allah SWT. Hal ini sesuai dengan hadits Ma’qal bin Yasar yang menyebutkan bahwa:

يس قَلْبُ القُرْآن لَا يَقْرَؤهَا رَجُلٌ يُرِيْدُ اللهَ وَالدَّارَ الآخِرَةَ إلَّا غَفَرَ لَهُ اقْرَءُوْهَا عَلَى مَوْتَاكُمْ

Baca Juga:  Surah Al-Mu'min Ayat 82-85; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Artinya: “Surat Yasin adalah jantung Al-Qur’an. Siapa saja yang membacanya semata-mata karena Allah dan berharap kebahagiaan akhirat maka ia akan diampuni. Maka bacakanlah surat Yasin di samping saudaramu yang sedang sekarat.”

Selain empat keutamaan yang telah dijelaskan di atas, sebenarnya masih ada banyak sekali manfaat atau keutamaan membaca surat Yasin. Maka sebagai umat Islam, mari memperbanyak membaca surat Yasin. Insya Allah apabila kebiasaan ini telah rutin dijalankan maka kita semua akan mendapatkan manfaat dari membaca surat Yasin. Aaamin.

Ayu Alfiah

Leave a Reply

Your email address will not be published.