Doa Ketika Mengalami Kesulitan Hidup yang Diajarkan Rasulullah Saw

doa ketika mengalami kesulitan

Pecihitam.org – Setiap manusia tentu pernah mengalami fase sulit dalam hidupnya. Dalam kondisi demikian, biasanya hati terasa pilu akibat kesulitan dan kesusahan yang menerpa hidup. Ketika satu masalah selesai akan datang masalah baru yang harus diselesaikan. Sebab hakikat kehidupan ini adalah tempat dimana manusia diuji dengan berbagai cobaan, dan barang siapa di antara kita yang paling baik amal shalehnya itulah yang akan lulus ujian tersebut.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Sejatinya kesulitan itu datang untuk dipecahkan dan diselesaikan, bukan hanya pura-pura bahagia yang akhirnnya menjadikan hidup kita rapuh, neurotisme dan emosional. Sebab kesulitan hidup tidak akan pernah selesai, yang ada hanyalah kesulitan itu datang silih berganti hingga manusia menjemput ajalnya.

Banyak orang yang mengalami kesulitan hidup. Faktornya bisa apa saja, seperti kemiskinan, pengangguran, tak punya pasangan, tak punya anak, dan lain sebagainya. Akan tetapi, manusia tidak diperbolehkan untuk putus ada dan berhenti berusaha apalagi berpangku tangan. Karena, kesulitan hanya hanya bisa dilewati dengan usaha yang telah ditempuh.

Baca Juga:  Amalan Doa Nabi Yunus untuk Menghilangkan Kesusahan

Kesulitan tidak hanya melanda manusia biasa, bahkan Rasulullah Muhammad SAW dan keluarganya juga pernah mengalami. Ketika kesulitan hidup datang menyapa, maka hal pertama yang kita lakukan adalah mencari pertolongan.

Adapun sebagai orang yang beriman, sudah sewajibnya hanya meminta pertolongan kepada Allah. Sebab kesulitan datangnya adalah dari Allah, maka Allah pulalah yang paling tahu jalan keluar terbaik untuk hamba-Nya dari kesulitan itu.

Selain itu Allah sudah menjamin bahwa manusia hanya akan diuji kesulitan tidak lebh dari kesanggupan yang ia bisa. Oleh sebab itu, kita wajib percaya bahwa dibalik setiap kesulitan pasti akan ada kemudahan. Akan tetapi baik atau tidaknya akan kembali pada niat dan usaha yang dilakukan masing-masing.

Hal tersebut senada dengan firman Allah QS Al Baqarah ayat 286:

لا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا

Baca Juga:  Doa Ketika Malas, Yang Merasa Pemalas Wajib Hafal

Artinya: “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya”

Rasulullah Saw juga telah mengajarkan sebuah doa kepada umatnya ketika mengalami kesulitan hidup. Doa ini dapat diamalkan ketika kita mengalami kesulitan, merasa rapuh, berat, tak tentu arah dan tak tau lagi harus berbuat apa selain memohon pertolongan pada Allah Swt.

Datanglah kepada Allah dengan memohon pada-Nya dengan untaian doa terbaik, bukan mengeluh dan galau yang justru malah dapat melemahkan hati dan akal kita. Doa tersebut disebutkan dalam hadis dari Anas bin Malik, sebagaimana berikut:

اللهم لا سهل إلا ما جعلته سهلاً فأنت تجعل الحزن إن شئت سهلا

Artinya: “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali apa yang engkau jadiakn mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya”.

Selain itu dalam hadits lain dari Anas bin Malik juga terdapat doa ketika mengalami kesulitan yang diajarkan oleh Rasulullah. Berikut doanya:

Baca Juga:  Dzikir Yang Disukai Allah dan Mudah di Hafalkan

اللّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُبِكَ مِنَ الهَمِّ وَالحَزَنِ, والعَجْزِ وَاْلكَسَلِ، وَالجُبْنِ وَالبُخْلِ، وضَلْعِ الدَّينِ, وغَلَبةِ الرِّجَال

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari sifat gelisah (pesimis), sedih, malas, kikir, pengecut, terlilit hutang, dan keganasan orang lain”.

Demikian, semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua, dan semoga kita semua dan diberi kekuatan oleh Allah untuk melewati setiap tahapan kehidupan dengan selamat dan berhasil menjadi umat Muhammad SAW yang sukses dunia maupun akhirat. Amiin yarabbal’alamin.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik