Jangan Lewatkan Waktu-Waktu Terbaik Untuk Bersedekah Ini

waktu terbaik untuk bersedekah

Pecihitam.org – Sedekah adalah amal ibadah yang besar pahalanya. Keberadaannya pun tidak hanya berkaitan dengan penghambaan kepada Sang Khaliq, namun juga merupakan sikap solidaritas kepada sesama manusia. Pelaksanakan sedekah dianjurkan di setiap waktu selagi kita memiliki kelapangan baik tenaga, pikiran, maupun harta. Sebenarnya, kapan sih waktu terbaik untuk bersedekah?

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Dalam kehidupan sehari-hari, ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan bekal di akhirat kelak. Salah satunya adalah bersedekah. Dengan membagi sebagian harta atau kebaikan kepada orang lain yang membutuhkan,  insyaallah kita sudah menabung bekal yang baik untuk kehidupan akhirat. Ibadah sedekah sebenarnya bukan hal yang sulit dikerjakan. Seorang muslim bisa bersedekah di mana saja dan kapan saja apabila memiliki rezeki berlebih, sedekah dapat dilakukan.

Allah memuji orang yang bersedekah dalam Alquran sebagaimana berikut:

الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ

Artinya: “(yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rizki yang Kami anugerahkan kepada mereka.” (QS. Al-Baqarah ayat 3).

Sebenarnya, sedekah bisa dilakukan kapan saja dan di mana pun berada serta kepada siapa pun. Dalam ajaran Islam, bersedekah memiliki pahala lebih besar bila dilakukan di waktu-waktu utama, di antaranya di hari Jumat. Beberapa hadits menyebutkan anjuran khusus untuk bersedekah di hari Jumat. Di antaranya adalah hadits berikut:

Baca Juga:  Bolehkah Bersedekah Kepada Non-Muslim?

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ عَلَى مِنْبَرِهِ يَا أَيُّهَا النَّاسُ تُوبُوا إِلَى رَبِّكُمْ قَبْلَ أَنْ تَمُوتُوا وَبَادِرُوا إِلَيْهِ بِالْأَعْمَالِ الصَّالِحَةِ وَصِلُوا الَّذِي بَيْنَهُ وَبَيْنكُمْ بِكَثْرَةِ ذِكْرِكُمْ وَبِكَثْرَةِ الصَّدَقَةِ فِي السِّرِّ وَالْعَلَانِيَّةِ، تُؤْجَرُوا، وَتُنْصَرُوا، وَتُرْزَقُوا،

Artinya: “Dari Jabir bin Abdillah berkata, Rasulullah bersabda saat beliau berada di atas mimbarnya, wahai manusia bertobatlah kalian kepada Tuhan kalian sebelum kalian mati. Segeralah kembali kepada-Nya dengan amal-amal saleh, sambunglah hubungan antara Tuhan dan kalian dengan memperbanyak dzikir dan sedekah di saat sunyi dan ramai, maka kalian diganjar, ditolong dan diberi rizki.” (HR. al-Kassi dalam kitab al-Muntakhab min Musnad Abd bin Humaid).

Anjuran untuk bersedekah di hari Jumat sebagaimana waktu-waktu utama yang lain memiliki nilai keutamaan lebih besar dari pada waktu lainnya. Dalam literatur fiqih, hari Jumat disebut sebagai waktu yang utama untuk bersedekah. Sebab, hari Jumat merupakan hari raya orang Islam.

Baca Juga:  Bersedekah Dengan Uang Haram, Diterima Atau Tertolak?

Anjuran untuk bersedekah di hari Jumat dan waktu-waktu terbaik yang lain bukan berarti dianjurkan untuk menunda sedekahnya. Yang dimaksud waktu utama di sini adalah apabila seorang muslim bersedekah di waktu-waktu tersebut, maka ia mendapatkan pahala yang lebih besar dibandingkan waktu-waktu lainnya. Seorang muslim dianjurkan bersedekah kapan saja dan lebih utama lagi dilakukan di hari-hari spesial seperti Jumat.

Selain hari Jumat, umat Islam dianjurkan pula agar bersedekah pada bulan Ramadhan karena memiliki nilai yang istimewa riwayat dari para sahabat yang menyaksikan kemurahan hati Rasulullah SAW di bulan Ramadhan. Mereka mengatakan bahwa Rasulullah adalah orang paling murah hati. Namun pada saat bulan Ramadhan, kemurahan hati Rasulullah SAW tampak lebih-lebih daripada di bulan lainya.

كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ وَكَانَ أَجْوَدُ (أَجْوَدَ) مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ

Baca Juga:  Bagaimana Perbedaan Sedekah, Hadiah dan Hibah Menurut Ajaran Islam?

Artinya, “Rasulullah SAW adalah orang paling murah hati. Beliau semakin murah hati di bulan Ramadhan,” (HR Bukhari dan Muslim).

Sedekah dapat berbentuk uang, pikiran, maupun tenaga. Walhasil, kontribusi dan kebaikan kita terhadap orang lain akan bernilai dua kali lipat dibanding kebaikan kita di bulan lain. Oleh karena itu, kita sebaiknya mengambil kesempatan di hari Jumat dan bulan Ramadhan untuk berbagi dan berbuat baik sebanyak-banyaknya. Tapi ingat, sedekah selalu bisa dilaksanakan kapan pun, di mana pun dan untuk siapa pun.

Dalam ajaran Islam, perintah sedekah tidak dikhususkan hanya bagi orang yang kaya saja. Orang yang miskin pun bisa bersedekah. Sedekah dianjurkan setiap saat, minimal satu kali sehari. Tidak ada aturan berapa banyak harta yang disedekahkan. Meskipun sedikit jumlah yang diberikan, kalau diberikan dengan ikhlas, Allah pasti akan membalasnya.

Demikian artikel tentang waktu terbaik untuk bersedekah. Semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam.

Ayu Alfiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *