Keutamaan Membaca Al Quran, Dan Pahala Membacanya

keutamaan membaca al quran


Pecihitam.org Umat islam telah sepakat bahwa setiap bagian dari Al Qur’an memiliki keistimewaan dan keutamaan tersendiri. Salah satu keistimewaan Al Quran di antaranya Al-Muta’abbadu bitilawatih. Siapapun yang membaca Al-Quran tanpa mengerti maksudnya, maka pembacaan itu sudah dihitung ibadah. Begitu istimewanya hanya membaca saja tanpa memahami artinya pun sudah mendapat pahala. Maka dari itu tak ada ruginya jika kita membaca Al Quran setiap waktu. Berikut adalah keutamaan membaca Al Quran yang termaktub dalam kitab Riyadhus Shalihin.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Pertama, Al Quran sebagai pemberi syafaat di akhirat.

Dari Abu Umamah ra. ia berkata: Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: “ Bacalah Al Quran karena sesungguhnya Al Quran itu akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi pembacanya ( yang berpegang pada petunjuk-petunjuknya ). (HR. Muslim)

Hadist tersebut menerangkan bahwa orang-orang yang membaca Al Quran akan mendapat syafaat ketika hari kiamat nanti. Maksud dari orang yang mendapat syafaat adalah orang yang membaca Al Quran dan juga mengamalkan apa yang terdapat didalamnya.

Baca Juga:  Surah An Nisa Ayat 29; Seri Tadabbur Al Qur'an

Kedua,dikumpulkan bersama para malaikat.

Dari Aisyah ra. Ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Orang-orang yang mahir membaca Al Quran maka nanti akan berkumpul bersama-sama malaikat yang mulia lagi taat. Sedangkan orang yang kesulitan dan berat jika membaca Al Quran maka ia mendapatkan dua pahala” (HR. Bukhori dan Muslim)

Keutamaan membaca Al Quran yang selanjutnya adalah, orang yang mahir dalam membaca Al Quran oleh Allah di akhirat nanti akan dikumpulkan bersama para malaikat. Maksud dari orang yang mahir disini bisa diartikan orang yang paham Al Quran baik membacanya, maknanya dan juga mengamalkan kandungan di dalamnya. Namun orang yang hanya bisa membaca Al Quran walupun tidak memahami makna dan kandungan di dalamnya tetap mendapatkan pahala dari bacaan Al Qurannya.

Ketiga, mengangkat derajat orang yang membaca Al Quran.

Allah SWT akan mengangkat derajat orang-orang dengan Al Quran sebagimana hadist yang di riwayatkan Umar Bin Khathab ra. berikut:

Baca Juga:  Surah Az-Zukhruf Ayat 74-80; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Bahwasanya Nabi Muhammad SAW bersabda: Sesungguhnya Allah akan mengangkat derajat beberapa kaum dengan Al Kitab ( Al Quran) dan Ia akan merendahkan derajat suatu kaum yang lain dengannya. ( HR. Bukhori dan Muslim).

Begitu agung dan mulianya Al Quran, disisi lain Allah juga akan merendahkan suatu kaum dengan Al Quran. Yaitu orang-orang yang jauh dari ahklak Al Quran itu sendiri dan bahkan mengingkari Al Quran.

Keempat, mendapat pahala yang berlipat.

Dari Ibnu Mas,ud ra. ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: “ Barangsiapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah ( Al Quran) maka akan memperoleh satu kebaikan. Setiap satu kebaikan dibalas dengan sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan ALIF LAAM MIIM itu satu huruf, tetapi Alif satu huruf Lam satu huruf dan Miim satu huruf.” ( HR. Turmudzi)

Keutamaan membaca Al Quran selanjutnya adalah barang siapa membaca ayat-ayat Al Quran setiap satu hurufnya akan mendapat satu kebaikan. Dan setiap satu kebaikan akan mendapat sepuluh pahala. Itu jika satu huruf bagaimana jika membaca satu ayat, satu surat, atau satu juz Al Quran? Maka akan banyak sekali kebaikan yang akan kita dapat.

Baca Juga:  Mengkritisi Slogan Kembali ke Al Qur'an dan Hadits Sebagai Sumber Hukum Islam

Kelima, orang yang dalam hatinya tidak ada Al Quran akan hampa.

Dari Ibnu Mas’ud ra. ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: “sesungguhnya orang yang di dalam dadanya tidak ada sedikitpun dari Al Quran, maka ia bagaikan rumah yang kosong”. (HR. Turmudzi)

Rasulullah SAW menggambarkan orang yang dalam hatinya tidak ada Al Quran seperti rumah yang kosong. Ini menandakan hati orang tersebut hampa dan dan kering bahkan mungkin menyerampan seperti rumah yang lama tidak ditinggali.

Itulah beberapa keutamaan membaca Al Quran yang terdapat dalam kitab Riyadhus Shalihin. Masih banyak keutamaan-keutamaan yang lainnya. Semoga kita di jadikan Allah SWT sebagai manusia yang cinta Al Quran dan di akhirat nanti mendapatkan syafaatnya. Wallahu’alam Bisshawab.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik

Leave a Reply

Your email address will not be published.