NU Kota Makassar Bentuk Dua Lembaga Baru, Pengurusnya Resmi Dilantik

Pecihitam.org, Makassar – Pengurus Cabang Nahdlatu Ulama (PCNU) Kota Makassar mengukuhkan pengurus lembaga yang baru dibentuk di era kepemimpinan Kaswad Sartono.

Dua lembaga di bawah naungan PCNU Kota Makassar yang baru dibentuk, yakni Lembaga Kemaslahatan Keluarga NU (LKKNU) dan Lembaga Kesehatan NU (LKNU).

Pengukuhan pengurus dua lembaga tersebut dilakukan di Masjid Besar Syura, Jalan Arid Rahman Hakim, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Senin, 18 April 2022.

Mereka dilantik untuk masa khidmat 2022-2027 oleh Rais Syuriah PCNU Kota Makassar, Anre Gurutta H Baharuddin HS dan disaksikan sejumlah tokoh NU.

Sekretaris PCNU Kota Makassar Usman Sofian mengatakan, pembentukan kedua lembaga tersebut dalam rangka  penguatan kelembagaan dan meningkatkan khidmat NU dalam nelayani umat di Kota Makassar khususnya di bidang kesehatan dan kemaslahatan keluarga.

Baca Juga:  Khatib Masjid Istiqlal: Umat Islam Harus Bersabar Menunggu Hasil Pemilu

“Ini bentuk kepedulian Nahdlatul Ulama Kota Makassar untuk pemberdayaan umat utamanya pasca pandemi Covid-19 ini,” ujar Uso sapaanya, yang juga merupakan Ketua Komisi Media dan Kerjasama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Makasaar di lokasi kegiatan.

Sementara itu Wali Kota Makassar Danny Pomanto yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik H Andi Irwan Bangsawan mengatakan, dengan terbentuknya kedua lembaga NU ini semakin menguatkan kemitraan pemerintah dan PCNU Kota Makassar.

“Khususnya dalam mewujudkan salah satu program pemerintah Kota Makassar yaitu penguatan keimanan umat,” lanjutnya saat memberikan sambutan.

Untuk diketahui LKKNU diketuai oleh Muhammad Harun. Kemudian, LKNU diketuai oleh dr Reza Kadir Ahda.

Baca Juga:  Felix Siauw Sebut Wanita Muslim Wajib Pakai Jilbab, Ini Tanggapan PBNU

Pengukuhan pengurus ini dirangkaikan dengan kegiatan amaliah Ramadhan yaitu pemberian santunan dan mushaf Al-Qur’an kepada puluhan anak pra sejahtera.

Dirangkaikan pula dengan Nuzulul Qur’an yang dibawakan oleh Sekretaris Umum MUI Sulawesi Selatan KH Muammar Bakry, dan diakhiri buka puasa bersama.

Dalam kegiatan ini hadir beberapa tokoh NU diantaranya Bendahara PWNU Sulsel H Andi Mustamin Anshar yang juga Ketua Pengurus Masjid Besar Syura Tallo, Ketua Jatman Sulsel, Prof H Abdul Kadir Ahmad.

Kemudian dua Anggota DPRD Kota Makassar Al Hidayat Syamsu, yang juga Dewan Penasehat LKNU Kota Makassar, dan Hj Muliati, Dewan Penasehat LKKNU Kota Makassar.

Selanjutnya hadir pula Sekretaris PW IKA PMII Sulel, Hj Nurfadillah Mappaselleng, Pimpinan Baznas Kota Makassar, Ahmad Taslim dan sejumlah tokoh-tokoh NU lainnya.

Baca Juga:  Umat Islam Berduka, Ulama Karismatik Kiai Ahmad Zuhdiannor Meninggal Dunia

Tak terkecuali, beberapa PCNU, Pengurus Lembaga, Lajnah, Badan Otonom dan Pengurus Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Kecamatan se-Kota Makassar.