Surah Al-Hijr Ayat 57-60; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur’an

Surah Al-Hijr Ayat 57-60

Pecihitam.org – Kandungan Surah Al-Hijr Ayat 57-60 ini, merupakan lanjutan pembicaraan Nabi Ibrahim as dengan para malaikat semakin jelas bahwa tujuan asli kedatangan mereka tidak untuk memberi kabar gembira kepada beliau, tapi mereka diperintahkan untuk menghancurkan kaum Luth as.

Sesungguhnya Allah telah mengutus kami untuk menghancurkan kaum Luth yang menyekutukan Allah lagi sesat jalan, kecuali Luth dan keluarganya yang beriman kepadanya.

Kami tidak akan membinasakan mereka dan akan menyelamatkan mereka semua. Akan tetapi, istrinya yang kafir, kami telah menetapkan berdasarkan perintah Allah untuk membinasakannya dan orang-orang lain yang ada dalam siksaan.

Terjemahan dan Tafsir Al-Qur’an Surah Al-Hijr Ayat 57-60

Surah Al-Hijr Ayat 57
قَالَ فَمَا خَطْبُكُمْ أَيُّهَا الْمُرْسَلُونَ

Terjemahan: Berkata (pula) Ibrahim: “Apakah urusanmu yang penting (selain itu), hai para utusan?”

Tafsir Jalalain: قَالَ فَمَا خَطْبُكُمْ (Berkata pula Ibrahim, “Apakah urusan kalian) yakni kepentingan kalian أَيُّهَا الْمُرْسَلُونَ (hai para utusan?”).

Tafsir Ibnu Katsir: Allah Ta’ala berfirman memberi kabar tentang Ibrahim as. setelah hilang rasa takut dan mendapat kabar gembira dari mereka, ia menanyakan untuk apa mereka datang.

Baca Juga:  Surah Al-Mu'minun Ayat 101-104; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Tafsir Quraish Shihab: ‘Kalau kalian memang membawa kabar gembira ini untuk kami,’ kata Ibrâhîm melanjutkan, ‘apa gerangan yang akan kalian kerjakan selanjutnya, wahai malaikat-malaikat utusan Allah?’

Surah Al-Hijr Ayat 58
قَالُوا إِنَّا أُرْسِلْنَا إِلَىٰ قَوْمٍ مُجْرِمِينَ

Terjemahan: Mereka menjawab: “Kami sesungguhnya diutus kepada kaum yang berdosa,

Tafsir Jalalain: قَالُوا إِنَّا أُرْسِلْنَا إِلَىٰ قَوْمٍ مُجْرِمِينَ (Mereka menjawab, “Kami sesungguhnya diutus kepada kaum yang berdosa) orang-orang kafir, yang dimaksud adalah kaum Nabi Luth, untuk membinasakan mereka.

Tafsir Ibnu Katsir: قَالُوا إِنَّا أُرْسِلْنَا إِلَىٰ قَوْمٍ مُجْرِمِينَ (Kami sesungguhnya diutus kepada kaum yang berdosa) yaitu kaum Nabi Luth.

Tafsir Quraish Shihab: Mereka berkata, ‘Kami diutus oleh Allah kepada kaum yang melanggar terhadap hak Allah, nabi-Nya dan hak mereka sendiri. Mereka memang pelaku-pelaku kejahatan. Mereka adalah kaum Lûth. Kami akan menghancurkan mereka.

Surah Al-Hijr Ayat 59
إِلَّا آلَ لُوطٍ إِنَّا لَمُنَجُّوهُمْ أَجْمَعِينَ

Baca Juga:  Surah Al-Hijr Ayat 21-25; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Terjemahan: kecuali Luth beserta pengikut-pengikutnya. Sesungguhnya Kami akan menyelamatkan mereka semuanya.

Tafsir Jalalain: إِلَّا آلَ لُوطٍ إِنَّا لَمُنَجُّوهُمْ أَجْمَعِينَ (Kecuali Luth dan pengikut-pengikutnya. Sesungguhnya Kami akan menyelamatkan mereka-semuanya) karena mereka adalah orang-orang yang beriman.

Tafsir Ibnu Katsir: mereka memberitahu bahwa mereka akan menyelamatkan Luth di antara mereka kecuali istirnya, karena ia termasuk orang-orang yang akan binasa.

Tafsir Quraish Shihab: Tidak akan ada yang dapat menyelamatkan diri dari kejahatan selain keluarga Lûth. Sebab, Allah Swt. telah memerintahkan kami untuk menyelamatkan mereka semua. ‘

Surah Al-Hijr Ayat 60
إِلَّا امْرَأَتَهُ قَدَّرْنَا ۙ إِنَّهَا لَمِنَ الْغَابِرِينَ

Terjemahan: kecuali istrinya. Kami telah menentukan, bahwa sesungguhnya ia itu termasuk orang-orang yang tertinggal (bersama-sama dengan orang kafir lainnya)”.

Tafsir Jalalain: إِلَّا امْرَأَتَهُ قَدَّرْنَا ۙ إِنَّهَا لَمِنَ الْغَابِرِينَ (Kecuali istrinya, kami telah menentukan, bahwa sesungguhnya ia itu termasuk orang-orang yang tertinggal.”) bersama orang-rang kafir lainnya yang tertimpa azab.

Baca Juga:  Surah An Nisa Ayat 80-81; Seri Tadabbur Al Qur'an

Tafsir Ibnu Katsir: mereka berkata: إِلَّا امْرَأَتَهُ قَدَّرْنَا ۙ إِنَّهَا لَمِنَ الْغَابِرِينَ (Sesungguhnya Kami akan menyelamatkan mereka semuanya kecuali istrinya, Kami telah menentukan bahwa sesungguhnya ia termasuk orang-orang yang tertinggal [bersama dengan orang-orang kafir lainnya]) الْغَابِرِينَ maknanya al-baaqin al muhlakiin= yang tertinggal lagi binasa.

Tafsir Quraish Shihab: Semua keluarga Lûth diselamatkan kecuali istrinya. Ia tidak mengikuti suaminya, tetapi malah bersama orang-orang kafir yang pantas disiksa.”

Shadaqallahul ‘adzhim. Alhamdulillah, kita telah pelajari bersama kandungan Surah Al-Hijr Ayat 57-60 berdasarkan Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Quraish Shihab. Semoga menambah khazanah ilmu Al-Qur’an kita.

M Resky S
Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG