Surah Al-Isra Ayat 58; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur’an

Surah Al-Isra Ayat 58

Pecihitam.org – Kandungan Surah Al-Isra Ayat 58 ini, menerangkan Allah mengancam orang-orang kafir bahwa tidak ada satu negeri pun yang mendustakan para rasul kecuali akan turun kepada mereka hukuman yang menghancurkan mereka di dunia sebelum hari kiamat atau berupa siksaan yang pedih bagi penduduknya.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Ini satu ketetapan yang sudah Allah tulis dan ketentuan yang Allah telah Dia tetapkan secara pasti, yang pasti akan terjadi, dan ketetapan itu telah tertulis di lauhil mahfuzh.

Terjemahan dan Tafsir Al-Qur’an Surah Al-Isra Ayat 58

وَإِن مِّن قَرْيَةٍ إِلَّا نَحْنُ مُهْلِكُوهَا قَبْلَ يَوْمِ الْقِيَامَةِ أَوْ مُعَذِّبُوهَا عَذَابًا شَدِيدًا كَانَ ذَلِكَ فِي الْكِتَابِ مَسْطُورًا

Terjemahan: Katakanlah: Tak ada suatu negeripun (yang durhaka penduduknya), melainkan Kami membinasakannya sebelum hari kiamat atau Kami azab (penduduknya) dengan azab yang sangat keras. Yang demikian itu telah tertulis di dalam kitab (Lauh Mahfuzh).

Baca Juga:  Surah Al-Ahqaf Ayat 21-25; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Tafsir Jalalain: وَإِن (Dan tak ada) tiada مِّن قَرْيَةٍ (suatu negeri pun) yang dimaksud adalah penduduknya إِلَّا نَحْنُ مُهْلِكُوهَا قَبْلَ يَوْمِ الْقِيَامَةِ (melainkan Kami membinasakannya sebelum hari kiamat) dengan mematikan mereka أَوْ مُعَذِّبُوهَا عَذَابًا شَدِيدًا (atau Kami mengazabnya dengan azab yang sangat keras) dengan cara membunuhnya atau dengan cara yang lain.

كَانَ ذَلِكَ فِي الْكِتَابِ (Adalah yang demikian itu di dalam kitab) di Lohmahfuz مَسْطُورًا (telah tertulis) telah tertera di dalamnya.

Tafsir Ibnu Katsir: Ini merupakan pemberitahuan dari Allah, bahwasanya Dia telah memutuskan dan melaksankan apa yang telah ditetapkan di sisi-Nya di Lauhil Mahfuzh. Yaitu tidak ada suatu negeri pun melainkan akan dibinasakan-Nya. Akan Dia binasakan penduduknya secara keseluruhan atau akan di adzab,

Baca Juga:  Surah Al-Isra Ayat 68; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

عَذَابًا شَدِيدًا (Dengan adzab yang sangat keras) Baik melalui pembunuhan (peperangan) ataupun malapetaka sesuai dengan kehendak-Nya. Dan hal itu terjadi disebabkan oleh dosa-dosa dan kesalahan-kesalahan mereka.

Sebagaimana yang difirmankan Allah Ta’ala mengenai umat-umat terdahulu: “Dan Kami tidaklah menzhalimi mereka, tetapi mereka sendiri yang menzhalimi diri mereka sendiri.” (QS. Huud: 101)

Tafsir Kemenag: SAllah swt memberikan peringatan kepada kaum musyrikin Mekah yang mengingkari terjadinya hari kebangkitan, hari pembalasan, dan kerasulan Muhammad, bahwa tidak ada suatu negeri pun yang penduduknya durhaka, melainkan dibinasakan keseluruhannya, sebelum hari kiamat datang atau ditimpa bencana yang hebat karena dosa dan keingkaran mereka kepada nabi-nabi yang pernah diutus kepada mereka.

Baca Juga:  Surah Al-Isra Ayat 34-35; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Shadaqallahul ‘adzhim. Alhamdulillah, kita telah pelajari bersama kandungan Surah Al-Isra Ayat 58 berdasarkan Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Kemenag. Semoga menambah khazanah ilmu Al-Qur’an kita.

M Resky S