Surah Al-Kahfi Ayat 107-108; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur’an

Surah Al-Kahfi Ayat 107-108

Pecihitam.org – Kandungan Surah Al-Kahfi Ayat 107-108 ini, menerangkan balasan bagi orang yang beriman dan beramal saleh. Sesungguhnya orang yang beriman kepada Allah dan rasul-Nya dan membenarkan risalah para rasul dan berbuat amal saleh semata-mata untuk mencapai keridaan-Nya, bagi mereka disediakan surga Firdaus sebagai tempat tinggal.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Terjemahan dan Tafsir Al-Qur’an Surah Al-Kahfi Ayat 107-108

Surah Al-Kahfi Ayat 107
إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنَّاتُ الْفِرْدَوْسِ نُزُلًا

Terjemahan: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal,

Tafsir Jalalain: إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ كَانَتْ لَهُ (Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka) menurut ilmu Allah جَنَّاتُ الْفِرْدَوْسِ (adalah surga Firdaus) yaitu bagian tengah dan bagian teratas daripada surga. Idhafah di sini memberikan pengertian Bayan atau menjelaskan نُزُلًا (menjadi tempat tinggal) tempat menetap mereka.

Tafsir Ibnu Katsir: Allah menceritakan tentang hamba-hamba-Nya yang berbahagia, yaitu orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya serta membenarkan apa yang dibawa oleh para Rasul-Nya, bahwa mereka akan mendapatkan surga Firdaus.

Baca Juga:  Surah Al-Kahfi Ayat 32-36; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Mujahid berkata: “Al-Firdaus berarti kebun menurut bahasa Romawi.” Sedangkan Ka’ab, as-Suddi dan adh-Dhahhak mengatakan: “Yaitu kebun yang di dalamnya terdapat pohon anggur.”

Dan dalam kitab ash-Shahihain disebutkan, Rasulullah bersabda: “Jika kalian memohon surga kepada Allah, maka mintalah kepada-Nya surge Firdaus, karena ia merupakan surga yang paling tinggi sekaligus surga paling pertengahan, dan darinya terpancar sungai-sungai surga.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim) Firman-Nya: نُزُلًا ; artinya tempat tinggal.

Tafsir Kemenag: Sesungguhnya orang yang beriman kepada Allah dan rasul-Nya dan membenarkan risalah para rasul dan berbuat amal saleh semata-mata untuk mencapai keridaan-Nya, bagi mereka disediakan surga Firdaus sebagai tempat tinggal. Diriwayatkan oleh al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah ra, bersabda Rasulullah saw:

Apabila kamu memohon kepada Allah, maka mohonlah surga Firdaus, karena ia itu surga yang paling mulia dan yang paling tinggi dan di atasnya terdapat Arsy Ar Rahma?n, dan dari surga Firdaus itu mengalirlah sungai-sungai surga. (Riwayat al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah).

Baca Juga:  Surah Al-Kahfi Ayat 74-76; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Surah Al-Kahfi Ayat 108
خَالِدِينَ فِيهَا لَا يَبْغُونَ عَنْهَا حِوَلًا

Terjemahan: mereka kekal di dalamnya, mereka tidak ingin berpindah dari padanya.

Tafsir Jalalain: خَالِدِينَ فِيهَا لَا يَبْغُونَ (Mereka kekal di dalamnya, mereka tidak ingin) tidak meminta عَنْهَا حِوَلًا (berpindah daripadanya) pindah ke tempat yang lain.

Tafsir Ibnu Katsir: Firman-Nya: خَالِدِينَ فِيهَا (“Mereka kekal di dalamnya,”) yakni, akan tinggal di sana untuk selamanya dan tidak akan disingkirkan darinya, untuk selamanya.

لَا يَبْغُونَ عَنْهَا حِوَلًا (“Mereka tidak ingin berpindah darinya.”) Maksudnya, mereka tidak akan memilih yang lain selain darinya dan tidak akan mencintai yang lainnya. Sebagaimana yang diungkapkan seorang penyair:

Hati telah terpikat, aku tidak tertarik pada yang lainnya, dan tidak pula cintaku kepadanya berubah.

Dalam firman-Nya: لَا يَبْغُونَ عَنْهَا حِوَلًا (“Mereka tidak ingin berpindah darinya.”) terdapat petunjuk yang mengisyaratkan keinginan dan kecintaan mereka terhadapnya, padahal ia merasa ragu, bukankah orang yang tetap tinggal disatu tempat itu akan menemukan kejenuhan atau merasa bosan?

Baca Juga:  Surah Al-Kahfi Ayat 37-41; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Kemudian Dia memberitahukan bahwa dengan keabadian dan kekekalan tersebut mereka tidak akan mempunyai keinginan untuk berpindah dari tempat mereka itu dan tidak pula hendak mencari ganti serta ingin pergi meninggalkannya.

Tafsir Kemenag: Mereka kekal di dalam surga dan tidak ingin pindah ke tempat lain, karena tidak ada tempat yang lebih mulia dan lebih agung pada sisi mereka kecuali surga Firdaus.

Shadaqallahul ‘adzhim. Alhamdulillah, kita telah pelajari bersama kandungan Surah Al- Kahfi ayat 107-108 berdasarkan Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Kemenag. Semoga menambah khazanah ilmu Al-Qur’an kita.

M Resky S