Surah Al-Maidah Ayat 82; Seri Tadabbur Al Qur’an

Surah Al-Maidah Ayat 82

Pecihitam.org – Ali bin Abu Talhah telah meriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa Surah Al-Maidah Ayat 82 ini diturunkan berkaitan dengan An-Najasyi dan teman-temannya, yaitu saat Ja’far bin Abu Thalib membacakan Al-Qur’an kepada mereka di negeri Habsyah (Etiopia), hingga mereka menangis sampai membasahi janggut mereka karena mendengarnya.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Meski kemudian pendapat tersebut masih perlu dipertimbangkan, mengingat ayat ini adalah ayat Madaniyah, sedangkan kisah tersebut terjadi saat sebelum hijrah.

Dalam riwayat lain disebutkan, Said bin Jubair dan As-Saddi serta selain keduanya berkata bahwa Surah Al-Maidah Ayat 82 ini diturunkan sehubungan dengan delegasi Raja Najasyi yang diutus kepada Rasulullah SAW untuk mendengarkan ucapan beliau SAW dan melihat sifat-sifatnya.

Ketika mereka melihat Rasulullah dan mereka mendengar beliau membacakan Al-Qur’an kepada mereka, maka mereka masuk Islam seraya menangis dan dengan penuh rasa khusyuk (tunduk patuh). Setelah itu mereka kembali kepada Raja Najasyi lalu menceritakan apa yang telah mereka alami.

Baca Juga:  Surah Al-Maidah Ayat 32-34; Seri Tadabbur Al Qur'an

Hal serupa disebutkan di dalam Tafsir Jalalain bahwa Ayat ini diturunkan sehubungan dengan adanya utusan raja Najasyi yang datang dari negeri Habasyah untuk mengunjungi kaum Muslimin. Lalu Rasulullah SAW membacakan surah Yasin kepada mereka sesudah itu mereka menangis dan masuk Islam semuanya seraya berkata; “Alangkah miripnya bacaan ini dengan apa yang telah diturunkan kepada Nabi Isa”

Allah SWT berfirman;

لَتَجِدَنَّ أَشَدَّ النَّاسِ عَدَاوَةً لِلَّذِينَ آمَنُوا الْيَهُودَ وَالَّذِينَ أَشْرَكُوا ۖ وَلَتَجِدَنَّ أَقْرَبَهُمْ مَوَدَّةً لِلَّذِينَ آمَنُوا الَّذِينَ قَالُوا إِنَّا نَصَارَىٰ ۚ ذَٰلِكَ بِأَنَّ مِنْهُمْ قِسِّيسِينَ وَرُهْبَانًا وَأَنَّهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُونَ

Terjemahan dan Penjelasan Ayat

لَتَجِدَنَّ (Sesungguhnya engkau dapati) wahai Muhammad أَشَدَّ النَّاسِ عَدَاوَةً لِلَّذِينَ آمَنُوا الْيَهُودَ وَالَّذِينَ أَشْرَكُوا (orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman adalah orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik) dari kalangan penduduk Mekkah oleh karena menebalnya kekafiran mereka, kebodohan mereka dan tenggelamnya mereka dalam hawa nafsu

Baca Juga:  Surah Al-Maidah Ayat 18-23; Seri Tadabbur Al Qur’an

وَلَتَجِدَنَّ أَقْرَبَهُمْ مَوَدَّةً لِلَّذِينَ آمَنُوا الَّذِينَ قَالُوا إِنَّا نَصَارَىٰ ۚ ذَٰلِكَ (dan sesungguhnya kamu dapati yang paling dekat persahabatannya dengan orang-orang yang beriman ialah orang-orang yang berkata, “Sesungguhnya kami ini orang Nasrani.” Yang demikian itu) maksudnya kecintaan mereka begitu dekat terhadap orang-orang mukmin بِأَنَّ (disebabkan karena) oleh karena مِنْهُمْ قِسِّيسِينَ (di antara mereka/orang-orang Nasrani terdapat pendeta-pendeta) ulama-ulama agama Nasrani وَرُهْبَانًا (dan rahib-rahib) orang-orang ahli ibadah Nasrani

Ayat ذَٰلِكَ بِأَنَّ مِنْهُمْ قِسِّيسِينَ وَرُهْبَانًا وَأَنَّهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُونَ mengandung penjelasan tentang sifat mereka, bahwa di kalangan mereka terdapat ilmu, dan mereka adalah ahli ibadah serta orang-orang yang rendah diri.

وَأَنَّهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُونَ (juga karena sesungguhnya mereka tidak menyombongkan diri) untuk mengikuti barang yang hak tidak sebagaimana orang-orang Yahudi dan kaum musyrikin penduduk Mekkah yang menyombongkan diri.

Baca Juga:  Surah Al-Kahfi Ayat 66-70; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Demikianlah telah kita tadabburi bersama mengenai Surah Al-Maidah Ayat 82 sebagai bagian dari kelanjutan Seri Tadabbur Al Qur’an kita. Semoga bermanfaat.

M Resky S